ads

Telkom Mewujudkan Indonesia Semakin Digital

Jumat, 14 Oktober 2016
Penyerahan sertifikat pembicara dari Ketua KOGTIK Nasional (foto Samood) 

Beberapa tahun yang lalu tidak terbayangkan bahwa dunia akan secanggih dan sedekat ini. Untuk menyampaikan pesan pun kita butuh berhari-hati, minggu bahkan bulan. Tetapi saat ini kita hanya membutuhkan waktu beberapa detik atau menit saja agar pesan tersebut bisa tersampaikan. 

Sekarang kita bisa berbicara secara langsung dengan sahabat atau kerabat dimanapun berada. Tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Kini kita bisa menikmati informasi dari segala penjuru dunia kapan pun di mana pun dengan akses internet yang cepat hanya menggunakan gadget yang dimilikinya. 

Hampir semua orang kini mempunyai ponsel yang dimanfaatkan untuk menjalankan dan membantu aktivitasnya. Dari mulai mengerjakan atau menyelesaikan tugas hingga pekerjaan lainnya seperti mengirim data melalui email, menelepon hingga menggunakan komunikasi audio visual. 

Smartphone atau ponsel sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti aplikasi perpesanan, kamera digital, permainan hingga aplikasi perbankan pun sudah dibenamkan ke dalam smartphone yang dimiliki atau dengan mengunduhnya terlebih dahulu. 

Aplikasi-aplikasi tersebut banyak sekali membantu aktivitas penggunanya dari mengatasi hal yang kecil hingga hal-hal yang besar. Berbagai aplikasi seperti pendidikan, pekerjaan, kreativitas, hiburan bahkan buku bacaan pun kini tersedia untuk mengisi waktu senggang atau bahkan menjadi menu utama sehari-hari. 

Berbagai inovasi dalam dunia telekomunikasi diperkenalkan oleh PT. Telkom Indonesia. Dari semula hanya menggunakan telepon kabel, hingga kini menggunakan kabel fiber optik. Dari komunikasi menggunakan kabel hingga nirkabel sehingga bisa dibawa kemana saja dengan mendirikan anak perusahaan bernama PT. Telkomsel yang jaringannya kini sudah menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. 
Aplikasi My Telkomsel

Karena jangkauannya yang luas tersebut maka tidak heran anak Perusahaan PT. Telkom Indonesia , Tbk yakni Telkomsel menjadi leader dalam dunia telekomunikasi bergerak di Indonesia. Telkomsel mengklaim tidak ada kecamatan yang tidak terjangkau dari sinyalnya. Walaupun masih ada beberapa daerah terpencil yang belum terjangkau karena lokasinya yang sangat sulit atau berada di pedalaman. 

Setelah ada jaringan seluler menjangkau ke seluruh Indonesia, baru masyarakatnya di edukasi bagaiamana cara memanfaatkan akses tersebut. Berbagai pihak diajak bekerjasama untuk mengedukasi masyarakat terutama dalam pemanfaatan internet agar mereka lebih produktif untuk mewujudkan Indonesia semakin digital. 

Berikut ini pemanfaatan internet untuk mewujudkan Indonesia semakin digital : 

Sumber Ilmu, Pengetahuan dan Penghasilan 
Internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok sebagaian masyarakat modern. Karena internet bisa digunakan untuk berbagai hal dari mencari ilmu dan pengetahuan, hiburan hingga membaca wawasan melalui media online, mengetahui kabar teman dan keluarga dari media sosial, mencari berbagai hal yang belum diketahui dari internet, hingga dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. 

Internet kini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai hal dari pengetahuan, pendidikan, bisnis, hiburan dan lain sebagainya. Dengan menggunakan kartu Telkomsel kini kita bisa terhubung dengan siapa saja melalui media sosial dan aplikasi perpesanan atau berkomunikasi secara langsung baik menggunakan pesan teks, suara dan audio visual atau video call. 

Pelatihan blog untuk guru (Foto Samood)

Ngeblog 
Saya sendiri menggunakan akses internet Telkomsel saat berada di luar rumah. Sementara saat di rumah saya menggunakan akses internet Speedy yang berganti Indihome dari Telkom. Sementara di tempat kerja juga menggunakan akses dari Telkom untuk pendidikan seperti pembuatan email, pelatihan blog, dan mengakses informasi seputar pendidikan. 

Bicara blog, saya dan Komunitas Blogger Indramayu terus berusaha mengedukasi masyarakat dengan seringnya mengadakan pelatihan-pelatihan blog untuk pelajar, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), guru, dan mahasiswa. Agar mereka bisa memanfaatkan waktu luang mereka untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan juga orang lain. 

Kami juga sering bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia karena BUMN tersebut komitmen untuk menyediakan akses internet untuk edukasi. Sehingga berbagai pelatihan pembuatan blog tidak akan terganggu saat pelatihan pembuatan blog.

Situs jual beli logo, font, template dan lain-lain

Youtuber dan Industri Digital Kreatif 
Selain blog, kami juga memberitahukan kepada masyarakat luas bahwa dengan akses internet kita bisa mendapatkan penghasilan utama atau tambahan melalui berbagai cara, seperti membuat video Youtube yang menarik dan bermanfaat, membuat logo, template, font, dan gambar yang menarik untuk diperjualbelikan ke situs-situs marketplace yang menjual hal tersebut. 

Hobi fotografi dan videografi pun bisa menjadikan ladang penghasilan. Caranya foto dan video yang berkualitas dan menarik dibagikan ke situs-situs jual beli foto dan video. Jika ada orang yang membutuhkan baik dari dalam maupun dari luar negeri maka kita bisa menjualnya dan penghasilannya cukup lumayan tinggi untuk ukuran orang Indonesia.

Video Blog
Saat ini di Indonesia sedang tren vlog atau Video Blog, dimana blogger tidak melulu membuat tulisan untuk dipublikasikan di blog tetapi membuat video yang menarik kemudian dipublikasikan di Youtube dan dibagikan di blog. Kini banyak seleb blog yang membuat vlog dan dijadikan ajang promosi dari para brand-brand ternama. 

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga berbagai passion yang dimiliki oleh seseorang menjadi lahan untuk mendapatkan penghasilan termasuk bagi mereka yang senang dengan dunia lukis baik lukis biasa atau digital. Banyak pelukis yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produk lukisannya tersebut. 

Selain itu ada juga anak-anak muda yang mempunyai keahlian dan ketrampilan dalam membuat aplikasi dengan membuat startup atau menerima pesanan aplikasi yang diinginkan oleh institusi atau orang lain. Sehingga dari membuat aplikasi tersebut mereka bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan. 

Bagi penggemar game, tentu mereka banyak yang menyukai game secara online. Karena selain bisa berinteraksi dengan teman juga akan lebih seru dalam memainkannya. Game online juga sudah menjadi ladang untuk menghasilkan uang dengan cara menjual cheat, menjual koin dan lain sebagainya. 

Game juga menjadi lahan yang basah bagi mereka developer atau pembuat game. Game yang banyak digunakan atau didownload oleh para pengguna gadget menjadi pundi-pundi penghasilan bagi developer dari iklan, dari game yang berbayar atau gamenya dijual ke instutusi lain dengan harga yang tinggi. 

Online Marketer 
Jika Anda mempunyai produk atau jasa maka kami ajak mereka untuk memperkenalkan produk atau jasanya menggunakan media sosial atau blog. Tetapi bagi yang tidak memiliki produk atau jasa, bisa menghasilkan sesuatu dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. 

Kemampuan dan ketrampilan dalam memasarkan produk atau jasa itu yang membuat mereka mendapatkan penghasilan. Berbagai cara perlu dilakukan agar produk dan jasanya menarik untuk digunakan oleh orang lain. Selain menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) di blog juga menggunakan kata dan gambar yang menarik sehingga pembeli atau konsumen tertarik. 

Transaksi dan Belanja Online 
Perkembangan teknologi yang cepat membuat orang semakin terbantu dengan adanya internet. Kalau dulu untuk mengecek saldo, dan transfer harus datang ke Bank. Kini dengan kemajuan teknologi aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan SMS Banking atau Internet Banking. 

Pengguna gadget bisa melakukannya saat sedang dalam perjalanan, di rumah atau di mana saja. Tidak harus antri di Bank atau ATM saat akan transfer atau mengecek saldo rekening. Apalagi saat musim hujan mereka cukup membuka gadget atau laptop untuk melakukan transaksi secara online. 

Cara mengaktifkan TCASH

Telkomsel juga memiliki layanan uang elektronik mobile yang bernama T-Cash, layanan uang elektronik ini sudah mendapatkan lisensi resmi dari Bank Indonesia. Layanan TCASH dapat digunakan untuk membayar tagihan, berbelanja, transfer uang, dan masih banyak lagi lainnya. 

Semula layanan ini menggunakan SMS, tetapi kini sudah menggunakan teknologi NFC terbaru, dengan menempelkan stiket TCASH yang bisa didapatkan di galeri-galeri Telkomsel terdekat kemudian tempelkan pada mesin EDC TCASH Tap maka Anda bisa melakukan pembayaran di berbagai tempat makan, mini market, supermarket, hotel dan tempat lainnya.

Belanja secara online


Begitu juga dengan aktivitas belanja, kalau selama ini banyak orang yang belanja harus pergi ke pasar, mini market atau supermarket. Kini belanja cukup dari dalam rumah atau saat berada di perjalanan dengan menggunakan cara belanja online. 

Pengguna gadget cukup menggunakan akses internet mencari barang yang diinginkan melalui toko online pilihan, kemudian pilih dan melakukan pembayaran. Dalam waktu beberapa hari barang yang diinginkan sudah datang. Bahkan di beberapa kota besar barang bisa sampai di tujuan pada hari yang sama menggunakan pengiriman cepat berbasis aplikasi. 


Perpustakaan dan Belajar Online 
Belajar kini tidak harus di kelas, tetapi bisa dimana saja kapan saja. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan soal online. Saat ini saya sering memberikan soal online untuk murid-murid saya. Dengan soal online ini mereka bisa menggunakan komputer atau laptop yang mereka miliki, atau menggunakan gadget yang mereka gunakan. 

Dengan cara ini mereka bisa memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif. Tidak hanya untuk mengakses media sosial atau aplikasi perpesanan untuk saling perang komentar atau membuka situs-situs tidak layak tonton untuk kalangan anak-anak atau remaja. 

Telkom juga tidak hanya menyediakan akses telekomunikasi dan internet tetapi juga membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa bukan hanya untuk pelajar tetapi juga gurunya melalui berbagai cara seperti beberapa waktu yang lalu saya mengikuti program IDL (Indonesia Digital Learning) di Jakarta.


Program IDL ini digelar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Jogjakarta, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Bandung untuk guru-guru di seluruh Indonesia. Dengan IDL ini diharapkan guru-guru di Indonesia melek TI (Teknologi Informasi) sehingga tidak kalah dengan guru-guru yang ada di level ASEAN atau dunia. 

Selain program IDL, Telkom juga memberikan akses publik dengan akses Wi-Fi gratis dan membaca buku secara gratis melalui layanan yang bernama PaDi (Pustaka Digital). PaDi merupakan layanan perpusatakaan secara online yang tersebar di beberapa tempat seperti Wi-Fi Corner yang terdapat di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. 

Situs Guru Pembelajar

Luasnya wilayah Indonesia dan terbatasnya dana untuk pelatihan guru, maka Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia, Tbk membuat inovasi dengan membuat situs Guru Pembelajar. 

Di situs ini, guru bisa belajar dan berinteraksi dengan para mentornya untuk mempelajari berbagai modul yang berhubungan dengan profesinya sebagai tenaga pendidik dan kependidikan dan juga materi yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didiknya. 

Berbagai inovasi dari Telkom ini diharapkan bisa bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat Indonesia. Agar mereka mewujudkan Indonesia yang semakin digital tetapi tanpa melupakan akar budaya, istiadat dan karakternya.

12 komentar for Telkom Mewujudkan Indonesia Semakin Digital :

  1. Keren nih blog dan vlog nya, inspiratif bgt untuk saya dalami lg dunia bl0g dn vlognya. Pake speedy cepet ya pak koneksi internetnya. Maklum sy di pedalaman pengen nyoba pake speedy dr telkom ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepet kalo pake speedy yang di pedalaman sekarang khan ada Telkomsel yang bisa digunakan untuk modem untuk internetan

      Hapus
  2. emang sih telkomsel paling jago dimanapun, di tempat tinggal saya juga begitu, tetapi masalahnya cuma satu, paketannya masih tergolong mahal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih masukannya semoga pihak Telkomsel bisa mendengar masukan darimu

      Hapus
  3. Semangat kang Didno..terus lanjutkan...jadikan Internet ini bermanfaat buat semua orang...ubah mindset internet itu negativ ....jadikan internet positiv dan bermanfaat.

    Good luck....
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kang Rong... Insya Allah saya tetap semangat berbagi pengetahuan dan pengalaman saya melalui blog

      Hapus
  4. Sangat inspiratif kang. Semua serba internet dan Akang telah memberikan solusi terbaik untuk ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi orang lain

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam