Feb 3, 2016

ASUS EeeBook E202, Laptop Minimalis Dengan Kemampuan Fantastis

ASUS EeeBook E202, Laptop Minimalis Dengan Kemampuan Fantastis

ASUS EeeBook E202

Kegemaran seseorang untuk beraktivitas dengan perangkat komputasi yang mungil dan minimalis terlihat begitu dominan. Wajar memang, sebab notebook seperti itu menyuguhkan berbagai kemudahan dari sisi penggunaan. Antara lain karena praktis, ringan, memiliki durabilitas baterai yang panjang serta tampilan trendi. 


ASUS melihat celah tersebut untuk menghimpun berbagai fitur unggulan tersebut kemudian merangkumnya ke dalam sebuah notebook mungil yang cantik, yang dinamakan dengan ASUS EeeBook E202. Laptop ini didesain dengan wujud yang indah, pendaran warna yang anggun, fungsionalitas yang lengkap dan performa yang memukau. 


Lebih Kecil dari Kertas Ukuran A4 
Sebagai perwujudan dari konsep minimalis, tubuh notebook ASUS E202 dibingkai dengan bodi yang bahkan lebih kecil dari kertas A4. Perangkat ini memiliki dimensi 29.7 x 19.4 x2.14 cm dan bobot yang sangat ringan yakni 1,25Kg. Meski mungil, pengguna akan tetap mendapatkan penampang layar seluas 11,6 inci yang masih nyaman untuk dilihat mata jika digunakan untuk bekerja secara mobile. 

Ukuran layar tersebut cukup ideal, tidak terlalu kecil maupun besar, dan berdampak pada bobot perangkat yang akhirnya mampu direduksi untuk memberikan kenyamanan saat hendak digunakan secara mobile. Display-nya pun telah mendukung resolusi HD (1366 x 768), sehingga pengguna tetap akan dapat menyaksikan konten multimedia dengan kualitas yang mumpuni. 

Genre notebook seperti ini, tentu sangat sesuai untuk kalangan seperti pelajar, mahasiswa, profesional dan eksekutif muda. Alasannya, pengguna seperti ini lazimnya membutuhkan gadget yang mungil untuk dibawa berpergian, namun tetap penuh gaya sehingga dapat menjaga gengsi para pemiliknya. 

Semakin Canggih dengan Fitur Teknologi Terkini 
ASUS E202 disusun dengan spesifikasi dan rincian teknologi mutakhir. Spesifikasi mutakhir membuatnya menjadi perangkat yang modern, sebab kelengkapan teknologi yang digunakannya mengikuti alur perkembangan zaman. 

Beberapa teknologi terbaru yang disematkan pada ASUS EeeBook E202 antara lain adalah USB 3.1 Type-C yang memiliki bentuk simetris sehingga mudah digunakan. Tipe USB tersebut pun diketahui dapat mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 5Gbps, sehingga proses pemindahan berjalan lebih cepat. Fitur ini juga membuat E202 menjadi notebook 11,6 inci pertama di dunia yang menggunakan teknologi USB 3.1 Type-C di dalamnya. 

Demi memastikan kenyamanan penggunaan, ASUS juga menyematkan perangkat penyimpanan berbasis Hard Disk Drive (HDD) pada notebook ini. Ukurannya pun relatif lega, mencapai 500GB. Dengan ukuran seluas itu, pengguna dapat menyimpan berbagai file multimedia maupun dokumen penting pada notebook tersebut. 

Untuk konektivitas jaringan, ASUS EeeBook E202 juga sudah menggunakan teknologi nirkabel 802.11ac dan Bluetooth 4.0. Teknologi mutakhir ini masih belum banyak digunakan pada perangkat dengan harga yang terjangkau. Salah satu yang juga unik adalah ukuran charger yang digunakan oleh E202, tidak lebih besar daripada kartu kredit dengan panjang hanya sekitar 53 mm. Hal ini tentu akan semakin memudahkan penggunanya untuk bepergian dengan notebook tersebut. 

Kelebihannya, ia menawarkan kecepatan transmisi data yang sangat tinggi, hingga mencapai 1300Mbps. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan transmisi data Wifi berbasis 802.11n yang maksimum hanya mencapai 450MBps saja. Sementara Bluetooth 4.0, memiliki keunggulan memiliki konsumsi daya yang lebih kecil sehingga akan menghemat baterai serta memiliki jangkauan transmisi data yang lebih jauh dengan jarak lebih dari dari 100 meter. 

Papan ketik pada notebook mungil ini telah dirancang dengan fitur chiclet. Jarak antar tombolnya adalah 18,4mm sementara luasnya secara keseluruhan yakni 268 mm. Dengan spesifikasi tersebut, membuat pengalaman mengetik menjadi lebih nyaman dan akurat. 

Durabilitas dengan Baterai Mumpuni 
Notebook ASUS EeeBook E202 memiliki satu lagi kelebihan yang sangat membantu tatkala pengguna membutuhkan perangkat untuk bekerja sepanjang hari. Hal itu adalah durabilitas atau daya tahan baterai yang mampu bertahan hingga 8 jam. 

Kemampuan ini dimungkinkan karena komponen prosesor Intel Celeron Dual Core N3050 generasi kelima atau Braswell yang digunakannya, memiliki nilai Thermal Design Power (TDP) yang kecil, yakni hanya sebesar 6 watt. Rendahnya konsumsi daya itu membuat kapasitas baterai tidak cepat terkuras. 

Rendahnya tingkat TDP tersebut juga membuat notebook tidak menghasilkan panas yang tinggi. Dengan demikian, perangkat pendinginan pun tidak perlu menggunakan pendinginan berbasis kipas (fanless design). Sisi positif berikutnya, notebook ini tidak mengeluarkan suara saat bekerja. 

“Desain cover pada ASUS EeeBook E202 juga membuat produk ini semakin manis dilihat, apalagi notebook dengan gaya painting cover ini tersedia dalam empat pilihan warna-warna yang memikat. Antara lain, silk white, dark blue, thunder blue, dan red yang cocok digunakan oleh kalangan pengguna yang dituju,” demikian kata Juliana Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia.

Berikut spesifikasi lengkap ASUS EeeBook E202 : 
Model ASUS EeeBook E202
CPU Intel Celeron Dual-Core N3050 Braswell 64-bit, 2MB cache, 1.6GHz burst up to 2.16GHz
Sistem Operasi DOS
Memori 2GB DDR3L 1600MHz
Penyimpanan 500GB 5400rpm HDD
Optic Drive -
Display 11.6" 16:10 WXGA (1366x768)
Grafik Intel HD
Input/Output 1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo)
1 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x USB 3.1 Type-C Gen 1 (up to 5 Gbps)
1 x micro HDMI
Camera VGA Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac
Built-in Bluetooth™ V4.0
Audio Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster
Dimensi  29.7 (W) x 19.4 (D) x 2.14 (H) cm
Berat 1.02 KG (Tanpa Baterai)
1.25 KG (Dengan Baterai 3 cell)
Baterai 3Cells 48 Whrs Polymer Battery hingga  8 jam 
Warna Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, Red
Aksesoris -
Harga Rp3.249.000
Warranty 1 Tahun Global
ASUS EeeBook E202, Laptop Minimalis Dengan Kemampuan Fantastis
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon