ads

10 Logo Paling Terkenal di Dunia

Minggu, 26 Oktober 2014

Logo Apple
Logo adalah suatu bentuk gambar, tulisan atau sekedar sketsa dengan arti tertentu yang mengandung makna dari suatu perusahaan, organisasi, produk atau jasa. Sebuah logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau independen. 
 
Logo biasanya dikenal oleh penglihatan atau visual dengan tanda warna dan bentuk. Desain logo yang atraktif, menarik, elegan akan mudah dikenal dan diingat. Logo-logo tersebut bahkan menjadi terkenal sehingga menjadi suatu merek dagang atau hak paten dan tidak menutup kemungkinan dapat memperoleh keuntungan dari logo tersebut. Dari sekian banyak logo yang bertebaran di muka bumi ini, ada beberapa logo yang paling terkenal di dunia sehingga sekali lihat logo tersebut, orang akan mengetahuinya.

Berikut 10 logo paling terkenal di dunia
  1. Volkswagen (VW) . Volkswagen artinya mobil rakyat karena awalnya produksi mobil ini memang ditujukan untuk rakyat. Perusahaan ini didirikan pada masa pemerintahan Nazi di bawah kepemimpinan Adolf Hitler pada tahun 1937. Logo VW yang sederhana tetapi cepat dikenal didesain oleh Franz Xaver Reimspiess dari sebuah kompetisi. Produk-produk VW paling terkenal hingga saat ini adalah VW Beetle, VW Cabriolet, VW Combi, VW Karman Ghia.
  2. McDonalds . McDonald’s adalah restoran cepat saji terbesar di dunia yang didirikan oleh dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald pada tanggal 15 Mei 1940 di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Pada 1955, pengusaha Ray Kroc membeli hak restoran dan diperluas ke seluruh dunia. Kini McDonald’s telah membuka lebih dari 30 ribu restoran di seluruh dunia, maka tidak mengherankan jika semua orang kenal dengan logo McDonald’s yang dilambangkan dengan huruf 'm' melengkung dan berwarna kuning ini. 
  3. Disney. Siapa yang tidak kenal dengan Disney, atau kependekan dari The Walt Disney Company, perusahaan yang bergerak di industri animasi. Perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney pada 16 Oktober 1923 yang memproduksi film kartun yang ditayangkan di televisi. Mickey Mouse adalah tokoh yang pertama kali diciptakan dan sekaligus menjadi maskot Walt Disney. Logo Walt Disney merupakan tanda tangan pemiliknya (Walt Disney) dan digunakan sebagai sebuah logo perusahaan. Desain tulisan pada logo Walt Disney tidak pernah berubah dari dahulu, hanya ada penambahan sedikit sesuai dengan perkembangan dan kebutuhannya. Logo Walt Disney mudah dikenal dan diingat dengan perpaduan huruf-huruf yang aktraktif, menarik, unik dan melambangkan sebuah terobosan teknologi pada masanya. 
  4. Adidas. Adidas adalah sebuah merek dagang dengan hak paten yang sudah terkenal di seluruh dunia. Merk terkenal ini diciptakan pertama kali oleh Adi (Adolf) Dassler yang kemudian disingkat menjadi dari Adidas pada tahun 1920-an. Awal perkembangannya, Adidas didukung oleh media televisi, radio dan berbagai olahraga seperti Olimpiade atau sepakbola. Logo Adidas mengalami tiga kali evolusi yaitu pada 1948 dengan desain sepatu di tengahnya serta mencantumkan nama Adolf Dassler. Pada tahun 1972, logo Adidas diubah seiring perpecahan antara Adolf Dassler (Adidas) dan saudaranya Rudolf Dassler (pendiri Puma), logo ini mengusung semangat olimpiade dengan tiga daun terangkai yang menggambarkan tiga benua. Terakhir pada 1996 hingga kini logo Adidas mengalami modernisasi desain dengan menerapkan konsep 'We knew then-we know now' dengan tiga balok yang miring membentuk tanjakan yang dapat digambarkan sebagai kekuatan, daya tahan, dan masa depan. 
  5. Recycling. Logo Recycling ini sering sekali kita jumpai dibeberapa produk yang dapat didaur ulang seperti plastik, kertas, kaca, logam, tekstil dan sebagainya. Sudah banyak perusahaan yang mencantumkan logo Recycling di produk-produk mereka, hal ini didasarkan oleh kepedulian kita akan lingkungan dan Bumi yang kita tinggali. Logo Recycling ini berlaku secara internasional yang diciptakan oleh Gary Dean Anderson pada tahun 1970, dalam sebuah kompetisi untuk memperingati Earth Day (Hari Bumi) yang pertama. Desain logo 'daur ulang' berbentuk tiga buah anak panah berwarna hijau yang didesain melengkung membentuk sebuah segitiga yang tidak berakhir atau berbentuk mobius atau dalam bidang matematika dilambangkan sebagi infinity atau tidak terhingga. Produk yang dilabeli dengan logo ini artinya dapat dipakai berulang-ulang atau dapat didaur ulang menjadi produk yang lain. 
  6. Google. Google adalah mesin pencari nomor satu di dunia maya. Hampir semua orang di muka Bumi ini mengenalnya. Terlepas dari semua kontroversinya, Google adalah perusahaan yang mempunyai perkembangan yang sangat pesat dalam satu dekade terakhir ini. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih berstatus mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, Amerika Serikat, pada Maret 1996. Mereka kemudian menjadikan Google perusahaan swasta pada 4 September 1998. Desain logo Google diciptakan oleh seorang arsitek bernama Ruth Kedar. Logo ini mempunyai konsep sederhana, minimalis, dinamis, modern dan mudah diingat dengan warna-warni yang cerah. Saat ini, Google menjadi situs terpopuler yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia.
  7. Nike. Nike yang berslogan 'Just Do It' hampir semua orang mengidentikannya dengan sepatu olahraga, meski kini Nike telah melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan produk selain sepatu, seperti pakaian olahraga dan alat-alat olahraga. Sudah banyak atlet-atlet terkenal dunia yang disponsori oleh Nike. Logo Nike sering disebut 'Swoosh' adalah sebuah desain yang diciptakan pada 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University, Amerika Serikat. Filosofi dari Swoosh Nike diambil dari mitologi Yunani yang berarti Dewa Kemenangan. Logo Nike juga mengalami perubahan beberapa kali dan yang sekarang digunakan adalah tanda centang tanpa tulisan apapun dan telah menjadi merk dagang resmi perusahaan asal Amerika Serikat ini. 
  8. Mercedes-Benz. Mercedes-Benz adalah simbol kemewahan dan prestis. Perusahan otomotif asal Jerman ini memproduksi mobil, bus dan truk. Banyak yang berpendapat produk Mercedes-Benz termasuk dalam kategori produk mahal karena menggunakan teknologi tinggi dan tingkat keamanan yang tinggi. Mercedes-Benz pertama kali didirikan oleh Karl Benz, yang menemukan mobil berbahan bakar bensin pertama kali dunia. Brand ini dipatenkan pada tahun 1886 serta pertama kali memproduksi mobil pada 1926. Logo dan nama Mercedes mempunyai cerita unik. Penamaan Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria, pecinta otomotif dan penjual mobil khususnya Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG), Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes dan nama Mercedes sering digunakan dalam nama samarannya ketika sedang mengendarai DMG dalam kompetisi balap di Jerman. Sedangkan logo Mercedes-Benz memiliki makna yang meliputi darat, laut, dan udara. Sejatinya, Mercedes-Benz adalah merger dari dua perusahaan DMG dan Benz & Cie yang kemudian menjadi Mercedes-Benz dengan logo bintang palang tiga dalam lingkaran yang diperkenalkan pada tahun 1937. 
  9. Coca-Cola. Coca-Cola adalah minuman ringan berkarbonasi yang dijual di toko, restoran, dan penjual di pinggir jalan di lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company asal Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M Robinson, sahabat sekaligus akuntan Pemberton, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, dia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia ini. 
  10. Apple. Apple Inc adalah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California, Amerika Serikat, dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Ronald Wayne, dan Steve Wozniak. Apple Inc diinkonporasikan menjadi Apple Computer Inc pada 3 Januari 1977. Kemudian pada 9 Januari 2007, kata 'Computer' dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran produk iPhone. Logo Apple mengalami beberapa kali perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Di awal kemunculannya di tahun 1976, logo Apple menggambarkan Issac Newton yang sedang duduk di bawah pohon dan terlihat sebuah apel menggantung di pohon kemudian diberi judul 'Newton Crest'. Bertahan selama satu tahun, logo Apple kemudian berganti desain, lebih sederhana dan modern yaitu sebuah apel yang telah digigit dengan garis-garis warna yang cerah dan diberi judul 'Rainbow'. Logo Apple yang sekarang dengan judul 'The Monokrom' memiliki desain yang lebih elegan, futuristik, modern tetapi tidak melupakan kesederhanaannya dan mudah diingat. Logo ini diberi warna abu-abu solid yang diberi sentuhan glosi serta lebih eye-catching (enak dilihat). 
  11. Sumber

1 komentar on 10 Logo Paling Terkenal di Dunia

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam