ads

Teknologi Terbaik Adalah Yang Paling Banyak Memberi Manfaat

Selasa, 12 Juli 2016
Mobil-mobil Toyota (Foto Dokumen Pribadi) 

Teknologi diciptakan oleh manusia sejatinya adalah untuk mempermudah, meringankan dan membantu manusia dalam segala hal. Teknologi akan terus berkembang setiap saat tanpa pernah akan berakhir hingga dunia sendiri yang berakhir. 

Berbagai inovasi diciptakan oleh manusia untuk menggantikan teknologi yang sudah dianggap usang. Teknologi yang sudah usang perlahan dan pasti akan tenggelam dan ditinggalkan. Teknologi yang sudah usang hanya tinggal kenangan dan biasanya disimpan dalam galeri atau museum. 

Salah satu hal yang menarik dari teknologi adalah teknologi otomotif. Kendaraan awalnya ditarik menggunakan tenaga manusia, kemudian berberkembang lagi bentuk dan teknologinya. Kendaraan pertama kali menggunakan tenaga mesin uap, dan kendaraan ini memiliki roda tiga. 

Setelah itu berkembang lagi menggunakan tenaga bensin dan setelah itu ditemukan rem cakram, rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan kendaraan dan dibuatnya setir pada kendaraan untuk mempermudah membelokkan ke kanan dan kiri. 

Pengembangan demi pengembangan teknologi otomotif pun semakin hari semakin pesat dengan ditemukannya self starter elektronik, suspensi independen dan rem empat ban yang membuat kendaraan semakin canggih. 

Salah satu produsen otomotif ternama dunia yang berasal dari Asia adalah Toyota yang didirikan pada tahun 1933. Pada tahun 1934 Toyota membuat prototipe mobil penumpang pertama mereka yang diberinama A1. Nama Toyota sebagai produsen otomotif di Indonesia begitu terkenal terutama karena salah satu modelnya yang hingga kini tetap masih menjadi mobil terbaik keluarga Indonesia yakni Toyota Kijang. 


Mobil Kijang pertama kali diluncurkan pada tahun 1975 dan hingga kini masih merupakan salah satu model yang sukses secara komersial sampai sekarang. Maka tidak heran berbagai varian dan generasi mobil ini dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia dari kota hingga ke pelesok desa. 

Toyota Kijang dianggap sebagai kendaraan dengan teknologi terbaik karena yang paling banyak memberi manfaat. Pertama kali diluncurkan Toyota Kijang adalah mobil yang menerapkan konsep pickup atau bak terbuka dengan bentuk kotak mendasar yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai kendaraan serbaguna selain untuk mengangkut barang, juga sebagai sarana transportasi dari satu tempat ke tempat lain. 

Toyota Kijang Buaya (Gambar dari Mobilmo) 

Setelah tipe mobil bak terbuka, Kijang kemudian mengeluarkan produknya untuk kendaraan penumpang tetapi karoserinya dilakukan oleh perusahaan lain terus berkembang hingga akhirnya membuat kendaraan penumpang seperti sekarang. 

Toyota Kijang begitu fenomenal di Indonesia bisa dipahami karena mereka menerapkan kendaraan yang dapat mengangkut banyak orang. Karena mayoritas penduduk di Indonesia mempunyai anak lebih dari satu sehingga harus bisa menampung lebih banyak orang. 

Selain itu Mobil Toyota Kijang memiliki bagasi yang lebih luas sehingga dapat menampung berbagai peralatan dan perlengkapan baik orang tua maupuna anak-anak sehingga semuanya dapat tertampung dalam kendaraan ini. 
Toyota Kijang All New Innova (Gambar Toyota Astra)   

Toyota Kijang dianggap sebagai kendaraan paling irit bahan bakar. Pertimbangan itulah yang menyebabkan banyak pengguna yang membeli kendaraan Kijang. Apalagi di Indonesia pernah dilanda krisis ekonomi dimana harga BBM (Bahan Bakar Minyak) sangat tinggi sehingga pemilik kendaraan harus mencari kendaraan irit bahan bakar. 

Mobil Toyota Kijang juga banyak diburu oleh pembeli karena memiliki service dan purna jual yang prima. Diler dan bengkel Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga masyarakat tidak akan kesulitan jika kendaraannya ada kerusakan atau mengalami masalah. Kendaraan tinggal dibawa ke bengkel terdekat. 

Begitu juga dengan harga jual Toyota Kijang tetap yang tertinggi, tidak seperti kendaraan lain yang harga jualnya jatuh sangat tajam setelah digunakan beberapa tahun bahkan hanya beberapa bulan. Ini juga yang menyebabkan mobil Toyota Kijang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. 

Toyota merupakan perusahaan yang kreatif dan inovatif. Teknologinya dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan dan perkembangan ke arah yang lebih baik. Dari gas emisi buang yang semakin rendah, sistem keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang yang semakin baik, kecepatan dan akselerasi yang seimbang, dan lain sebagainya. 
Toyota Prius (Gambar dari Toyota)

Toyota juga semakin sadar bahwa kendaraannya harus ramah lingkungan. Oleh sebab itu Toyota menciptakan kendaraan-kendaraan dengan menggunakan teknologi hybrid. Selain ramah lingkungan, hemat bahan bakar tetapi tetap bertenaga. 

Salah satu produk Toyota yang sudah menggunakan teknologi Hybrid system adalah Toyota Prius. Mobil ini menggunakan tenaga kinetik dari ban untuk mengisi ulang aki melalui motor listrik yang berfungsi sebagai generator atau pembangkit listrik. Energi yang secara normal hilang sebagai gesekan panas diubah menjadi tenaga listrik dan digunakan sebagai energi cadangan pada aki. 

Toyota i-Road (Dokumen Pribadi) 

Selain kendaraan tenaga hybrid, Toyota juga membuat prototipe kendaraan berpenumpang 1 orang yakni Toyota i-road. Mobil ini selain mudah digunakan, juga dapat menerobos kemacetan terutama di kota-kota besar, serta menggunakan tenaga listrik yang ramah lingkungan.

Tidak hanya mobil kecil dan mungil seperti Toyota i-Road tetapi Toyota juga sudah menyiapkan kendaraan masa depan yang tidak hanya cocok untuk daerah yang macet tetapi juga untuk daerah pedesaan yang memiliki kontur tanah yang berbeda yakni dengan mematenkan mobil terbang.

Mobil terbang Toyota (Gambar dari Mashable) 

Mobil terbang ini memang belum dikembangkan hanya sebatas gambar protipe. Kendaraan ini memiliki sayap yang tersimpan dalam tubuhnya sampai siap untuk lepas landas. Sisinya akan membuka, dan sayap akan memperpanjang dengan menekan tombol tertentu. Hal ini akan memungkinkan badan pesawat yang fleksibel untuk layaknya pesawat aerodinamika. 

Toyota setiap tahun selalu mengeluarkan varian produk terbaru sehingga memiliki segmen masing-masing. Semuanya tentu ditujukan untuk memberikan manfaat kepada penggunanya. Karena mereka sadar bahwa teknologi terbaik adalah yang paling banyak memberi manfaat. 


1 komentar on Teknologi Terbaik Adalah Yang Paling Banyak Memberi Manfaat

  1. merk mobil mah banyak, tapi satupun gak punya,hehe

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam