ads

10 Perusahaan Paling Inovatif di Dunia

Rabu, 02 Oktober 2013

Untuk menjadi sebuah perusahaan yang mampu bersaing di pasar global tentu membutuhkan sebuah inovasi. Kurangnya ide-ide baru bisa berarti akhir dari sebuah merek atau perusahaan, walaupun pernah berada di puncak ketenaran sekalipun. Kemampuan pimpinan untuk melakukan inovasi berarti kesempatan bagi perusahaan untuk bertahan dan berkembang akan semakin terbuka. 

Dari sekian banyak perusahaan yang ada di dunia, ada beberapa perusahaan yang dianggap layak menjadi perusahaan paling inovatif. Berikut 10 Perusahaan Paling Inovatif di dunia :
  1. Apple. Selama 9 tahun berturut-turut Apple telah dinobatkan sebagai perusahaan paling inovatif oleh The Boston Consulting Group. CEO perusahaan, Tim Cook percaya bahwa untuk bertahan dalam bisnis kita harus terus berinovasi dan jika tidak berinovasi maka akan mati. Namun, hanya sedikit yang berpendapat bahwa perusahaan multinasional Amerika tersebut telah kehilangan sentuhan inovatif ini berdasarkan kemiripan iPhone 5s dengan iPhone 5. 
  2. Samsung. Selama bertahun-tahun, Samsung telah berkembang sebagai pemimpin global dalam desain chip, teknologi layar, TV dan baterai. Namun, ia telah mendapatkan reputasi yang tidak begitu baik karena dianggap menyalin inovasi orang lain. Sebagian besar dari kita telah menyaksikan “perang” antara Apple dan Samsung mengenai inovasi ponsel pintar, terutama desain smartphone Galaxy. Tetapi kontribusinya semata-mata terhadap teknologi telah menempatkan perusahaan Korea Selatan tersebut berada di posisi ke- 2 dalam daftar perusahaan paling inovatif. 
  3. Google. Google telah tersingkir oleh saingannya Samsung dan berada di posisi ketiga dalam daftar perusahaan paling inovatif. Perusahaan Amerika yang mengkhususkan diri dalam produk dan jasa yang berhubungan dengan internet telah berada di posisi ke-2 selama 7 tahun berturut-turut sampai tahun 2012. Google selalu mampu memukau semua orang dengan inovasi yang mengagumkan seperti upaya terakhir untuk memiliki password alternatif, kacamata Google dan sebagainya. 
  4. Microsoft. Meskipun Microsoft, didirikan oleh Bill Gates, telah tertinggal di belakang Apple dan Google dalam hal inovasi, perusahaan Amerika masih berpegang pada posisi terkemuka yakni nomor 4 dalam daftar perusahaan paling inovatif. Microsoft telah terlihat membawa banyak ide baru dalam bidang ilmu pengetahuan. Kreasi yang luar biasa dari perusahaan Microsoft seperti Bing, OS Windows Phone 7, dan revolusioner Kinect hands-free untuk konsol Xbox 360. 
  5. Toyota. Toyota Motor berada di posisi ke-5 pada daftar perusahaan paling inovatif. Untuk tetap sejajar dengan perusahaan lain maka perusahaan tersebut harus menjadi inovator kelas dunia. Cara unik Toyota berpikir dan inovasi konstan seperti konsep mengambil karbon dari mobil dan cepat menggantikan mesin mobil perusahaan dengan hibrid adalah cara mengesankan untuk memandang hidup. 
  6. IBM. International Business Machines mengembangkan teknologi untuk rentang yang berbeda dari industri kedokteran, industri alternatif dan sektor otomotif. Pada tahun 2012, IBM memproduksi hampir 6.500 paten, dan merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan perusahaan lain di dunia. IBM menjual sekitar 750 paten ke Facebook pada tahun 2012 dan sekitar 1.000 paten ke Google pada tahun 2010. Banyaknya paten itu sendiri menggambarkan perusahaan ini sangat inovatif. 
  7. Amazon. Pada tahun 2012 Amazon telah menjelma menjadi raksasa e-commerce. Perusahaan ini membuat banyak kemajuan mulai dari mengumumkan luas gedungnya yang mencapai 1,26 juta meter persegi untuk melayani daerah Dallas, Houston, dan Austin dengan sistem Kiva dengan dana 775 juta USD. Amazon menghabiskan hampir 5,5 persen dari pendapatan untuk penelitian dan pengembangan e-reader Kindle yang telah membuat perusahaan tersebut menjadi salah satu pemimpin dalam memberikan buku elektronik. 
  8. Ford. CTO Ford, Paul Mascarenas, meminta pengembang untuk mempertimbangkan mobil yang mirip dengan ekosistem iPhone atau iPad. Dengan pembaruan perangkat lunak, kita menjaga kendaraan agar lebih segar dan relevan, dan menarik bagi konsumen. Inovasi ini membuat perusahaan ini mendapatkan laba ssebesar 2,2 miliar USD ebelum pajak pada tahun 2012. Perusahaan ini berhasil di posisi ke-8 dalam daftar perusahaan inovatif di dunia. 
  9. BMW. Penemuan tanpa henti dari BMW telah membuat salah satu produsen mobil mewah paling sukses di dunia. Inovasi terbaru dari BMW adalah 'night vision' yakni sebuah teknologi yang menggunakan gelombang infra merah untuk mengirimkan gambar ke layar dashboard jika ada potensi bahaya. Ide-ide tersebut telah menempatkan BMW sebagai perusahaan paling inovatif dalam daftar. 
  10. General Electric. Perusahaan ini terjun ke dunia usaha sejak tahun 2002, ketika itu GE tidak memiliki banyak paten. Namun perusahaan bias bersaing dan kembali ke daftar perusahaan paling inovatif dengan 10 paten pada tahun 2012. Perusahaan ini membuat inovasi dalam kendaraan, produk dan energi alternatif. GE sekarang menempati peringkat ke-10 pada daftar perusahaan yang inovatif. 

0 komentar:

Poskan Komentar test