Google Luncurkan Browser Hemat Kuota di Indonesia

Kamis, 07 Desember 2017
Google Go (Gambar Play.Google.com)

Google baru saja meluncurkan Google Go, yakni browser versi sederhana dari aplikasi Penelusuran Google yang dirancang terutama untuk edisi perangkat Android Go. Aplikasi Google Go saat ini hanya dirilis di Indonesia dan India saja. 

Google Go dirancang untuk mempermudah penelusuran dan kemudahan bagi mereka yang menggunakan koneksi lambat atau baru mengenal internet. Dengan membuka aplikasi ini pengguna bisa melakukan pencarian, pencarian suara, mencari gambar, mencari GIF, video, terjemahan dan lain sebagainya. 

Pengguna juga dapat menempatkan jalan pintas untuk layanan favorit pada aplikasi ini dan pengguna juga dapat memilih dari daftar yang banyak. Jika Anda memiliki aplikasi untuk layanan yang hanya mengetuk ikonnya, dan akan membawa Anda menuju situsnya. 

Aplikasi ini juga dirancang untuk mencari dua bahasa sekaligus dan dengan sekali tekan Anda dapat menukar hasil pencarian di antara kedua bahasa tersebut. Aplikasi ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki smartphone berkapasitas memori rendah antara 512MB hingga 1GB dan jaringan internet 2G, seperti dikutip dari GSMarena.com (05/12/2017). 

File Go (Gambar Play.Google.com)

Selain itu, Google juga mengumumkan File Go, yang didesain untuk mempermudah pengguna mengatur dan membersihkan penyimpanan file pada smartphone yang digunakannya. Dengan Files Go, pengguna bisa menghapus file dan menambah kapasitas penyimpanan smartphone. 

Files Go sendiri akan berjalan secara otomatis merekomendasikan file yang bisa dihapus dari smartphone yang digunakannya, seperti aplikasi yang sudah lama tidak digunakan, foto-foto yang sama dan dan terulang, atau video dengan resolusi rendah. 

Tapi jika pengguna masih ragu saat menghapus file, pengguna bisa mencadangkan file tersebut di aplikasi penyimpanan komputasi awan (cloud) milik Google yakni Google Drive. Fitur Files Go juga bisa melakukan transfer file jarak dekat tanpa menggunakan kuota internet, tetapi tidak juga menggunakan Bluetooth. Proses transfer file tersebut terenkripsi dengan kecepatan hingga 125 Mbps tanpa kuota internet. 

Aplikasi hemat kuota ini sudah dapat diunduh di toko aplikasi Android Play Store. Kedua aplikasi ini kompatibel dengan smartphone Android dengan sistem operasi Andorid 5.0 Lollipop atau yang lebih baru.

0 komentar:

Posting Komentar test