ads

Terselubung.co.id Disuspend Lagi

Selasa, 30 Juli 2013

Malang benar nasib Terselubung, blog terpopuler Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Setelah blognya yang berbasis di blogger ditendang oleh Google tanggal 22 Juli 2013 lalu, kemudian migrasi menggunakan wordpress dengan domain baru Terselubung.co.id. Tapi hari ini kembali Terselubung.co.id pun disuspend lagi oleh Google.



Sebenarnya Terselubung.co.id sudah mulai membuat artikel yang berbeda dengan sebelumnya. Tidak copy paste murni seperti yang dulu lagi, Terselubung.co.id tidak diisi dengan informasi yang menjadi ciri khasnya, tetapi lebih banyak diisi dengan gosip dan infotainment. Baru seminggu beroperasi ternyata blog Terselubung.co.id disuspend lagi. 

Kali ini kemungkinan disuspend karena banyak blogger dan onlinernya yang mempertanyakan kepemilikan domain co.id yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar hak cipta dan hak merek dagang dari Indosat. Dilihat dari situs Whois ternyata Terselubung.co.id sudah ada sejak tanggal 13 Pebruari 2012 lalu dengan Sponsoring Registrar PT. Indosat Mega Media. 

Seperti kita ketahui bahwa untuk mendaftarkan merek dengan domain co.id memiliki persyaratan yang cukup banyak dan berbelit seperti berikut ini : 

  • Pendaftar harus memiliki KTP/SIM/Paspor (masih berlaku) 
  • Harus memiliki SIUP/TDP/Akta Notaris (cover dan hal 1)/Surat Ijin yang Setara 
  • Kepemilikan Merk (bila ada) 
  • Surat Pernyataan (bila nama tidak sesuai dengan nama perusahaan). 
Kemungkinan kedua situs Terselubung.co.id terlalu banyak pengunjung, apalagi banyak diberitakan di media online dan menjadi perbincangan hangat di dunia maya, baik diposting di bloggernya masing-masing maupun di forum sehingga disuspend dari hostingnya. Kejadian ini pernah dialami oleh rekan-rekan blogger yang over visitor sehingga blognya disuspend. 


Kemungkinan ketiga diblock oleh hosting karena sudah kadaluarsa belum dibayar. Si pendaftar pertama kemungkinan lupa membayar biaya hosting yang biasanya dilakukan setiap tahunnya sehingga pihak hosting akhirnya menutup untuk sementara waktu sampai pembayaran dilakukan. 

Tapi kita sebagai blogger sebenarnya bisa terhindar dari hal-hal yang demikian jika mengikuti aturan yang diterapkan oleh Google, Wordpress atau penyedia hosting. Buat blogger yang lain tetap semangat untuk terus ngeblog, jangan takut blognya ditutup. Google dan layanan hosting pun akan membiarkan tulisan kita terpampang di blog selama mengikuti aturan yang berlaku.

18 komentar for Terselubung.co.id Disuspend Lagi :

  1. cocoknya dia pake dedicates atau minimal VPS itu mas, kan blognya rame, kalau make shared hosting ya jelas kena suspen

    BalasHapus
  2. harusnya udah menggunakan VPS kalau yang namanya over pengunjung hehehe

    BalasHapus
  3. VPS jika yg online lebih dari 300 Lama-lama juka Angus :v

    BalasHapus
  4. masih penasaran, gimana caranya terselubung bisa dapet domain .co.id ya?

    BalasHapus
  5. Seharusnya pake hosting blogspot aja..

    BalasHapus
  6. Sebenernya melanggar aturan apa ya?
    Saya kurang paham
    Tiap hari biasanya aku buka terselubung

    BalasHapus
  7. padahal blog favorit ane tuh..

    BalasHapus
  8. sangat menyedihkan sekali... moga aja kejadian ini tidak menimpa kita.

    BalasHapus
  9. tapi sekarang udah ganti menjadi terselubung dot in kan min ????

    BalasHapus
  10. Salut untuk nya. Dalam waktu dekat sudah naik lagi

    Nice blog

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam