ads

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Kamis, 03 April 2014
(Adaptor laptop)
Bagi pengguna laptop, permasalahan utama saat menggunakan laptop, tentu tidak lain dan tidak bukan adalah baterai. Sehingga banyak pengguna mencari laptop yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Sekarang vendor-vendor pun berlomba-lomba membuat laptop dengan menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar agar laptopnya bisa bertahan antara 5 - 10 jam. 

Tapi dalam penggunaannya banyak orang yang belum memahami tentang bagaimana cara menggunakan laptop agar baterainya bisa bertahan lebih lama. Apakah harus melepas baterai kemudian langsung menghubungkan laptop ke sumber listrik, atau tetap menggunakan baterai apabila habis baru mengkoneksikan ke sumber listrik. 

Sebenarnya keduanya memiliki risiko terhadap kinerja laptop tersebut. Apabila Anda tetap memasang baterai, dalam jangka waktu yang panjang baterai laptop bisa kembung dan kinerjanya akan menurun. Sedangkan jika mencabut baterai ketika mengoperasikan laptop, risikonya justru jauh lebih besar. Sebab, listrik akan langsung menuju hardware tanpa adanya penyesuaian tenaga, sehingga komponen laptop akan menerima tegangan secara berlebihan. 

Berikut cara merawat baterai laptop agar tetap awet
  1. Baterai sebaiknya tetap dipasang ketika menggunakan laptop, jangan di lepas baterainya. 
  2. Cepat koneksikan baterai ke sumber listrik ketika indikator baterai laptop sudah mencapai antara 10-20 persen, jangan sampai habis. 
  3. Cepat lepaskan koneksi listrik ketika indikator baterai sudah mencapai 99 persen. 
  4. Jangan biarkan mengisi ulang baterai laptop sampai melebihi batas waktu yang ditentukan. 
  5. Lepaskan baterai laptop ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama. 
  6. Jangan menggunakan adaptor dari merek lain walaupun konektornya sama, karena belum tentu tegangan yang dihasilkan sama. 
Demikian tips sederhana cara merawat baterai laptop, mudah-mudahan  ini bisa membantu merawat baterai laptop anda agar tetap awet.

Sumber gambar Yahoo. 

4 komentar for Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet:

  1. setidaknya kebutuhan orang itu berbeda2.. semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi pengguna Laptop :D

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya kang Didno.. Selama ini saya berarti salah, karena langsung memasang charger saat akan menggunakan laptop padahal baterai masih tersisa banyak. Tapi, sekarang saya sudah ngerti.. makasih kang.. :D (y)

    BalasHapus
  3. kalau baterainya dilepas pasti baterai nya awet tapi laptopnya enggak :D

    kalau yang no 3, saya kurang setuju, karena katanya kalau sering dicharge - discharge itu bakal mengurangi lifecycle dari baterai, plus baterai sekarang sudah ada pengatur agar listrik langsung ke laptop jika baterai penuh CMIIW

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam