ads

Kini Password Bisa Diubah Setiap Menit

Rabu, 19 Maret 2014

Password adalah masalah pelik bagi pengguna internet dimana pun. Terutama bagi Anda yang mempunyai akun yang berbeda lebih dari 10. Masing-masing akun memiliki password yang berbeda, permasalahan yang sering muncul adalah lupa passwordnya. Oleh karena itu banyak orang yang memiliki akun yang berbeda dengan password yang sama. 


Padahal menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda bisa juga menimbulkan masalah karena satu akun kita dihack, maka akun yang lain bisa dibobol juga. Sebelumnya mengubah password bisa dilakukan dengan waktu tertentu, biasanya hitungan hari. Tapi para insinyur password sedang mengembangkan teknik password baru yang menggunakan pola visual dan menyerupai teka-teki Sudoku dan bisa mengubah password tiap menit, kalau pengguna menginginkannya. 


Steven Hope Direktur Manager Winfrasoft mengatakan bahwa "Masalah password adalah masalah kelemahan password tersebut sehingga mereka selalu bisa dihack , dan juga dari sudut pandang pengguna yang mengatakan terlalu rumit apabila harus mengingat 20, 30, 60 password". 

Lebih buruk lagi, mereka harus membuat password yang berbeda , sehingga "tidak ada yang bisa mengingatnya, sehingga harus ditulis atau atau me-reset ulang setiap kali mereka log in” tambahnya. 

Seperti jutaan pengguna internet lainnya yang telah belajar dengan keras, agar passwordnya tidak dihack secara massal apalagi password tersebut digunakan untuk transaksi perbankan , layanan e -mail, pengecer atau situs-situs media sosial yang gagal melindungi server mereka . 

Menanggapi kerentanan dan kerepotan menggunakan username dan password kuno, Winfrasoft telah mengembangkan alternatif berdasarkan pada grid empat-warna dengan angka yang menyerupai puzzle Sudoku. Pengguna memilih pola pada grid sebagai "password" dan karena angka-angka di dalam kotak berubah satu kali tiap menit, sehingga jauh lebih sulit untuk dihack, seperti dikutip dari Siliconindia.

0 komentar:

Poskan Komentar test