ads

5 Trik Agar Smartphone Android Anda Semakin Kencang

Jumat, 16 Oktober 2015
Smartphone Android

Anda mempunyai smartphone Android?. Saat Anda pertama kali menggunakan smartphone Android baru, performa smartphone tersebut mungkin akan terasa cepat dan mengesankan. Tapi, setelah beberapa bulan pemakaian, Anda akan mendapati performanya menjadi makin lembat. 


Anda mungkin memutuskan untuk membeli smartphone pengganti, tetapi Ada baiknya Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu karena mungkin saja smartphone Anda bisa kembali seperti pada saat pertama kali membeli dengan menggunakan trik-trik ini. 


Berikut 5 Trik Agar Smartphone Android Anda Semakin Kencang : 

  1. Membersihkan Home Screen. Ada baiknya Anda menghapus widget-widget yang ada di panel home screen. Karena jumlah widgets di home screen akan mempengaruhi kinerja smartphone. Sebagian besar widget-widget tersebut secara otomatis selalu mengecek pembaruan terbaru atau menampilkan animasi. Semakin banyak widget yang ada pada tampilan smartphone maka sembakin besar sumber daya prosesor yang digunakan untuk bekerja. Oleh karena itu, membersihkan home screen dari widgets tersebut akan memberi hasil yang nyata terhadap performa smartphone Anda terutama widget aplikasi yang jarang digunakan termasuk menghentikan penggunaan Live Wallpaper yang sebenarnya tidak terlalu penting. 
  2. Menonaktifkan Bloatware. Jika Anda memiliki smartphone Android terbaru, Anda akan hampir pasti mengorbankan ruang dan pengolah daya untuk aplikasi bloatware. Bloatware merupakan nama aplikasi atau layanan yang secara default terpasang di smartphone, baik oleh produsen atau operator, yang mungkin tidak Anda butuhkan, tetapi Anda tidak dapat menghapusnya. Untungnya, sejak Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) dirilis, pengguna Android dapat menonaktifkan banyak bloatware pada smartphone mereka. 
  3. Matikan GPS. Kebanyakan orang sering membiarkan GPS aktif, padahal dengan GPS aktif akan menguras baterai. Jika Anda menggunakan aplikasi berbasis lokasi, sebaiknya saat akan diperlukan saja jika tidak digunakan sebaiknya dimatikan. Untuk mematikan GPS dapat dilakukan langsung dari widget kendali daya (power control widget) atau dari Settings > Location > Use GPS Satellites. 
  4. Memasang Aplikasi Pembersih. Ada beberapa aplikasi clenaer (pembersih) gratis dengan reputasi baik, yang akan memindai perangkat Anda dan menunjukkan aplikasi mana yang berjalan di latar belakang, yang memakan banyak sumber daya sistem, serta yang berpotensi memperlambat smartphone Anda. Salah satu aplikasi pembersih adalah Clean Master. Aplikasi ini mencakup beberapa fitur, termasuk kemampuannya untuk membersihkan file sampah dan memaksa aplikasi yang berjalan untuk berhenti. Pemindaian biasanya tidak memakan waktu kurang dari satu menit, dan dapat sangat efektif membuat ponsel Anda berjalan lebih cepat lagi. Tapi jika Anda tidak ingin memasang aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menggunakan fitur bawaan untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pada smartphone Android banyak yang memiliki fitur ini, cara mengaktifkannya cukup dengan menekan dan menahan tombol Home. Maka, sebuah daftar aplikasi yang baru saja digunakan akan muncul, yang memungkinkan Anda untuk menutup mereka sepenuhnya dengan menggesek mereka dari layar. 
  5. Factory Reset. Jika keempat cara tadi belum ampuh, maka cara terakhir untuk mengatasinya yakni melakukan factory reset atau hard reset. Khusus smartphone Android yang lebih tua, factory reset merupakan cara terbaik untuk mendapat peningkatan performa. Factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang sudah diatur sebelumnya secara permanen. Tak hanya itu, factory reset juga akan menghapus aplikasi yang telah diunduh dan dipasang. Karenanya, pastikan Anda telah membuat cadangan data dan file yang ingin Anda simpan. Untungnya, factory reset tidak akan menghapus data dan file yang tersimpan di kartu microSD.

0 komentar:

Poskan Komentar test