ads

Akhirnya BlackBerry Hentikan Produksi Smartphone

Jumat, 30 September 2016

Smartphone BlackBerry
Anda mungkin salah satu pengguna dari smartphone bernama BlackBerry. Smartphone yang mengandalkan aplikasi perpesanannya ini akhirnya tidak sanggup bersaing dengan vendor-vendor yang menggunakan sistem operasi Android. 


Pada pekan ini, CEO BlackBerry yakni John S. Chen, secara resmi menyatakan bahwa perusahannya tidak akan lagi mengembangkan dan memproduksi smartphone. Tetapi kita masih akan menjumpai smartphone dengan merek BlackBerry, namun smartphone tersebut tidak lagi didesain dan dibuat langsung oleh produsen asal Kanada tersebut, melainkan oleh pihak ketiga yang mendapat lisensi untuk menggunakan software yang dikembangkan oleh BlackBerry. 


Hal ini sebenarnya telah diterapkan oleh perusahaan tersebut pada smartphonenya yang diberi nama BlackBerry DTEK50. Smartphone ini diproduksi oleh TCL dan merupakan penyempurnaan dari Alcatel Idol 4. 

Kalau dilihat dari tampilan dan spesifikasi kedua smartphone ini sama, namun smartphone BlackBerry tersebut ditambahkan dengan software keamanan DTEK, membuatnya lebih baik dan menjadi salah satu smartphone teraman di dunia. 

Pada masa lalu, BlackBerry adalah merek smartphone yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang di dunia. Smartphone yang terkenal memiliki keyboard QWERTY fisik dan menjalankan sistem operasi BlackBerry. 

Smartphone yang diproduksi dari produsen smartphone asal Kanada ini bahkan menjadi pilihan utama para pebisnis dan orang ternama, salah satunya adalah Presiden Obama, karena memiliki sistem keamanan terbaik di dunia. Sayangnya, ketika smartphone Android dengan layar sentuh mulai meramaikan pasar, smartphone BlackBerry perlahan kehilangan pangsa pasarnya. 

BlackBerry berusaha bangkit kembali dengan meluncurkan BlackBerry Priv yang berjalan menggunakan sistem operasi Android. Namun, tampaknya usaha ini tidak memberikan hasil yang positif karena BlackBerry Priv tidak terlalu diminati oleh konsumen. 

Dalam enam tahun terakhir ini, BlackBerry menjadi perusahaan kedua setelah Nokia yang menyerah dalam persaingan smartphone dunia. Namun, sebentar sepertinya Nokia akan segera bangkit kembali. BlackBerry hanya akan berfokus pada pengembangan software termasuk sistem keamanan dan aplikasi. BlackBerry juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memproduksi smartphone dengan merek BlackBerry. 

Di Indonesia, aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) sudah dibeli oleh Grup EMTEK (Elang Mahkota Teknologi) sementara itu BlackBerry bekerja sama dengan BB Merah Putih yang akan memproduksi serta memasarkan smartphone Android BlackBerry di Indonesia. Seperti dikutip dari PricePony (29/09/2016).

2 komentar for Akhirnya BlackBerry Hentikan Produksi Smartphone :

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam