Oct 18, 2010

Memanfaatkan Jejaring Sosial Untuk Kemajuan Indonesia

Memanfaatkan Jejaring Sosial Untuk Kemajuan Indonesia



Beberapa tahun terakhir ini Indonesia dibuat heboh dengan mewabahnya situs-situs jejaring sosial dunia seperti koprol, myspace, friendster, twitter, foursqure atau facebook. Masyarakat Indonesia begitu demam dengan jejaring sosial ini. Dari anak-anak hingga orang tua begitu antusias dan ketagihan. Hampir setiap hari kita membuka jejaring sosial tersebut walaupun hanya untuk sekedar membaca update status orang lain. Serasa ada yang belum pas bila belum buka salah satu jejaring sosial tersebut.

Menyikapi fenomena tersebut kita harus memberikan edukasi kepada anak-anak kita, saudara kita atau teman kita untuk tidak terjebak dengan menggunakan media sosial tersebut untuk hal-hal yang negatif. Sudah banyak yang menjadi korban dari jejaring sosial ini seperti penculikan, penipuan, dan tindak kejahatan lainnya. Kita ingatkan bahwa hati-hati dengan update status kita jangan sekali-kali kita menggunakan untuk menghina orang lain, agama lain atau mengungkit-ungkit masalah SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan).

Dengan adanya jejaring sosial tersebut sebenarnya kita bisa memanfaatkan untuk hal-hal yang positif seperti yang sudah dilakukan beberapa perusahaan atau media untuk memberikan manfaat bagi semua orang. Kita ingat beberapa waktu yang lalu pada saat bulan puasa dan Idul fitri banyak penyedia jasa yang menawarkan dan memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk saling berbagi pada saat mudik dan arus balik lebaran. Ada juga yang memberikan informasi mengenai berita-berita terbaru, informasi gempa atau bencana terbaru, dan masih banyak lainnya.

Saat sekarang semakin banyak orang memanfaatkan jejaring sosial untuk mendapatkan penghasilan dengan cara menawarkan barang dagangan atau produknya melalui jejaring sosial tersebut. Banyak juga perusahaan skala besar, sedang, dan kecil menjaring konsumen dengan memanfaatkan pengguna jejaring sosial tersebut. Tidak heran sekarang banyak pengguna jejaring sosial mencari teman sebanyak-banyaknya untuk memanfaatkan peluang dari jejaring sosial tersebut.

Untuk itu pemanfaatan jejaring sosial untuk kemajuan Indonesia terus dikembangkan dan disosialisasikan tidak hanya oleh pemerintah, penyedia jasa atau provider tapi oleh setiap pengguna jejaring sosial tersebut. Alangkah baiknya update status kita kita manfaatkan untuk kegiatan mengeksplorasi objek wisata yang ada di Indonesia, memberikan informasi pendidikan, peluang usaha, lowongan kerja, memberi informasi atau berita terbaru disamping hiburan yang membuat orang tersenyum atau tertawa karena menghibur seseorang juga dapat pahala. Tapi tentunya dengan tidak menyinggung atau menghina seseorang atau SARA. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Memanfaatkan Jejaring Sosial Untuk Kemajuan Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon