Aplikasi Ini Pernah Jadi Raja Tapi Kini Sudah Tiada

Senin, 21 Agustus 2017
CD,  disket dan flashdisk (Gambar PCPlus.co.id)

Bagi pengguna komputer atau laptop sekarang tentu sangat akrab dengan berbagai aplikasi seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, 7-Zip, dan Mozilla Firefox. Perangkat lunak tersebut adalah perangkat lunak yang mengikuti perubahan zaman. 

Perangkat lunak tersebut masih dijumpai hingga saat ini, tetapi ada beberapa perangkat lunak yang dulunya dianggap sebagai "Raja” karena banyak digunakan dan juga popularitasnya. Tapi kini tidak lagi terdengar malahan sebagian diantaranya sudah tidak diproduksi lagi.

Berikut ini beberapa perangkat lunak yang dulu jadi raja tetapi kini sudah tiada : 

    Wordstar (Gambar PCPlus.co.id)
  1. Wordstar. Wordstar adalah sebuah pengolah kata yang sangat populer pada tahun 1980-an hingga awal 1990-an. Wordstar sering diajarkan di tempat kursus komputer atau kegiatan ekstrakurikuler sekolah. WS singkatan yang familiar untuk Wordstar dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama MicroPro Internasional. Perusahaan tersebut dipimpin oleh seorang pengusaha bernama Seymour Rubenstein. Wordstar dikembangkan agar bisa berjalan di atas sistem operasi DOS. WS mempunyai kemampuan Mail Merge memungkinkan penggunanya untuk mencetak undangan dalam jumlah banyak tanpa harus menyunting nama dan alamat penerima secara manual. Sayangnya WS mulai redup pada awal 1990-an karena hal teknis seperti tidak berjalan di platform IBM PC, dan juga karena nepotisme di perusahaan tersebut. 
  2. Lotus 1-2-3 (Gambar PCPlus.co.id)
  3. Lotus 1-2-3. Lotus 1-2-3 merupakan pasangan tidak resmi dari Wordstar. Meski diproduksi oleh perusahaan berbeda tetapi biasanya Wordstar dan Lotus 1-2-3 biasanya dipaketkan menjadi satu. Lotus 1-2-3 merupakan perangkat lunak spreadsheet seperti halnya Microsoft Excel atau LibreOffice Calc. Nama Lotus sendiri merupakan nama dari perusahaan yang memproduksi Lotus 1-2-3 sedangkan angkat 1-2-3 menunjukkan aplikasi pengolahan angkat dalam bentuk spreadsheet yang juga digunakan sebagai database dan pembuat chart atau grafik. Lotus sendiri akhirnya diakuisisi oleh IBM dan Lotus 1-2-3 menjadi anggota dari paket Lotus Suite bersama dBase dan Word Perfect. Tetapi di tahun 1990-an Microsoft sebagai pengembang Windows membuat aplikasi spreadsheet yakni Word dan Excel dengan tampilan grafis yang lebih baik maka Lotus 1-2-3 pun semakin tenggelam. 
  4. Microsoft Encarta (Gambar PCplus.co.id) 
  5. Microsoft Encarta. Micfosoft pun pernah gagal dalam pengembangan perangkat lunak, salah satunya adalah Microsoft Encarta. Microsoft Encarta sendiri adalah ensiklopedia digital yang diwujudkan dalam bentuk perangkat lunak multimedia interaktif yang tersedia dalam 2 – 4 keping VCD. Perangkat lunak ini berisi sekitar 62 artikel lengkap dengan foto, gambar ilustrasi, musik dan video klip, konten kreatif, peta dan lain sebagainya. Perangkat lunak ini semakin kurang diminati sejak internet mudah diakses dimana saja, terlebih setelah ada situs Wikipedia. 
Itulah beberapa perangkat lunak yang dulunya menjadi raja kini sudah tiada dan berganti dengan yang lebih baru yang lebih cepat, lebih baik dan lebih mudah digunakan, seperti dikutip dari PCPlus.co.id (20/08/20167).

0 komentar:

Posting Komentar test