ads

Cara Mengecek Data Dapodik (Data Pokok Kependidikan)

Minggu, 06 April 2014
(tampilan awal untuk mengetahui data dapodik)

Bagi pendidik atau tenaga kependidikan, kelengkapan Dapodik atau Data Pokok Kependidikan sangat berarti. Dengan Dapodik ini nantinya para pendidik atau guru akan mendapat berbagai macam tunjangan sesuai dengan kebijakan dan peundang-undangan yang berlaku. 

Berbagai tunjangan untuk pendidik atau guru baik PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau non PNS seperti tunjangan fungsional, tunjangan profesi, dan tunjangan lain-lain yang mengacu pada data dapodik. Oleh sebab itu jika data ini tidak benar maka dipastikan berbagai macam tunjangan untuk pendidik atau guru tidak akan cair. 

Berikut cara mengecek data dapodik
  1. Masuk ke situs ini 
  2. Masukan nomor NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) sebagai User ID 
  3. Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD dimana : YYYY = tahun lahir 4 digit, MM = bulan 2 digit, DD = tanggal 2 digit. contoh : Tanggal lahir 10 Januari 1968 Cara menuliskannya : 19680110 
  4. Masukan kode captcha 
  5. Lalu tekan Submit 

Data Dapodik anda akan muncul, jika masih terdapat ke tidak sesuaian data di lembar info PTK dengan data riil, maka lakukan pengecekan data Anda di Aplikasi dapodik sekolah, lakukan perbaikan dan disinkron ulang dengan administrator di sekolah masing-masing. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar test