ads

Jelajah 7 Keajaiban Nusantara Ke Pulau Komodo

Selasa, 09 Juli 2013

Menjelajahi kepulauan nusantara dalam sehari dipastikan tidak mungkin bisa dilakukan. Luasnya wilayah Indonesia dan jumlahnya yang terdiri dari ribuan pulau menyebabkan sangat mustahil melihat keindahan alam, atraksi seni budaya dan adat istiadat hanya dalam tempo yang singkat itu.


Indonesia memiliki keindahan alam yang menakjubkan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Indonesia memiliki laut dengan pantainya yang indah, gunung, lembah, danau, air terjun, rawa, sungai, hutan, sawah, goa dan lain sebagainya. Begitu juga seni dan budayanya, berbagai macam atraksi seni dan budaya hampir tiap daerah memiliki sesuatu yang khas dan tidak dimiliki oleh daerah lain dengan agendanya yang berbeda-beda.

Adat istiadat masyarakat Indonesia pun berbeda-beda, dari bahasa, pakaian tradisional, rumah adatnya, hingga dalam aktivitas sehari-harinya. Tapi perbedaan ini tidak membuat Indonesia terpecah belah, justru ini yang menjadi daya tarik yang luar biasa untuk diperlihatkan kepada dunia. Beberapa tempat tersebut akhirnya mejadi obyek wisata untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari 7 destinasi Jelajah 7 Keajaiban Nusantara dengan Mobil Daihatsu Terios, saya ingin pergi ke Pulau Komodo. Alasannya Pulau Komodo merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Kadal raksasa ini merupakan hewan purba yang masih hidup hingga saat ini, usianya sudah jutaan tahun dan memiliki habitat terluas dan satu-satunya di dunia yakni di Pulau Komodo.

Selain karena hewan langkanya, Pulau Komodo juga mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Pulau Komodo juga menyimpan eksotisme flora yang beragam salah satunya adalah kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian. Biji dari kayu Sepang ini enak dan gurih seperti kacang polong.

Sangat naif jika orang dari mancanegara banyak yang berkunjung ke Pulau Komodo sedangkan kita orang Indonesianya belum pernah melihat keindahan alam dan hewan purba tersebut secara langsung, sayang jika keindahan pulau Komodo yang sering di datangi artis dari luar negeri dan dijadikan tempat syuting film-film luar negeri ini dibiarkan merana oleh masyarakat Indonesianya sendiri.

Saya sudah dukung Pulau Komodo agar masuk menjadi 7 Keajaiban Dunia bersama rekan-rekan blogger lainnya di Amprokan Blogger Bekasi tahun 2011 lalu dengan cara mengirim sms. Ini tidak lain sebagai bukti bahwa saya dan rekan-rekan lainnya di seluruh Indonesia ingin menjadikan Pulau Komodo selain sebagai obyek wisata, juga sebagai warisan dunia.
(Acara Sail Komodo 2013 akan berlangsung September nanti)
Saya sangat menyambut gembira ketika mendengar Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kabupaten dimana Pulau Komodo berada, akan melibatkan seluruh komponen masyarakat daerah itu untuk bersama-sama menjadi tuan rumah dalam perayaan puncak "Sail Komodo 2013" pada September mendatang.

Acara Sail Komodo ini tentunya bertujuan memperkenalkan potensi wisata di NTT kepada wisatawan, baik asing maupun nusantara, dan juga sebagai media promosi Pulau Komodo dan NTT sebagai pintu masuk kapal layar dan kapal pesiar dari Asia Pasifik dan Australia. Dengan kegiatan ini diharapkan memotivasi masyarakat menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber pendapatan dan menjadikan NTT sebagai tujuan wisata unggulan.

 Sumber Foto 1 dan Foto 2

8 komentar for Jelajah 7 Keajaiban Nusantara Ke Pulau Komodo:

  1. pulau komodo di nusa tenggara barat ya sob?
    semoga saja iea sob pulau komodo menjadi keajaiban dunia yang ke 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada tulisannya kang, di nusa tenggara timur

      Hapus
  2. wah keren nih pulau komodo. tapi saya belum perna sekana..
    pasti asik ya bisa jalan-jalan ke pulau komodo.

    BalasHapus
  3. luar biasa. ini negara kaya, rakyatnya pun harus kaya, jangan mau ditindas oleh kepentingan asing.

    BalasHapus
  4. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Pulau yang indah dengan sejuta pesona dan panorama yang berkesan.

    Salam wisata

    BalasHapus
  6. NTT masih menyimpan sejuta pesona yang lain. Silahkan jelajahi di

    www.jelajahNTT.com

    BalasHapus
  7. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam