10 Robot Terseksi Yang Pernah Dibuat Manusia


Ide membuat robot sudah lama ada dan terpendam oleh para peneliti dan ilmuwan, tapi gaungnya mulai santer beberapa dekade terakhir. Dengan kemajuan dalam komputasi dan kecerdasan otak manusia mereka membuat robot-robot humanoid atau robot yang mirip dengan manusia. 

Robot-robot ini awalnya hanya ditulis di buku atau ditampilkan dalam film fiksi ilmiah. Tapi kemudian para peneliti telah membuat kemajuan besar dalam teknologi komputer dan informasi ketika menghadirkan teknologi robot. Bahkan karena bentuknya yang mirip dengan manusia maka disebut robot paling seksi. 

Berikut 10 Robot paling seksi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia

  1. Geminoid F. Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka adalah salah satu ahli terkemuka di dunia dengan konstruksi dan desain robot hidupnya. Geminoid F adalah robot buatannya dan dia membuat robot dengan model perempuan. Hiroshi sangat percaya bahwa robot akan membuat orang sulit membedakan antara manusia dengan robot. 
  2. Aiko. Aiko adalah robot yang diciptakan oleh Le Trung dan dianggap sebagai proyek impiannya. Robot humanoid ini dirancang menyerupai seorang wanita yang hampir sempurna dan cantik seperti manusia pada umumnya diluncurkan sejak tahun 2007. Aiko diambil dari kata dalam bahasa Jepang yang artinya "orang yang dicintai". 
  3. Actroid DER-2. Actroid DER-2 adalah robot humanoid buatan Kokoro Dreams. Robot ini dirancang untuk mensimulasikan dua puluh wanita Jepang untuk menggunakan sebagai model atau sebagai sekretaris otomatis dalam suasana kantor. Robot wanita hiper-realistis ini menelan biaya lebih dari $ 100.000. Tapi jika Anda tidak ingin membelinya, perusahaan bisa menyewanya. 
  4. Hatsune Miku. Haksune Miku adalah penyanyi virtual, berdasarkan teknologi "vocaloid" dan suara sampel dari artis Jepang. Crypton Future Media si pembuat Hatsune akan memasarkan suara synthesizernya. Dengan memberikannya tubuh dan kepribadian, Crypton akan mengambil apa yang bisa menjadi paket perangkat lunaknya dan mengubahnya menjadi sebuah fenomena budaya. Hatsune telah membuat penampilan di sejumlah anime dan video game dan bahkan telah tampil di depan khalayak melalui proyeksi. 
  5. Philip K. Dick Android. Philip K. Dick adalah seorang penulis terkenal, dikenal karena karya-karya fiksi ilmiahnya di abad ke-20. Cerita pendek dan novel-novel yang menjadi dasar film seperti Blade Runner dan Total Recall. Pada awal 2000-an, para peneliti di FedEx Institute of Technology memutuskan untuk memberikan penghargaan kepada penulis terkenal dengan menciptakan robot Android yang dimiliki penampilan dan kepribadian seperti Dick. Robot humanoid ini selesai pada tahun 2005 dan mampu melacak orang-orang yang masuk dan keluar ruangan dan bisa berkomunikasi melalui perangkat lunak pengenalan suara. Para peneliti juga mampu memprogram robot tersebut untuk bisa berbicara dengan orang. 
  6. Actroid-F Sibling. Perusahaan Jepang bernama Kokoro Dreams membuat berbagai macam robot dari dinosaurus dan serangga raksasa serta humanoid yang realistis. Perusahaan ini telah memperkenalkan dua humanoid laki-laki dan perempuan sebagai robot bersaudara realistis disebut Actroid-F Bersaudara. Pasangan ini dapat berkomunikasi satu sama lain dan meniru gerakan orang-orang yang mereka lihat. Robot telah diuji di rumah sakit Jepang untuk melihat bagaimana seorang pasien bereaksi terhadap mereka. 
  7. SAYA. Robot ini dibuat oleh para ilmuwan penelitian di Tokyo University of Science, Saya adalah robot yang dirancang untuk terlihat seperti seorang wanita Jepang setengah baya. Awalnya dibuat untuk melayani tamu sebagai resepsionis otomatis yang canggih untuk perusahaan, versi terbaru dari SAYA telah diprogram untuk digunakan sebagai guru di sekolah-sekolah kecil di pedesaan di mana sekolah tersebut masih kekurangan guru. Selain itu, robot SAYA juga berfungsi sebagai pemandu wisata di kampus Tokyo University of Science. 
  8. TOPIO. Robot humanoid ini dirancang untuk bermain ping pong melawan rekan-rekannya tapi bukan robot melainkan manusia. Robot ini pada awalnya dirancang agar terlihat seperti kartun Jepang. Tapi kini TOPIO telah berkembang menjadi mesin super robot yang terlihat lebih tinggi, seperti laki-laki dengan tinggi melebihi tinggi manusia pada umumnya dan berat sekitar 250 kilogram.
  9. HRP-4C. Diresmikan pada tahun 2009 oleh Institut Jepang untuk kemajuan Industri Sains dan Teknologi, HRP-4C memiliki ketinggian statistik rata-rata remaja putri Jepang. Perusahaan ini merancang robot ini dengan fitur dan aplikasi yang berhubungan dengan hiburan dan bisnis fashion. Versi pertamanya bisa menggerakkan tubuh bagian atas secara realistis, kini model terbaru telah ditingkatkan lagi kemampuannya untuk berjalan lebih realistis. Dan juga dengan kemajuan dalam perangkat lunak pengenalan suara, robot ini bisa berkomunikasi dengan cara yang lebih realistis.
  10. Robot Ibnu Sina. Robot ini dibuat oleh Universitas Uni Emirat Arab, ini adalah robot pertama berbahasa Arab berbasis android yang mengambil ide dari ilmuwan Islam ternama pada abad ke-11 yang bernama Ibnu Sina. Robot Ibnu Sina telah digunakan sebagai fitur utama dari proyek teater interaktif Universitas, di mana ia secara efektif menggunakan gerakan tangan, pengenalan wajah, dan berpidato untuk berinteraksi dengan khalayak dan orang-orang yang hadir secara online.


1 komentar:

  1. Tapi tetap saja, wajah robot itu tanpa ekspresi dan emosi, ekspresi dingin

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam