Membedah Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus GX501

Minggu, 20 Agustus 2017
ASUS ROG Zephyrus GX501 (Dok. Pribadi)

Kalau membuka CPU komputer, saya sudah sering dilakukan tetapi membuka notebook atau laptop yang biasa digunakan oleh para konten creator, dan juga gamer selama ini belum pernah dilakukan. Baru kali ini saya mendapat kesempatan langka untuk membongkar laptop gaming seharga motor sport ini. 

Laptop gaming yang dibedah pada kesempatan ini, tidak tanggung-tanggung merupakan salah satu produk terbaru yang diluncurkan oleh ASUS di ajang The Edge Of Beyond tanggal 15 Agustus 2017 lalu di Pullman Hotel Central Park Jakarta.
Laptop gaming tertipis di dunia (Dok. Pribadi)

Laptop gaming tersebut adalah ASUS ROG Zephyrus GX501 yang merupakan salah satu laptop paling tipis di dunia. ASUS ROG Zephyrus GX501 memiliki ketebalannya hanya 1,69mm, dan beratnya hanya 2,2kg yang tetap ringan dipegang dengan satu tangan sekalipun. 
ASUS ROG Zephyrus GX501 terlihat gahar (Dok. Pribadi)
ASUS ROG Zephyrus GX501 memiliki spesifikasi yang bisa dibilang gahar untuk laptop gaming yakni menggunakan prosesor Intel Core i7-7700HQ, dengan GPU NVidia GeForce GTX1080 8GB sudah bisa digunakan untuk Virtual Reality. Sementara itu RAMnya memiliki kemampuan 24GB DDR4, dan penyimpanan 1TB. 
Layar ASUS ROG Zephyrus GX501 (Dok. Pribadi)
Layar dari ASUS ROG Zephyrus GX501 sudah menggunakan layar Full HD anti gores dengan resolusi 1920x1080 piksel yang membuat tampilan gambar lebih jernih dan tidak terlihat lag atau jeda saat digunakan untuk memainkan game 3D kesukaan saya yakni PES 2016 atau kerjaan dengan grafis yang berat seperti mengedit video atau musik. 
Laptop gaming dipegang satu tangan bak ultrabook (Dok. Pribadi)
Bahan yang digunakan untuk membungkus berbagai komponen di dalamnya, laptop ini sudah menggunakan bahan yang sangat kokoh yakni menggunakan bahan alumunium alloy yang kuat dan kokoh tapi tetap terlihat elegan layaknya ultrabook. 
Ruang pembangunan panas (Dok. Pribadi)
Laptop ini telah diujicoba oleh Divisi Reserch and Development dan ternyata memiliki kemampuan tidak cepat panas. Karena menggunakan 71 baling-baling kipas dengan bahan yang dikritalisasi menggunakan teknologi Active Aero System yang bisa mampu meredam panas. Saat cover laptop dibuka LID cover otomatis terangkat ke atas sehingga bagian bawah laptop ini menciptakan ruang pembuangan panas sebesar 6mm yang terlihat keren dan futuristik. 
Port Thunderbolt 3 (Dok. Pribadi)
Selain itu laptop ini mampu mentransfer data dengan cepat, karena menggunakan technology thunderbolt 3 yang dapat mentransfer data dengan kecepatan 20Gbit/s. Teknologi ini tentu lebih baik dari USB Type C atau yang lainnya. 
Keyboard ASUS ROG Zephyrus GX501 (Dok. Pribadi)
Fitur lain yang menarik adalah keyboard yang nyaman. Laptop gaming ini memiliki fitur travel distance keyboard 1,4mm yang membuat keyboard ini nyaman saat digunakan. Bahkan untuk kenyamanan lain ASUS ROG Zephyrus menggunakan tombol Esc dan F1 dengan jarak yang lebih jauh dari laptop biasa untuk menghindari keluar secara tiba-tiba. Selain itu keyboardnya bisa menyala saat digunakan pada kondisi minim cahaya. 
Speaker ASUS ROG Zephyrus GX501 (dok. Pribadi)
Laptop gaming tidak terlihat keren kalau tidak didukung dengan sound yang jernih dan menggelegar. ASUS ROG Zephyrus sudah menggunakan speaker Built-in Stereo 2 W Speakers untuk suara maksimal saat bermain game atau mendengarkan musik dan film, dan menggunakan Array Microphone yang dapat digunakan untuk merekam suara dan sudah mendukung Windows 10 Cortana dengan Voice dan ASUS Sonic Studio. 
Touchpad dan Numpad (Dok. Pribadi)

