Ini Tren Smartphone Tahun 2017 Bagaimana Tren Smartphone 2018?

Rabu, 20 Desember 2017

Samsung Galaxy S8 (Gambar Samsung.com)

Selama tahun 2017, ratusan bahkan ribuan model smartphone beredar di pasaran tanah air dan dunia. Dari sekian banyak model yang dipasarkan tersebut ada hal yang menarik, tidak hanya fiturnya saja tetapi dalam hal-hal lain yang ternyata menarik calon konsumen untuk memilikinya. 


Dari pantauan kami selama tahun 2017 ada beberapa tren yang pada tahun 2016 lalu belum muncul atau sudah ada tetapi belum ramai digunakan tetapi di tahun 2017 sangat ramai digunakan para vendor dan berhasil menarik konsumen untuk memilikinya.  

Berikut tren smartphone tahun 2017 :

Layar 18:9. Layar yang memiliki perbandingan 18:9 selama tahun 2017 banyak digunakan oleh berbagai vendor. Pelopor dari perangkat yang menggunakan layar 18:9 ini adalah vendor besar seperti Samsung. Tetapi kemudian diikuti oleh vendor-vendor lain karena dengan layar ini pengguna lebih nyaman dipegang dan nyaman saat digunakan. Tahun 2018 diprediksi semakin banyak vendor yang menggunakan layar 18:9.

Warna smartphone (Dok. Pribadi)

Warna Smartphone. Kalau di tahun 2016 warna smartphone yang paling digemari hanya ada empat warna yakni hitam, silver, abu-abu dan gold. Di tahun 2017 banyak warna-warna cerah dan unik banyak diminati oleh penggunanya. Warna tersebut adalah merah marun, pink (merah muda), biru, oranye, kuning dan hijau. Warna-warna cerah banyak diminati oleh para pengguna milenial atau anak muda yang ingin tampil beda. Sedangkan warna-warna kalem dan elegan banyak diminati oleh kalangan dewasa. 
Kamera Belakang Ganda (Dok. Pribadi)

Kamera Belakang Ganda dengan Wide Angle. Kamera belakang tunggal kini mulai tergantikan dengan kamera belakang ganda. Kamera ganda ini banyak digunakan untuk mereka yang hobi fotografi atau sekedar have fun saja. Tahun 2017 banyak vendor smartphone yang mengeluarkan produknya dengan kamera ganda. Selain itu kamera belakangnya juga banyak yang sudah menerapkan wide angle 120 derajat sehingga hasil fotonya terlihat lebih lebar dan luas. Tahun 2018 diperkirakan smartphone dengan kamera ganda masih ramai bahkan diprediksi kamera triple atau tiga. 

Kamera depan ganda (Dok. Pribadi)

Kamera depan ganda dengan Wide Angle. Selain kamera belakang ganda dengan wide angle, di tahun 2017 juga tren kamera depan ganda mulai banyak disematkan pada perangkat smartphone terbaru. Pasalnya berdasarkan survei lebih dari 60 persen pengguna smartphone di Indonesia dan dunia menyukai swafoto atau foto selfie. Dengan adanya kamera depan ganda dengan wide angle yang besar maka hasil swafoto atau selfie dan wefie akan terlihat lebih menarik dan lebih banyak orang yang bisa diambil dalam fotonya. Di tahun 2018 kamera depan ganda diprediksi semakin banyak vendor yang menggunakannya. 
Sensor Sidik Jari (Dok. Pribadi)

Sensor Sidik Jari. Sensor keamanan pada smartphone ini sudah ada sejak tahun 2013 lalu dan tahun 2017 ini menjadi tren bahkan diprediksi smartphone baru yang sudah menyematkan sensor sidik jari tercatat lebih dari 58 persen. Walaupun pada kenyataannya banyak pengguna yang enggan menggunakan sensor sidik jari karena terkesan lebih ribet dibandingkan dengan PIN atau pola.

Baterai Kapasitas Besar dan Pengisian Cepat. Di tahun 2017 baterai yang disematkan rata-rata berkapasitas besar lebih dari 3.000mAh bahkan beberapa smartphone sudah menggunakan baterai 5000mAh yang membuatnya bisa bertahan selama seharian tanpa mengisi ulang smartphone. Tahun 2018 diprediksi menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh dan menggunakan fast charging atau pengisian cepat. 

Itulah beberapa tren smartphone pada tahun 2017, kita akan lihat di tahun 2018 tren apa yang akan muncul dan mendominasi. 

0 komentar:

Posting Komentar test