ads

6 Pilar Kunci Kekuatan Sebuah Blog

Minggu, 08 Juni 2014
(Ilustrasi aktivitas ngeblog, kredit foto Vivalog)
Blog adalah media penyaluran ide atau gagasan, pesan dan informasi melalui sebuah tulisan yang dipublikasi melalui sebuah situs penyedia tulisan seperti blogger, wordpress, tumblr, blogdetik, kompasiana, tempo dan lain-lain. Ternyata memiliki kekuatan yang luar biasa terhadap kemajuan dan kecepatan informasi yang disebar ke seluruh penjuru dunia. 


Kalau dulu untuk menyampaikan sebuah berita harus menunggu beberapa hari untuk menyebarkannya. Kini melalui blog, detik ini berita ditulis dan dipublikasikan di blog, detik ini pula informasi menyebar ke penjuru dunia. Melalui blog siapa pun bisa menyuarakan suaranya, menyampaikan informasi dan mempublikasikan opini baik yang positif maupun negatif. 

Ada enam pilar kunci yang membedakan blog dengan saluran komunikasi lainnya yang diambil dari Konferensi para Jurnalis di Universitas Harvard. Berikut enam pilar kunci kekuatan sebuah blog
  1. Publishable. Anda dapat langsung memposting berita atau informasi dengan mudah, murah dan dibaca di mana pun kapan pun. 
  2. Findable. Mudah ditemukan lewat situs pencari berdasarkan subjek, nama penulis, atau keduannya. Makin banyak tulisan yang bermanfaat dari suatu blog, maka semakin digemari atau banyak dibaca oleh pengunjungnya. 
  3. Social. Tulisan yang menarik pengunjung, menjadikan percakapan yang menarik berdasarkan topik yang disukainya. Mereka saling komentar dari satu situs ke situs yang lain. Dari satu link ke link yang lain melalui blog, mereka memiliki minat yang sama sehingga dapat membangun network atau beita lintas geografi. 
  4. Viral. Informasi menyebar lebih cepat melalui blog dibandingkan dengan news service. Saat ini, tidak ada viral marketing yang dapat menyetarakan kecepatan dan efisiensi suatu blog.  
  5. Syndictable. Konten yang kaya mudah disindikasikan oleh siapa saja. Bayangkan jika dunia ini penuh dengan orang yang cinta damai, lewat media blog, ribuan informasi yang tersebar dapat diraih. 
  6. Linkable. Setiap blog nge-link ke yang lain, memiliki akses ke puluhan juta orang yang mengunjungi blogsphere setiap hari bercirikan komunikasi dua arah. Media blog itu layaknya supermarket tablot menurut Dan Gillmor penulis buku We the Media. 
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat. Sebagian tulisan ini diambil dari buku Google PR karya Bob Julius Onggo.

3 komentar for 6 Pilar Kunci Kekuatan Sebuah Blog:

  1. Untuk menyebarkan informasi Blog memang media yang sangat mudah dan cepat berkembang,..

    BalasHapus
  2. Dunia blog memang sangat menarik,. dan cepat tumbuh kembang nya,.

    BalasHapus
  3. mantap. pengaruh blog mmg global banget. :D semua kalangan kena.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam