ads

Siaga Banjir, Aplikasi Anak Negeri Berlaga Di Tingkat Dunia

Jumat, 16 Mei 2014
(Aplikasi Siaga Banjir)
Indonesia itu jadi sumber inspirasi untuk orang-orang kreatif dan inovatif. Karena banyaknya permasalahan maka banyak pula ide-ide yang berkembang, termasuk dalam hal membuat aplikasi untuk smartphone atau tablet yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. 

Aplikasi Siaga Banjir menjadi salah satu contohnya. Aplikasi Siaga banjir adalah aplikasi untuk memantau ketinggian pintu air yang ada di Ibukota Jakarta. Saat musim hujan tiba, ketinggian pada masing-masing pintu air akan mengalami perubahan yang tak menentu dan bisa menjadi bahaya seiring dengan cuaca yang semakin buruk. 


Tidak hanya itu, pengguna aplikasi ini bisa memasukkan lokasi tertentu seperti alamat rumah, kantor, atau sekolah, kemudian data tersebut digunakan untuk memantau status pintu air yang terdekat dengan lokasi tersebut. Hal ini diharapkan bisa menjadi informasi penting bagi warga Jakarta untuk melakukan upaya pencegahan dan penyelamatan sebelum banjir. 

Data yang digunakan dalam aplikasi Siaga Banjir bersumber dari data publik yang ditampilkan pada halaman resmi beberapa dinas terkait, seperti halaman Pusdalops BPBD DKI Jakarta yang menampilkan status 19 pintu air di Jakarta. 

Aplikasi Siaga Banjir dibuat oleh Tim Kawung Labs dari Universitas Indonesia, yang terdiri dari Fauzan Helmi Sudaryanto, Enreina Annisa Rizkiasri, dan Riska Fadilla. Bagi anda yang penasaran dengan Aplikasi Siaga Banjir, saat ini telah tersedia di Google Play Store silakan download disini.

0 komentar:

Poskan Komentar test