ASUS ROG Zephyrus memiliki touchpad yang juga sekaligus numpad (angka pada pad) sehingga saat digunakan mengetik angka-angka pada laptop ini pengguna tetap bisa melakukan aktivitas tersebut dengan nyaman dengan hanya menekan tombol khusus di atasnya. 

Untuk menjawab penasaran saya akhirnya membedah jeroan dari ASUS ROG Zephyrus GX501. Ini dia jeroan ASUS ROG Zephyrus GX501 : 
Casing ASUS ROG Zephyrus GX501 yang kokoh (Dok. Pribadi)

Bodi yang kokoh 
Bodi dari ASUS ROG Zephyrus GX501 menggunakan bahan alumunium alloy, kami belum percaya sebelum merasakan sendiri dan mencoba untuk menekuk-nekukkan casing dari laptop yang sudah dibuka tersebut. Ternyata casing dari laptop kembali ke posisi semula tidak mengalami kerusakan atau apalagi patah. 

Baling-baling ASUS ROG Zephyrus GX501 (Dok. Pribadi)
Laptop Bebas Panas 
Laptop ini memiliki 5 heatpipe yang melewati CPU dan GPU yang mampu meredam panas dengan cepat saat full loading. Selain itu ada 71 baling-baling kipas pada tiap fan-nya yang terbuat dari bahan polikarbonat yang dikristalisasi. 
Prosesor dan GPU ASUS ASUS ROG Zephyrus GX501 (Dok. Pribadi)

Prosesor dan RAM Besar 
Laptop ini menggunakan prosesor terbaru yakni intel Core i7 i7-7700HQ, dengan GPU NVidia GeForce GTX1080 8GB dengan RAM 24GB DDR4, dan penyimpanan 1TB sehingga pengguna laptop ini bisa leluasa menyimpan data atau mengunduh game, film, lagu atau file apapun ke dalam laptop ini. 
Baterai ASUS ROG Zephyrus GX501 (Dok. Pribadi)
Baterai 
Laptop gaming ini menggunakan baterai berukuran sangat tipis mengikuti bentuk laptopnya. Baterainya menggunakan baterai jenis Lithium polymer dengan kapasitas 3255mAh yang cukup besar untuk menjalankan berbagai aktivitas para kreator. 



Itulah jeroan dari laptop gaming tertipis di dunia ASUS ROG Zephyrus ROG GX501 yang dibanderol dengan harga Rp.50.299.000,- dengan garansi selama 2 tahun dari ASUS Indonesia.

12 komentar for Membedah Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus GX501 :

  1. Speechless...
    Amazing bgt ada leppy gaming setipis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengen ya mba punya laptop dengan spek gahar untuk main game

      Hapus
  2. Tipis dan cukup ringan untuk notebook gaming, saya suka :)

    BalasHapus
  3. Baru ini tau ada laptop gaming tipis :D

    Bagian bawahnya bisa ngebuka pula :o
    Buat ngakalin ketebalannya itu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian bawah terangkat secara otomatis agar aliran angin berjalan dengan sempurna sehingga laptop tetap dingin tidak cepat panas

      Hapus
  4. Dulu.. laptop gaming terkenal gendut.. sekarang bisa tipis begini? Wow 😯

    BalasHapus
  5. Uwow keren laptopnya ... Pinjam dong

    BalasHapus
  6. Laptop gaMing biasanya berat dan gede ya, ini mah bisa ditenteng 1 tangan gitu. Keren ah

    BalasHapus
  7. iya ini mah beda laptop gamingnya bisa dibawa dengan satu tangan gak berat seperti yang lainnya

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam