ads

10 CEO Teknologi Terbaik Sepanjang Masa

Jumat, 26 Juli 2013

CEO (Chief Executive Officer) adalah orang yang menjadi kekuatan dan pendorong dari di belakang suatu perusahaan. Beberapa CEO mengambil tanggung jawab sedemikian rupa sehingga mereka mengubah perusahaan dari yang berawal dari garasi sampai menjadi perusahaan paling besar di dunia. Dalam dunia teknologi Anda dapat menemukan beberapa contoh CEO ternama seperti : Steve Jobs di Apple, dan Larry Page di Google. Namun, ada beberapa CEO yang tidak bergitu terkenal tetapi mampu menjadi CEO teknologi paling cemerlang di dunia teknologi. 


Mereka bisa dibilang CEO teknologi terbaik sepanjang masa oleh Harvard Business Review berdasarkan skor yang memperhitungkan kinerja keuangan dan korporasi sosial perusahaan tersebut, dan kita bisa belajar dari mereka bagaimana sukses dengan inovasi dan bisnisnya. 


Berikut 10 CEO Teknologi Terbaik Sepanjang Masa :  

  1. Steve Jobs CEO perusahaan Apel dari tahun 1997 – 2011 berasal dari negara Amerika Serikat. Dia adalah co-founcer, ketua, dan CEO Apple. Melalui Apple, ia dikenal luas sebagai pelopor karismatik dari revolusi komputer pribadi dan karir yang berpengaruh dalam bidang komputer dan elektronik konsumen, mengubah "satu demi satu industri, dari komputer dan smartphone, musik dan film". Setelah perebutan kekuasaan dengan dewan direksi pada tahun 1985, Jobs meninggalkan Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Jobs kembali ke Apple sebagai penasihat, dan mengambil kendali perusahaan sebagai CEO interim. Jobs membawa apel dari perusahaan yang mendekati kebangkrutan menjadi perusahaan profit pada tahun 1998. Sebagai CEO perusahaan yang baru, Jobs mengawasi pengembangan iMac, iTunes, iPod, iPhone, dan iPad, dan pada sisi layanan, Apple Retail Store, iTunes Store dan App Store. Keberhasilan produk dan layanan yang diberikan beberapa tahun menjadikan keuangan perusahaan stabil, dan mendorong Apple untuk menjadi perusahaan paling berhasil di dunia pada tahun 2011.
  2. Jeffrey P. Bezos sebagai CEO perusahaan Amazon.com dari tahun 1996 – sekarang yang berasal dari Amerika Serikat. Jeff Bezos adalah pendiri dan CEO Amazon. Ia memainkan peran penting dalam pertumbuhan e-commerce dan di bawah bimbingannya, Amazon.com menjadi pengecer terbesar di World Wide Web dan menjadi model untuk penjualan melalui internet. Dia mendirikan perusahaan pada tahun 1994 setelah melakukan perjalanan lintas negara dari New York ke Seattle, penulisan rencana bisnis Amazon di jalan. Dia awalnya mendirikan perusahaan di garasi rumahnya. Dia telah meninggalkan "pekerjaannya”. Dan beralih menjadi pengecer lewat internet. Perusahaan ini kini telah memiliki basis pelanggan lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia dan membuat pendapatan utamanya berasal dari komisi biaya afiliasi untuk menjual produknya melalui website. 
  3. Yun Jong-Yong CEO perusahaan Samsung Electronics dari tahun 1996 – 2008 dari Korea Selatan. Dia bergabung dengan bisnis keluarga yang dikelola Samsung Group setelah lulus kuliah. Dia pindah ke Samsung Electronics tepat setelah didirikan dan tinggal di sana. Dia bertanggung jawab untuk mengamankan Samsung setelah melalui krisis Asia pada tahun 1996 dan menantang raksasa mapan, seperti Sony, dan perusahaan lainnya. Dialah yang mempelopori pertumbuhan Samsung melalui chip untuk komputer, ponsel, LCD, dan perangkat elektronik lainnya. Dan dia adalah orang yang mengubah fokus perusahaan dari TV dan oven microwave menjadi ponsel. 
  4. Margaret C. Whitman menjabat Presiden dan CEO eBay dari tahun 1998 – 2008 asal negara Amerika Serikat. Selama sepuluh tahun dia berhasil mengembangkan perusahaan dari 30 karyawan dan pendapatan 4 juta USD menjadi lebih dari 15.000 karyawan dan pendapatan 8 miliar USD pendapatan tahunannya. Dia mengundurkan diri dari perusahaan pada tahun 2007 tetapi tetap di jajaran perusahaan selama satu tahun sebagai penasihat baru CEO. 
  5. John T. Chambers CEO Cisco Systems dari tahun 1995 – sekarang asal Amerika Serikat. Chambers bergabung dengan Cisco pada tahun 1991 sebagai wakil presiden senior, Sales dan Operasi Seluruh Dunia. Sejak Januari 1995, ia menjadi CEO, perusahaan ini tumbuh dari pendapatan tahunan 70 juta USD menjadi sekitar 46 Miliar USD. Pada bulan November 2006, ia diangkat Ketua Dewan, di samping peran sebagai CEO. 
  6. Eric E. Schmidt CEO Google dari tahun 2001 – 2011 adal negara Amerika Serikat. Schmidt bergabung dengan dewan direksi Google sebagai ketua pada Maret 2001 dan menjadi CEO perusahaan pada bulan Agustus 2001. Di Google, Schmidt berbagi tanggung jawab untuk operasi Google sehari-hari dengan pendiri Google Page dan Brin. Ketiganya memiliki tanggungjawab yang berbeda. Schmidt memiliki tanggung jawab hukum biasanya ditugaskan untuk CEO sebuah perusahaan publik dan terfokus pada pengelolaan oleh wakil presiden dan organisasi penjualan. Menurut situs Google, Schmidt fokus pada "pembangunan infrastruktur korporat yang dibutuhkan untuk mempertahankan pertumbuhan cepat Google sebagai sebuah perusahaan dan untuk memastikan bahwa kualitas tetap tinggi sedangkan waktu siklus pengembangan produknya dijaga agar tetap minimum". 
  7. John W. Thompson CEO perusahaan Symantec dari tahun 1999 - 2009 negara Amerika Serikat. John W. Thompson adalah wakil presiden di IBM, dia berkarir selama 28 tahun karir di perusahaan sebelumnya, kmudian bergabung dengan Symantec Corporation sebagai Chief Executive Officer. Thompson berubah Symantec dari penerbit perangkat lunak menjadi pemimpin dalam keamanan internet, perlindungan data dan manajemen penyimpanan. Di bawah kepemimpinannya, pendapatan perusahaan tumbuh sepuluh kali lipat dari 600 juta untuk 6 miliar USD. 
  8. Tomeo Kanbayashi CEO NTT Data dari tahun 1995 – 1999 asal negara Jepang. Nama ini mungkin mengejutkan tetapi karena alasan sederhana, "bagaimana saya bisa melupakannya?. Tomeo Kanbayashi adalah salah satu nama tersebut. Dia mengarahkan NTT data untuk menjadi perusahaan jasa IT terbesar di Jepang dan juga salah satu yang terbesar di dunia. Di bawah kepemimpinannya, pemegang saham mendapat keuntungan hingga 658 persen. 
  9. Tim Koogle CEO Yahoo dari tahun 1995 – 2001 asal negara Amerika Serikat. Yahoo dan Google awalnya bukan apa-apa sebelum dot com meledak. Dia membantu para pendiri Jerry Yang dan David Filo untuk membangun sebuah perusahaan yang menantang raksasa teknologi seperti Microsoft dan juga sebagai penyedia konten besar seperti The Walt Disney Company. Di bawah kekuasaannya, perusahaan ini memelopori konsep menyediakan konten dalam bahasa lokal untuk penggunanya. Visinya mengemudikan Yahoo sebagai perusahaan berbasis iklan yang membantu perusahaan mencapai pendapatan sebesar 1 miliar USD. 
  10. Ming-Kai Tsai CEO dari perusahaan MediaTek Taiwan bekerja dari 1997 hingga sekarang. Ia dibiasa dipanggil “Raja Telepon Bandit” karena berkat karyanya banyak perusahaan yang menawarkan smartphone murah. Dia memimpin Mediatek, perusahaan yang desain semikonduktor yang mengkhususkan diri dalam chip untuk TV, DVD dan komunikasi nirkabel setelah berpisah dari perusahaan induknya, United Microelectronics, yang merupakan salah satu perusahaan chip terbesar Taiwan. Tsai adalah orang pertama yang memanfaatkan peluang dengan menawarkan chip 2G lebih murah. sementara pembuat chip lain fokus pada pasar negara maju, ia justru menyasar segmentasi pasar negara berkembang seperti China, yang telah berubah menjadi pasar smartphone terbesar di dunia saat ini.

3 komentar for 10 CEO Teknologi Terbaik Sepanjang Masa:

  1. Tambahan lagi satu
    Harusnya Bill Gates Masuk nie menurut saya :)

    BalasHapus
  2. Setuju dengan agan Arztek, harusnya Bill Gates bisa masuk daftar nih

    BalasHapus
  3. yup, bill gates juga harusnya masuk

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam