ads

Sonar Vision Alat Bantu Untuk Tuna Netra

Jumat, 30 November 2012

Para ilmuwan dari Universitas Hebrew Yerusalem telah mengembangkan sebuah prototipe sistem yang bisa membantu tuna netra untuk mengkonversi video ke isyarat pendengarannya dengan menggunakan sebuah alat. Alat tersebut dinamakan "Sonar Vision", alat ini bekerja dengan prinsip yang mirip dengan sistem echolocation milik kelelawar, tapi bukan dengan cara mengerik atau mengeluarkan suara, melainkan menggunakan kamera video yang tertanam dalam kacamata. 

Sebuah laptop atau smartphone kemudian mengubah gambar menjadi suara yang ditransmisikan ke headset. Dalam uji coba setelah 70 jam lebih melakukan latihan, akhirnya pengguna dapat mengidentifikasi setiap objek atau benda seperti wajah seseorang, rumah, posisi benda-benda di luar angkasa dan bahkan mengidentifikasi setiap surat.

Ada keanehan setelah para peneliti menggunakan perangkat tersebut beberapa jam, daerah korteks otak yang didedikasikan untuk melihat menjadi aktif untuk pertama kalinya bagi mereka yang mengalami tuna netra bawaan. Hal ini memungkinkan dokter untuk meneliti lebih lanjut dengan membangunkan daerah otak yang belum pernah digunakan sebelumnya. Mudah-mudahan dengan alat ini bisa membantu kaum tuna netra untuk bisa hidup mandiri dan terus berkreasi. 

0 komentar:

Poskan Komentar test