ads

Arga Surya, Mesin Pengering Padi Karya Anak SMK Muhammadiyah Kandanghaur

Sabtu, 10 Oktober 2015
Agra Surya Mesin Pengering Padi Karya anak SMK Muhammadiyah Kandanghaur

Anak SMK sekarang bukan saatnya lagi sering tawuran atau bikin onar, tetapi mulai menunjukkan kemampuannya sebagai pelajar yang berprestasi dan bisa membanggakan. Salah satunya adalah karya anak-anak SMK Muhammadiyah Kandanghaur Kabupaten Indramayu ini bisa dimanfaatkan terutama untuk petani yang kesulitan menjemur padi pada saat musim panen yang bertepatan dengan musim penghujan. 


Para pelajar dibantu gurunya membuat inovasi teknologi mesin pengering padi karena melihat kondisi di sekitar sekolahan atau berdasarkan keluh kesah orang tuanya yang mayoritas sebagai petani. Para petani merasa kesulitan saat musim panen yang berbarengan dengan musim hujan. Harga gabah hasil panen yang mereka jual pasti ditawar dengan harga yang sangat murah saat musim penghujan. 

Oleh sebab itulah para pelajar dibantu dewan guru SMK Muhammadiyah Kandanghaur jurusan teknik pengelasan dan elektronik industri membuat sebuah karya inovasif yang sangat bermanfaat untuk para petani, yakni sebuah mesin pengering padi yang diberi nama Agra Surya. 

Dari namanya kita bisa mengetahui bahwa Agra artinya padi sementara surya adalah matahari atau pengering. Sehingga kalau didefinisikan Agra Surya adalah pengering padi. Mesin ini sanggup mengolah padi satu ton dari hasil panen yang masih basah menjadi padi kering yang siap disimpan atau diolah menjadi beras. 

Untuk satu ton padi, alat ini sanggup mengolah padi yang baru dipanen menjadi padi kering yang siap diolah menjadi beras hanya dalam waktu 7 jam. Sehingga alat ini sangat membantu para petani yang kesulitan dalam menjemur padi. 

Mesin ini masih belum diperjualbelikan kepada umum karena masih dalam tahap ujicoba. Ke depannya pihak sekolah menginginkan Agra Surya ini dibanderol dengan harga di bawah harga pembuatan mesin ini yang mencapai 100 juta dengan desain dan kapasitas sesuai keinginan pemesan. Sehingga alat ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. 
Expo Pendidikan 2015
Penasaran dengan Agra Surya atau mesin pengering padi ini, Anda bisa melihatnya secara langsung di Expo Pendidikan 2015 di Jalan Siliwangi Kabupaten Indramayu hingga tanggal 17 Oktober mendatang, atau bisa menghubungi SMK Muhammadiyah Kandanghaur Jl. Karanganyar No.28 A Kandanghaur Kabupaten Indramayu 45254 dengan menghubungi Afandi, S.Pd 08122065570 atau Nanang Hadi Muntaha 081320432012.

0 komentar:

Poskan Komentar test