ads

Cara Menghafal Sandi Morse Dengan Cepat

Selasa, 17 September 2013
(Tabel Sandi Morse)
Dalam pembelajaran terkadang guru atau pembimbing harus pandai membuat trik agar muridnya dapat menghafal atau mengingat dengan cepat. Begitu juga dengan materi tentang kepramukaan, salah satunya adalah menghafal sandi morse. Sandi morse merupakan sandi yang menjadi dasar bagi sandi-sandi yang lain seperti sandi rumput, sandi kimia dan lain sebagainya.

Nah untuk memudahkan cara menghafal sandi morse, berikut ini saya buatkan tabel yang diharapkan dapat membuat peserta didik bisa menghafal sandi morse dengan cepat. Berikut tabel untuk memudahkan sandi morse :

E
T
I
A
N
M
S
U
R
W
D
K
G
O
H
V
F
L
P
J
B
X
C
Y
Z
Q
KH

Petunjuk Penggunaan :
  • Gambar di atas terbagi menjadi dua bagian, kanan dan kiri.
  • Cara membacanya dari atas ke bawah
  • Blok Putih menunjukan kode titik (.) dan blok Hitam kode strip (-), Contoh sebelah kiri : Jika isyarat menunjukan satu kali Putih sama dengan satu kali titik artinya huruf E. Contoh lain : (ingat dibaca dari atas ya) putih-putih-putih-putih artinya 4 titik (....) berarti huruf H. Contoh yang lain : hitam-hitam-putih artinya 2 strip 1 titik (- - .) berarti huruf G.
  • Ingat blok sebelah kiri selalu diawali dengan blok Titik (putih) dan blok kanan selalu diawali dengan blok strip (hitam). 
Selamat mencoba mudah-mudahan dengan cara ini peserta didik anda bisa menghafal sandi morse secara cepat. 

0 komentar:

Poskan Komentar test