ads

Cyclops Kapal Selam 5 Penumpang

Jumat, 23 Agustus 2013

Untuk jalan-jalan ke laut dengan kedalaman 3.000 meter (9.800 kaki) di bawah permukaan laut, kedepannya bisa dilakukan oleh siapa pun dengan menggunakan kapal selam yang diberi nama Cyclops. Cyclops merupakan kapal selam dengan 5 penumpang dan akan tersedia secara komersial pada tahun 2016 nanti. 


Kapal selam Cyclops ini sedang dikembangkan oleh produsen bawah laut OceanGate Inc, Riset dan Teknologi Boeing, dan Laboratorium Fisika Terapan di Universitas Washington. Kemarin baru saja diumumkan desain awal lambung kapal selam tersebut yang sudah selesai dikerjakan. 


Kapal selam ini memiliki bentuk seperti kapsul dengan bagian depan untuk terbuat dari kaca untuk bisa melihat keindahan bawah laut. Ketebalan kapal selam ini 7 inci yang terbuat dari serat karbon. Bahan ini dikembangkan oleh Boeing, dan teknik yang digunakan dapat dapat menawarkan kontrol produksi lebih halus daripada proses berliku filamen yang lebih tradisional, dan memungkinkan Cyclops dapat menahan 4.300 psi (300 bar) tekanan air dan mampu menyelam hingga kedalaman maksimum 3.000 meter. 

Penggunaan serat karbon juga untuk membantu menjaga berat badan kapal selam tersebut untuk turun ke dasar laut. Tidak seperti kendaraan jarak jauh yang dioperasikan (Remote Operated Vehicles), Cyclops tidak memerlukan data atau kabel listrik yang dihubungkan ke permukaan, sistem pendukungnya mampu membuat kapal selam ini bertahan hingga delapan jam. 

Rencananya kapal selam ini akan dikembangkan lagi untuk bisa menuruni dasar laut hingga kedalaman 6.000 meter (19.685 feet) pada tahun 2016.

LazadaID

0 komentar:

Poskan Komentar test