Aug 2, 2013

Seorang Mahasiswa Ciptakan Cara Isi Ulang Baterai Ponsel Hanya Dalam 20 Detik

Seorang Mahasiswa Ciptakan Cara Isi Ulang Baterai Ponsel Hanya Dalam 20 Detik

(Eesha Khare penemu isi ulang baterai 20 detik)
Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu teknologi terbaru adalah teknologi isi ulang baterai ponsel. Kalau selama ini mengisi baterai membutuhkan waktu 1 – 3 jam untuk mengisi ulang baterai hingga penuh, kini untuk mengisi ulang baterai ponsel hanya butuh waktu 20 detik saja. 

Seorang remaja bernama Eesha Khare berusia 18 tahun yang berasal dari Saratoga California berhasil menciptakan cara mengisi ulang baterai ponsel dalam waktu 20 detik. Mahasiswa ini berhasil mendapatkan hadiah sebesar 50 ribu USD dari karyanya yang diikut sertakan dalam ajang Intel International Science and Engineering Fair beberapa waktu lalu. Teknologi ciptanya bahkan dapat digunakan untuk mengisi baterai mobil listrik. Dari karyanya ini Khare sudah didekati oleh raksasa teknologi Google.

Khare berencana menggunakan uang hadiahnya untuk membantu mendanai pendidikannya di Harvard, ia berharap bisa terus meneliti proyeknya. Tapi saat ini dia belum berencana menjual teknologinya, meskipun tampaknya dia membuka opsi kepada siapa saja yang menginginkannya. 

Hasil karyanya berupa superkapasitor yang akan menggantikan baterai ponsel konvensional dalam perangkat elektronik portabel. Dia memang spesialisasi di bidang nanokimia. Di bawah pengawasan Dr Yat Li di Departemen Kimia dan Biokimia, Universitas California, ia merancang, mensintesa, dan menandai sebuah novel core-shell nanorod elektroda dengan terhidrogenasi TiO2 (H-TiO2) core dan polianilin shell, dibuat menjadi perangkat solid-state fleksibel. 

Selama uji coba menunjukkan dari 238,5 Farads per gram menghasilkan 20,1 Watt-jam per kilogram, 20540 Watt per kilogram, dan hanya kehilangan kapasitas 32,5% setelah lebih dari 10.000 kali pengisian. Teknologi ini sepertinya akan segera diterapkan di perangkat portabel di masa yang akan datang. Sehingga nantinya pengguna tidak perlu berlama-lama untuk mengisi ulang baterai gadget atau ponselnya. 

Seorang Mahasiswa Ciptakan Cara Isi Ulang Baterai Ponsel Hanya Dalam 20 Detik
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon