ads

5 Trik Googling yang Jarang Diketahui

Rabu, 08 April 2015
Google (gambar dari Itproportal.com)
 
Anda pasti sering menggunakan situs Google untuk mencari sesuatu yang belum diketahui. Google sangat membantu kita untuk menemukan kata, atau informasi yang belum diketahui. Berkat bantuan Google juga, kita bisa menyelesaikan berbagai tugas, pekerjaan rumah dan lain sebagainya. 

Walaupun setiap hari kita menggunakan Google untuk mencari informasi tetapi banyak hal yang tidak kita ketahui. Padahal Google memiliki trik-trik khusus yang bisa digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan dengan mudah sesuai yang diinginkan penggunanya.

Berikut 5 Trik Googling yang Jarang diketahui
  1. Mencari hal tertentu dalam situs. Jika Anda tahu bahwa Anda ingin jawaban yang datang dari dalam situs web tertentu, atau jenis tertentu dari situs tersebut (misalnya .org, .edu), Anda dapat mendahului permintaan Anda dengan mengetik kata tertentu dilanjutkan dengan mengetik "site:" diikuti dengan halaman web yang diinginkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari informasi seputar merek ASUS di didno76.com, Anda tinggal mengetik “Asus site:didno76.com”. Maka akan muncul semua artikel tentang ASUS.
  2. Mencari berdasarkan jenis file. Anda juga dapat mencari jenis file tertentu, seperti PDF, PPT, DOC atau XLS, dengan menambahkan "filetype:" dan 3 huruf berkas singkatan tadi. Misalnya kita akan mencari file Belajar Ngeblog dalam bentuk PDF maka Anda cukup mengetik "Belajar Ngeblog filetype: pdf." maka file pdf yang Anda inginkan akan muncul. 
  3. Mencari halaman terkait. Jika Anda menemukan sebuah situs Anda benar-benar suka, Anda dapat mencari halaman yang sama dengan mengetikkan "related:" di depan alamat web. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari situs yang mirip dengan didno76, Anda akan hanya perlu mengetikkan "related: didno76.com" dan Anda akan menemukan berbagai situs yang terkait dengan situs tersebut. 
  4. Istilah serupa. Google dapat menghasilkan hasil yang mencakup sinonim dengan menempatkan tanda "~" langsung di depan istilah pencarian Anda. Misalnya, Anda akan mencari untuk "wearable device" maka Anda akan menemukan hasil untuk "wearable technology” 
  5. Mencari informasi dalam kisaran tertentu. Untuk menentukan rentang nomor tertentu, ketik ".." diikuti dengan spasi, maka angka-angka yang dalam jangkau tersebut akan muncul. Misalnya, jika Anda mencari model iPhone yang lebih baru daripada iPhone 4, maka Anda cukup mengetik "4.. iphone" dan pencarian akan mencakup semua model iPhone di atas iPhone 4, yaitu iPhone 5, 5s, 5c, 6, dan 6 Plus. 
Sumber 

7 komentar for 5 Trik Googling yang Jarang Diketahui :

  1. keren infonya, thanks ya, salam sukses buat blogger Indonesia, info dikit blogku PR 2 :)

    BalasHapus
  2. makasih kang didno, sekarang jadi tau nih trik googling yang sebelumnya emang ngga tau :D

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat pak guru

    BalasHapus
  4. makasih om, infonya sangat membantu

    BalasHapus
  5. Makasih infonya, kunjungi blog saya astronomindon.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Makasih infonya, kunjungi blog saya astronomindon.blogspot.com

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam