ads

Situs-situs Untuk Membuat dan Mengerjakan Soal Online

Kamis, 05 Mei 2016

Quipper School salah satu situs yang menyediakan soal online
Banyak guru yang suka kebingungan untuk memberikan tugas atau pekerjaan rumah untuk siswa dan siswinya. Karena setiap ada tugas para siswa memilih mengerjakan di sekolah dengan cara mencontek kepada temannya. Sehingga harapan guru agar siswa belajar di rumah tidak tercapai. 

Banyak anak yang menggunakan waktunya bermain, nonton televisi atau asyik menggunakan gadgetnya untuk membuka media sosial, berkirim pesan dan berselancar ke dunia maya. Tapi sayangnya tidak sedikit pelajar yang sering membuka situs-situs negatif, berkomentar atau membully temannya. 

Sebagai seorang guru tentu harus mencari cara bagaimana meningkatkan minat belajar siswa dengan cara yang menyenangkan. Selain itu guru harus mengerti kebiasaan siswa seperti siswa lebih senang dan sering menggunakan internet untuk bermedia sosial atau berselancar. 

Nah berikut ini situs-situs untuk membuat dan mengerjakan soal online : 

  1. Quipper. Situs ini sangat membantu guru agar siswa aktif mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah secara online. Untuk mengerjakan tugas melalui Quipper, siswa harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan email atau akun media sosial. Siswa dapat dengan mudah mengerjakan tugas online tersebut karena terdapat materi pembelajaran sebelum mengerjakan tugas tersebut. Guru mata pelajaran tertentu sudah disediakan soal dan materinya oleh Quipper sehingga guru tidak pusing membuat soal. Situs ini juga dilengkapi dengan chatting antara guru, murid dan orang tua. Sehingga terjalin komunikasi yang sangat baik. 
  2. Edmodo. Situs ini bisa digunakan oleh guru atau dosen untuk berbagi soal atau tugas untuk dikerjakan oleh siswa dan mahasiswanya. Syaratnya guru harus membuat soal terlebih dahulu kemudian baru dibagikan kode kelas dan linknya kepada siswa dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas tersebut. Situs ini juga menghubungkan antara guru, siswa dan orang tua. Situs ini menggunakan bahasa Indonesia sehingga mudah untuk dipelajarinya. 
  3. Proprofs. Situs berbahasa Inggris ini dapat digunakan untuk membuat soal online untuk guru dan dosen. Soal atau kuis tersebut digunakan dengan cara mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Awalnya guru dan dosen bisa mengecek seluruh tugas siswa berapa pun jumlahnya. Kelebihan Proprofs setelah mengerjakan soal online kemudian muncul sertifikat yang bisa dicetak. Tetapi sayangnya sekarang tidak bisa lagi hanya beberapa orang saja. Untuk versi fullnya harus berbayar. 
  4. Google Drive. Situs besutan dari Google ini bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan tugas atau membuat soal online. Guru harus membuat soal terlebih dahulu bisa menggunakan soal uraian atau soal pilihan ganda. Setelah soalnya dibuat maka guru bisa mempublikasikan soal online tersebut kepada para siswa dengan memberikan linknya untuk dikerjakan.

0 komentar:

Poskan Komentar test