ads

8 Akuisisi Terbesar Yang Dibuat oleh Google

Sabtu, 12 Juli 2014
(Google pernah mengakuisisi Motorola Mobility)
Apa sih yang diinginkan raksasa mesin pencari Google ini?. Pendiri Google sebenarnya sudah tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati hasil dari perusahaannya. Tapi ternyata tidak demikian yang dilakukan oleh Google. Google tidak pernah puas dengan apa yang telah dicapai oleh perusahaannya. Mereka terus berinovasi dan mencari hal-hal yang baru. 

Tapi ternyata tidak semua produk dari Google merupakan hasil dari karya-karya para karyawannya yang ulet, dan jenius. Karena ada beberapa produk yang dimiliki oleh Google melalui proses akuisisi. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan dana yang sangat banyak.

Berikut 8 Akuisisi terbesar yang dibuat oleh Google
  1. Motorola Mobility. Google mengejutkan pasar ponsel ketika membuat kesepakatan dengan membeli Motorola Mobility untuk mendapatkan produk ponsel dan tabletnya. Google mengakuisisi Motorola pada tahun 2012 dengan dana 12,5 milyar USD dalam bentuk tunai. Tapi akhirnya Google mengalami kerugian hingga ratusan juta setiap kuartalnya, kemudian Google menjual kembali Motorola kepada Lenovo dengan harga hanya 2,91 milyar USD saja. 
  2. Nest Lab. Nest Labs adalah perusahaan swasta terbesar kedua yang diakuisisi oleh Google hingga saat ini. Nest Labs adalah perusahaan otomatisasi rumah, yang terlibat dalam pembuatan dan perancangan Wi-Fi, sensor mengemudi, belajar mandiri dan termostat yang diprogram dan detektor asap. Pada 14 Januari 2014, Google mengakuisisi Nest Labs sebesar 3,3 miliar USD. Alasan untuk akuisisi ini diperkirakan sebagai Google ingin memperkuat pasarnya terutama alat rumah tangga yang terhubung dengan web. 
  3. DoubleClick. DoubleClick adalah sebuah perusahaan periklanan online yang mengembangkan dan menyediakan teknologi iklan Internet. Pada tahun 2007 Google mengakuisisi DoubleClick sebesar 3,1 miliar USD. Dengan akuisisi seperti Google melangkah ke iklan display. Pada saat ini jaringan iklan display Google telah menghasilkan lebih dari 3 miliar USD pada 5 kuartal secara berturut-turut dari pendapatan iklan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa DoubleClick adalah perusahaan yang umurnya 2 tahun lebih tua dari Google. 
  4. YouTube. YouTube adalah layanan video sharing terbesar, dengan hampir mendekati 100 jam video yang diunggah setiap menitnya pada server YouTube. Google membeli YouTube pada tahun 2006 hanya sebesar 1.65 miliar USD. Berbeda dengan WhatsApp yang dijual ke Facebook sebesar 17 miliar USD. Tapi Google mengakui pembelian ini menjadi pembelian terbaik karena jumlah pendapatan untuk Google sangat besar dari YouTube. 
  5. Waze. Waze adalah program aplikasi navigasi berbasis GPS geografis untuk smartphone dengan dukungan GPS. Aplikasi ini bertindak sebagai penyedia informasi tentang rute dan rinciannya sesuai dengan keinginan penggunanya. Google membeli Waze sebesar 1,3 miliar USD. Google menambahkan traffic Waze ke Google Maps pada Agustus 2013 dan selanjutnya pada bulan November 2013, Lalu Lintas dengan kartu Waze dilebur ke dalam Google Now. 
  6. ITA Software. Software ITA adalah sebuah perusahaan perangkat lunak reservasi perjalanan. Pada 1 Juli 2010 Google mengakuisisi ITA software sebesar 700 juta USD. Tujuan di balik akuisisi ini adalah untuk membantu para pengguna untuk mencari informasi tentang berbagai penerbangan online. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membuat perbandingan mengenai harga tiket pesawat, jadwal dan informasi lainnya. Inisiatif ini tetap menjadi perhatian Google untuk meningkatkan potensi pelanggan dan agen perjalanan online. 
  7. Postini. Google merasa perlu mengakuisisi Postini, sebuah perusahaan untuk menjaga keamanan data perusahaan seperti spam dan keamanan datanya termasuk komputasi awan untuk menyaring e-mail. Google mengakuisisi Postini dengan harga 625 Juta USD. Dengan Postini ini Google menjaga jaringan klien-nya agar terlindungi dari malware.
  8. Boston Dynamics. Boston Dynamics adalah sebuah perusahaan rekayasa dan robotika yang diakuisisi sebesar 500 Juta USD. Perusahaan ini membuat video prototipe mereka dan menguploadnya di YouTube. Video ini melibatkan penyajian robot berteknologi tinggi, termasuk robot anjing yang bisa melompat dan bahkan berlari lebih cepat dari manusia normal.

1 komentar on 8 Akuisisi Terbesar Yang Dibuat oleh Google

  1. masih banyak kayaknya mas, Pesawat Drone juga diakuisi, Perusahaan Kamera juga diakusisi, bahkan perusahaan pengendali otak juga diakuisi. banyak banget kayaknya ya mas, Satelit luar angkasa juga diakusisi.

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam