ads

Instant Article Dari Facebook Ancaman Serius Penerbit Koran

Sabtu, 16 Mei 2015
Mark Zuckerberg pendiri Facebook

Cita-cita Facebook untuk menjadi pengepul berita resmi diwujudkan dalam satu fitur bernama Instant Article mulai diluncurkannya. Instant Article ini berhasil diwujudkan Facebook setelah melakukan bekerja sama dengan sembilan penerbit, yaitu Times, BuzzFeed, The Atlantic, National Geographic, NBC News, The Guardian, BBC News, Bild dan Der Spiegel. 

Fitur tersebut menjadi satu dengan aplikasi Facebook mobile. Akibatnya adalah membuat berita-berita dari para penerbit rekanan mereka dapat dibuka 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan membukanya di laman web resmi penerbit itu.

Fitur pengepul berita ini akan mulai bisa diakses pada pukul 10.00 pagi Waktu Standar Timur (ET) atau pukul 9.00 malam hari Rabu lalu Waktu Indonesia Barat (WIB). Akses tersebut untuk sementara baru untuk pengguna iOS, selanjutnya Facebook juga akan membuatnya dalam versi Android. 

Sebenarnya tak banyak perubahan yang dilakukan pada link Instant Article itu. Facebook memberikan tambahan berupa cover berbentuk video yang otomatis diputar saat pengguna menjelajahi laman aplikasi. Facebook sebagai raksasa jejaring sosial menerapkan perlakuan khusus pada konten berita rekanannya itu sehingga dapat terbuka 10 kali lebih cepat dibanding dalam situs aslinya. 

Pertama, mereka membuat konten berita otomatis dimuat sebelum pengguna memilih link beritu itu. 

Kedua, dengan cara menelanjangi artikel-artikel itu dari segala modul iklan dan analitik yang selama ini disematkan di web aslinya. Pada Instant Article tersebut, pengguna masih akan menemukan logo penerbit konten di bagian atas berita yang dibuka. Ada juga sebuah tombol Follow untuk mengikuti segala update dari akun Facebook milik penerbit yang dimaksud. 

Dengan kehadiran Instant Article ini berpotensi mendominasi distribusi berita online dan akan mematikan surat kabar atau koran. Saat ini baru 9 penerbit saja, berpotensi membuat pengguna bertahan lebih lama di Facebook. Semakin banyak orang yang awalnya membaca koran, kini meninggalkannya dan membaca facebook. 

1 komentar on Instant Article Dari Facebook Ancaman Serius Penerbit Koran

  1. wah takut saya dengan instant article ini mas, khususnya bagi pemain google adsense

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam