ads

Facebook Akan Lenyap Tahun 2017?

Sabtu, 25 Januari 2014

Situs jejaring sosial paling terkenal saat ini yakni Facebook diprediksi akan kehilangan 80 persen pengguna aktifnya pada tahun 2017 mendatang, demikian diungkapkan oleh peneliti dari Princeton University. Para penelitian menjelaskan tren berkurangnya pengguna facebook mengacu pada studi kasus seperti yang dialami Myspace. 


Myspace didirikan pada tahun 2003 dan mencapai puncaknya pada tahun 2007 dengan 300 juta pengguna yang terdaftar, sebelum akhirnya merana karena jarang digunakan oleh penggunanya sejak tahun 2011. Myspace dibeli oleh Rupert Murdoch News Corp sebesar 580 Juta USD, Myspace menandatangani kesepakatan sebesar 900 juta USD dengan Google pada tahun 2006 dengan menjual ruang iklan dan akhirnya sampai pada nilai 12 Milyar USD. Hingga akhirnya dijual oleh News Corp hanya 35 juta USD. 


Facebook sendiri diluncurkan pada tahun 2004 dan dioperasikan oleh Facebook Inc. pada tahun 2012. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Saat ini sudah lebih dari satu milyar penggunanya, walaupun banyak yang memiliki akun lebih dari satu dan masih di bawah umur.

Penelitian ini dilakukan oleh John Cannarella dan Joshua Spechler, dari Departemen Mekanik dan Penerbangan Universitas Princeton berdasarkan hitungan pencarian Google dengan kata kunci “Facebook” yang sekarang mulai menurun karena banyaknya penggunaan gadget seperti smartphone dan tablet.

Peneliti membandingkan kenaikan mendadak dan penurunan bertahap dari pengguna media sosial dan kemudian ditinggalkan penggunanya. Saat ini raksasa jejaring sosial Facebook sudah mencapai 1,2 miliar pengguna berdasarkan data Oktober 2013 lalu. Facebook mulai berkurang popularitasnya terutama untuk pengguna sehari-hari, khususnya di kalangan remaja. 

Mereka rata-rata tidak mau kegiatannya dimata-matai oleh orang tua atau gurunya. Oleh sebab itu saat ini mereka sudah jarang menggunakan facebook dan beralih ke media lain seperti WhatsApp, WeChat, BBM atau aplikasi lainnya. Jadi benar atau tidak Facebook akan lenyap tahun 2017? Kita lihat saja perkembangannya. 

2 komentar for Facebook Akan Lenyap Tahun 2017? :

  1. sulit diprediksi mengingat facebook masih dinahkodai oleh Mark Zukerbebek. Si Zubebek pasti ngga tinggal diam, dia pasti berusaha keras apapun caranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiiihhh...analisa yg sangat mendalam dan sangat tepat bro. Keren abis pemikiran looh.

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam