ads

FingerReader, Alat Bantu Baca Untuk Tunanetra

Sabtu, 19 April 2014
(FingerReader) 
Teknologi terus berkembang dan bisa ada karena ada masalah. Salah satunya adalah teknologi yang diberinama FingerReader. FingerReader adalah sebuah gadget yang bisa dipakai untuk membantu tunanetra membaca teks yang terdapat dalam buku-buku, majalah, koran atau bahkan tulisan yang ada pada perangkat elektronik sekalipun seperti tablet dan smartphone. 


Teknologi ini dikembangkan oleh para peneliti MIT, FingerReader ada karena ingin membantu para tunanetra membaca selain menggunakan format yang sudah tersedia seperti tulisan braille. Menurut sebuah studi baru-baru ini dari Royal National Institute of the Blind di Inggris yang dikutip oleh salah seorang peneliti, pada tahun 2011 hanya ada sekitar 7 % dari buku-buku yang tersedia di pasaran yang dicetak dengan huruf braille dan audio lengkap. 


Saat ini FingerReader masih dalam tahap prototipe. FingerReader disematkan dijari-jari seperti sebuah cincin yang dapat Anda gunakan untuk membaca apa yang ditunjuk mengikuti baris teks dalam buku atau di layar. Ini berkat sebuah kamera built-in, yang dapat mendeteksi teks dengan ukuran 12, yang kemudian perangkat ini akan mengeluarkan suaranya. 

Seperti dikutip dari BGR (18 April 2014), gadget ini cukup pintar untuk mengenali tulisan atau kata ketika penggunanya menyimpang dari baris teks dan menawarkan umpan balik untuk menyesuaikan gerakan tangan, dan tahu kapan akhir dari bacaan tersebut. Peneliti MIT belum menjelaskan bagaimana pengguna bisa membaca dengan garis yang mulus mengingat pembacanya mengalami gangguan penglihatan. Namun belum dijelaskan kapan FingerReader akan tersedia untuk dipasarkan secara komersial. Berikut video FingerReader :


0 komentar:

Poskan Komentar test