ASUS X550IK Laptop Gaming Yang Harganya Gak Bikin Merinding

Kamis, 11 Januari 2018
Anak ku dengan laptop dan perangkat gamingnya (Dok. Pribadi)

Saat liburan kemarin saya mengunjungi kedua anak saya yang tinggal berjauhan dengan saya, mereka berdua sekolah di Jombang sementara saya sendiri di Indramayu. Saat-saat berkumpul bersama secara langsung biasanya hanya pada saat liburan sekolah. Pada saat itulah waktu yang paling tepat antara orang tua berbicara permasalahan, atau keinginan anak ke orang tua dari hati ke hati. 

Salah satu anak yang diajak bicara tersebut adalah anak laki-laki saya yang bernama Adnan. Dia mulai menceritakan banyak hal dari masalah sekolah, prestasi di kelas hingga cita-cita dia setelah lulus dari MTs (Setingkat SMP). 

Ayah… sebentar lagi kaka mau Ujian Nasional dan kalo lulus MTs (Madrasah Tsanawiyah) kaka mau lanjut ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia, kaka pengen laptop yang bisa mengerjakan tugas-tugas terutama yang berhubungan dengan grafik yang bagus sehingga saat mengedit gambar atau video laptop yang kaka gunakan tidak ngelag lagi. 

Kaka juga sedang belajar ngedit foto atau gambar menggunakan photoshop tetapi laptop yang sekarang dipake sering ngelag. Apalagi saat digunakan ngedit video menggunakan Adobe Premier Pro butuh waktu lama hingga berjam-jam saat rendering. Padahal pengen cepet-cepet diunggah ke Youtube biar penghasilan Youtube kaka tambah banyak. 

Kaka juga butuh laptop yang bisa diajak bermaen game berat baik secara online atau offline. Karena kaka pengen buat tutorial-tutorial game yang sering kaka mainkan untuk diunggah ke Youtube atau buat siaran langsung di Youtube. 

Mendengar keinginan anak laki-laki tersebut, sebagai orang tua tentu kepikiran dan ingin sekali mewujudkannya. Lalu saya pun menjawab “Harga laptop dengan spesifikasi yang diinginkan oleh kaka biasanya dibanderol dengan harga selangit rata-rata di atas 13 jutaan bahkan lebih dari itu”. 

Tapi si kaka langsung memberi tahu bahwa sekarang ada laptop gaming yang harganya di bawah 10 jutaan dan memiliki spesifikasi yang bisa diandalkan untuk main game berat, mengedit gambar dan membuat dan mengedit video dan bisa dibeli kalo ayah dapat uang tunjangan sertifikasi guru, nama laptop tersebut ASUS X550IK”. 

“Emang kaka tau spesifikasi dari laptop gaming ASUS X550IK?”, Dia pun langsung menjawab “kaka tahu karena sering browsing di internet dan spesifikasinya keren banget loh yah”. Maklum kids zaman now terkadang lebih tahu anaknya dibandingkan dengan orang tuanya. Ini loh spesifikasi laptop gaming ASUS X550IK : 

ASUS X550IK (Gambar Pribadi)

Prosesor AMD dan Grafis AMD Radeon RX560 
ASUS X550IK merupakan laptop ASUS yang menggunakan prosesor AMD FX yakni AMD FX-9830P yang merupakan prosesor seri paling tinggi pada jajaran prosesor AMD APU Mobile yang mumpuni dalam hal performance dan multi-tasking. 

Selain itu laptop besutan ASUS ini sudah menggunakan komponen kartu grafis yang baru yakni menggunakan AMD Radeon RX560 sangat cocok untuk laptop kaka yang hobi bermain game dan edit foto dan video. 

Prosesor AMD FX9830P dan RAM 8GB (Gambar Pribadi)

RAM Besar Penyimpanan Lega dan Lebih Hemat Daya 
Laptop yang diinginkan oleh kaka adalah kinerja prosesornya yang cepat, dan ASUS X550IK telah membenamkan RAM berkapasitas 8GB yang bisa ditambah hingga 16GB. RAM-nya merupakan jenis DDR4 2133MHz yang menawarkan performa jauh lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih efisien. 

Selain itu laptop ASUS Z550IK memiliki penyimpanan yang lapang yakni sebesar 1TB sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file, gambar, dan video lebih banyak. Laptop ini juga sangat cocok untuk kaka yang menginginkan RAM besar, dan penyimpanan lapang agar laptop tidak keseringan ngelag, lebih leluasa menyimpan file dan tidak sering ngecas.

Layar 15,6 inci (Gambar Pribadi)

Desain Minimalis 
Laptop untuk gamer biasanya berukuran besar tetapi laptop yang satu ini memiliki bobot yang lebih ringan dan dapat dibawa kemana-mana oleh kaka termasuk ke sekolah sehingga sangat cocok dengan kebutuhan kaka yang senang gambar grafis atau bermain game. 

Apalagi laptop ini memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel sehingga gambar yang dihasilkan lebih besar dari laptop biasa. Selain itu laptop ini dirancang dengan bodi yang cukup ringan yakni 2,45kg. Sehingga para gamer yang hobi bemain game secara nomaden alias berpindah-pindah tempat dapat menggunakan perangkat ini dimana pun kapanpun.
Touchpad luas pada ASUS X550IK (Gambar Pribadi)

Touchpad yang luas 
Biasanya saat memainkan game menggunakan controller tetapi laptop ASUS X550IK memiliki touchpad yang luas yang dilengkapi input multi-touch dan Smart Gesture untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas walaupun tanpa menggunakan bantuan mouse. 

Tidak hanya itu, fitur IceCool Technology-nya juga membuat laptop ini tetap dingin walaupun digunakan selama berjam-jam. Sangat cocok untuk kaka yang sering menggunakan laptop selama berjam-jam dan tetap nyaman karena tidak takut laptopnya overheating. 

Speaker Menggelegar 
Kaka pengen punya laptop gaming yang tidak hanya speknya yang bagus tetapi juga speaker yang menggelegar, dan ASUS X550IK sudah menerapkan teknologi SonicMasternya yang membuat laptop keluaran terbaru dari ASUS memiliki suara yang jernih dan menggelegar. 

Laptop ini sangat cocok untuk kaka yang suka mendengarkan lagu, bermain game online/offline, atau menonton video Youtube dengan suara laptop yang keras dan jernih tetapi tidak memekakkan gendang telinga.

DVD Super-Multi pada ASUS X550IK (Gambar Pribadi)

Konektivitas dan Fitur Lengkap 
Laptop ini sudah dilengkapi berbagai fitur seperti kamera VGA pada bagian depan untuk video call atau streaming, dilengkapi pula dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, VGA port/Mini D-sub 15-pin untuk monitor eksternal, 3 port USB 3.0, 1 port USB 2.0, Jack RJ45 dan HDMI sehingga bisa dihubungkan dengan perangkat lain apa pun jenisnya. 

Laptop ASUS ini memiliki kelebihan berupa fitur Instant On yakni fitur menyalakan laptop dari Sleep Mode ke mode standby hanya dalam waktu 0,2 detik sehingga memudahkan kaka dalam menyalakan laptop karena tidak butuh waktu lama. Selain itu laptop ini sudah dilengkapi dengan DVD Super-Multi yang dapat digunakan untuk memutar film dalam bentuk DVD.

Baterai berkapasitas besar (Gambar Pribadi)

Baterai Tahan Lebih Lama 
Kaka menginginkan laptop yang memiliki baterai yang tahan lama dan ASUS X550IK memiliki kapasitas baterai 4 Cell 44 Whrs. Sehingga saat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, memainkan game, ngedit foto atau gambar, edit video tidak cepat diisi ulang. 

Harga Terjangkau dan Garansi 2 Tahun 
Kalau dibandingkan dengan laptop game yang lain, harga laptop ASUS Z550IK dibanderol dengan harga yang gak bikin merinding yakni hanya Rp.10.299.000,- . Maka tidak heran jika laptop ini dinobatkan sebagai laptop gaming entry level untuk siapa saja dan kapan saja. 

Kelebihan lainnya ASUS memberikan garansi selama 2 tahun kepada konsumen di seluruh Indonesia yang memiliki laptop ASUS X550IK. Sehingga ayah tidak usah khawatir kalau laptop ini rusak karena garansinya lebih lama. Semoga ayah bisa membeli atau mendapatkan laptop gaming untuk kaka, demikian doa anak saya sebelum saya kembali ke Indramayu. 

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com.

2 komentar for ASUS X550IK Laptop Gaming Yang Harganya Gak Bikin Merinding :

  1. Samaan nih kang dengan anak sulungku, penginnya ngelanjutin ke SMK multimedia selepas SMP nanti.

    Terima kasih sudah berkenan ikut serta blog competition ASUS AMD Laptop For Everyone. Good luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai orang tua yang penting mengarahkan dan mendukung agar anak sesuai dengan passionnya

      Hapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam