ads

5 Fungsi Lain Dari Kamera Ponsel

Rabu, 06 November 2013

Kamera ponsel kini sudah banyak dimanfaatkan untuk mengambil gambar atau video tidak hanya untuk fotografer amatir, tetapi juga digunakan oleh para fotografer profesional. Apalagi sekarang banyak orang-orang narsis yang dengan refleknya mengambil gambar dimana saja mereka berada. Tangan ini gatal ketika ada momen-momen indah atau tak terlupakan lewat begitu saja. 

Karena sifatnya yang praktis serta mudah dibawa kemana-mana. Membuat kamera ponsel lebih sering digunakan daripada kamera digital atau DSLR. Kini kamera Smartphone dapat digunakan untuk berbagai manfaat selain mengambil gambar dan video. 

Berikut 5 Fungsi lain dari kamera ponsel
  1. Scanner darurat. Smartphone kini telah menggantikan fungsi scanner yang ukurannya besar, dengan kemampuannya untuk memindai dokumen ke dalam format yang diinginkan. Kini anda tidak lagi membutuhkan printer - fax - scanner yang keberadaannya bisa tergantikan dengan smartphone sehingga bisa memberikan output dalam gambar atau format PDF. Ada beberapa aplikasi seperti CamScanner, Document Scanner yang sudah mendukung perangkat Android dan Genius Scan untuk perangkat iPhone yang memungkinkan penggunanya bisa mengambil gambar, dapat langsung mengubahnya ke format yang diinginkan dan siap dikirim kemana pun. Kualitas akhir dari dokumen tersebut sudah mendekati bahkan sesuai dengan scanner. 
  2. Webcam atau Kamera Pengaman. Anda memiliki masalah dengan webcam laptop Anda? Tidak perlu khawatir, sekarang Smartphone Anda bisa menjadi penggantinya. Ada beberapa aplikasi smartphone sebagai webcam yang tersedia di pasar untuk perangkat Android dan iPhone yang dapat mengubah kamera ponsel menjadi webcam. Selain itu kamera ponsel juga bisa digunakan untuk dijadikan kamera pengaman pada saat malam hari ketika pemiliknya tidur, atau sebagai pembantu setia untuk mengawasi anak-anak Anda selama tidur dan ketika anda sedang ke kantor. 
  3. Bukti dan dokumentasi. Dengan kamera smartphone anda bisa membukti bahwa anda sedang berada di suatu tempat, selain itu dengan kamera kini bisa dijadikan barang bukti ketika ada kecelakaan di jalan dengan mengambil gambar plat mobil atau gambar kejadian setelah kecelakaan. Foto tersebut dapat digunakan untuk menjadi barang bukti aparat kepolisian. 
  4. Tambahan Memori. Kamera dapat digunakan untuk mengambil gambar ketika sedang diperjalanan atau kemana pun anda pergi. Gambar tersebut kemudian disimpan sebagai memori, sehingga sewaktu-waktu bisa digunakan kembali gambar-gambar tersebut. Kegiatan ini sering saya gunakan saat merepostase kegiatan atau acara blogger. Foto-foto yang saya simpan di memori ponsel bisa digunakan untuk bahan tulisan saya nantinya. 
  5. Scan Barcode. Kini anda bisa membaca barcode yang tertera di barang-barang dengan menggunakan aplikasi scanner pada ponsel Anda. Sehingga nama barang dan harganya bisa diketahui. Ada banyak aplikasi barcode scanner untuk perangkat Android dan iPhone, bahkan beberapa diantaranya bisa membaca kode QR yang mengandung informasi kontak dan URL yang memungkinkan penggunanya bisa menemukan harga online dengan diskon-diskon tertentu. 

6 komentar for 5 Fungsi Lain Dari Kamera Ponsel :

  1. paling sering buat scan barkot bbm skrang yah om :D

    BalasHapus
  2. sekarang memag paling sering buat scan barcode buat yg pake android pa iphone

    BalasHapus
  3. jaman sekarang memang teknologi tambah canggih aja yaaa pak ... memang gurihhh. . .gurihh... gurihhh... :D

    BalasHapus
  4. jaman sekarang serba instan ,,...
    siiipph siiphh siiphh
    betul betul betul

    BalasHapus
  5. mantap, makin canggih teknologi dan perkembangannya cepat.
    ngomong2 ttg kamera, klo untuk tablet mana yg bagus ya? smart atau asus ?

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam