ads

12 Etika di Twitter Yang Harus Anda Ketahui

Selasa, 19 Februari 2013

Jejaring sosial yang hanya berisi 140 karakter ini ternyata mampu mengubah perilaku manusia saat ini. Penggunanya begitu kecanduan untuk selalu buka dan membuka jejaring sosial ini, lalu ngetwit, atau mention seseorang setiap waktu. Saat di perjalanan, di tempat kerja, di tempat tidur, bahkan di kamar mandi sekalipun. 


Walaupun terlihat sederhana sebenarnya Twitter juga memiliki aturan atau etika saat menggunakannya. Layaknya kita berhubungan di lingkungan masyarakat. Ada aturan yang tidak tertulis, kita tidak boleh ngetwit, mention, atau memberi hastag sembarangan. Baik dan buruknya kepribadian kita terkadang bisa dilihat dari apa yang di twit oleh kita. Nah oleh sebab itu sebaiknya kita mengetahui etika di twitter. 


Berikut 12 Etika di Twitter yang harus anda ketahui : 
  1. Jangan memulai twit dengan hashtag. Mari kita perlihatkan pikiran, ide, komentar, atau cerita pertama anda. 
  2. Jangan menggunakan hastag atau tagar lebih dari 3 dalam satu kali tweet. Jika Anda menggunakan tiga hashtag untuk melakukan penghematan, tetapi sebenarnya ini hanya mengganggu orang lain. 
  3. Jangan berusaha untuk mencari follower (pengikut), tetapi berusahalah untuk terlibat dalam twitnya. Ajukan pertanyaan kepada sesorang dan libatkanlah mereka. Dalam jangka panjang mereka akan menyukai kita dan akan mendapatkan lebih banyak follower atau pengikut. 
  4. Jangan menggunakan kata-kata follow back dong atau sejenisnya, karena itu dianggap tidak sopan dan memaksa seseorang untuk mengikuti kita.  
  5. Walaupun Twitter menggunakan 140 karakter, tetapi coba gunakan sekitar 120 karakter saja agar pengguna lain bisa meretweet twitter anda. 
  6. Tambahkan gambar profil. Dengan gambar ini pengguna twitter yang lain akan bisa mengetahui identitas anda. 
  7. Tambahkan latar belakang akun twitter anda, dengan latar belakang yang bagus tersebut maka secara tidak langsung menampilkan identitas diri anda. 
  8. Jika Anda menemukan akun spam silahkan melaporkannya. Semakin sedikit akun spam, maka semakin baik akun twitter kita. 
  9. Tambahkan keterangan di bio anda. Dengan melihat beberapa informasi tentang Anda, Tweeps yang tidak tahu tentang Anda akan dapat mengetahuinya dan bisa menjadi follower Anda. 
  10. Jangan mengingat-ingat sudah berapa lama kita ngetwit, isinya apa, pakai hastag apa, dan lain sebagainya. Karena itu pekerjaan yang sia-sia. Lebih baik kita berinteraksi dengan tweeps yang lain. 
  11. Jangan menjelek-jelekan orang lain, sumpah serapah atau berkata-kata kotor melalui twitter. Karena twit adalah catatan seseorang yang bisa dijadikan barang bukti.    
  12. Jadilah diri sendiri. Jadilah seorang yang otentik. Ciptakan nilai dan perkaya twit anda dengan konten atau isi yang bermanfaat dan menyenangkan. 
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.



Sumber

3 komentar for 12 Etika di Twitter Yang Harus Anda Ketahui:

  1. jangan dikit-dikit nge-retweet twit-nya Mario Teguh, kata-kata cinta, pepatahku, doaku hari ini!

    BalasHapus
  2. Tips bagus, biar twitnya pada bermutu... :)

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam