Hum Rider, Mobil Canggih Yang Bisa Mengatasi Kemacetan

Rabu, 22 Maret 2017
Mobil Hum Rider yang bisa mengatasi kemacetan (Gambar Youtube Hum Rider)

Kalau Anda berada di jalanan kota besar tentu sudah tidak aneh dengan yang namanya kemacetan. Apalagi kota besar Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan kota lainnya yang hampir setiap hari merasakan yang namanya macet. 


Berbagai solusi dibuat oleh pemerintah dari membuat jalur khusus seperti busway, membuat kereta bawah tanah, membuat monorel dan masih banyak lagi cara yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi kemacetan. 

Tapi apa yang dilakukan perusahaan asal Amerika Serikat Verizon ini berbeda yakni dengan membuat sebuah mobil SUV yang dilengkapi dengan lift hidrolik untuk membiarkan roda kendaraan tetap menggelinding tepat di atas mobil yang sedang mengalami kemacetan. 

Verizon baru-baru ini baru saja memamerkan apa yang dianggapnya adalah solusi untuk mengatasi kembaceta. Dengan menekan switch yang ada di dashboard mobil Hum Rider menjulang tinggi di atas kendaraan lainnya, dan membuat kendaraan ini tetap melaju di tengah kemacetan. 

Pengendara tidak perlu khawatir karena kendaraan ini bisa dengan mudah naik dan turun. Sehingga ketika ada jembatan penyeberangan yang lebih tinggi maka lift hidrolik kendaraan ini bisa langsung diturun lagi dengan cepat. 

Kendaraan ini memiliki kamera CCTV yang terhubung di depan kendaraan agar bisa mengamati kendaraan yang dilintasinya sehingga tidak mengakibatkan kecelakaan atau menabrak kendaraan lain yang ada di bawahnya. 

Tapi sayang kendaraan dengan lift hidrolik ini diperuntukkan bukan untuk konsumsi pribadi melainkan untuk promosi Verizon Hum, sebuah perangkat pintar yang terhubung ke mobil Anda melalui port OBD (On Board Diagnostic). 

Ketika terhubung, Hum memberikan penggunanya tool atau alat diagnostik, perangkat ini memiliki kemampuan untuk menghubungi layanan lalulintas dan juga berfungsi melacak mobil Anda jika dicuri. Semua ini sangat bermanfaat terutama dalam mengatasi permasalahan lalu lintas di perkotaan. 

Tapi kalau ini diterapkan di Indonesia sepertinya bisa berjalan dengan baik, pasalnya pada saat jalanan macet, semua kendaraan berebut jalan untuk saling mendahului. Pengguna jalan raya tidak tertib saat kondisi macet tidak seperti di negera-negara tertentu yang penggunanya sudah sadar lalu lintas tidak saling mendahului. 

Ini merupakan solusi bagi polisi dan layanan jalan raya atau jalan tol saat kendaraan tidak bisa melintas karena kondisi macet parah. 

0 komentar:

Posting Komentar test