Apr 8, 2011

Go Inovator Indonesia Tunjukkan Kita Bisa

Go Inovator Indonesia Tunjukkan Kita Bisa

Blogging Competition Compfest 2011
Di era perkembangan dunia yang serba cepat dan canggih ini. Hampir dipastikan informasi yang ada dibelahan bumi manapun bisa kita lihat, kita dengar, kita baca dengan cepat melalui media elektronik dan internet. Begitu juga dengan kemajuan teknologi yang ada di negara manapun bisa kita lihat, pelajari dan dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat buat diri sendiri atau orang lain. Indonesia saat ini dikenal oleh dunia karena jumlah penduduknya, korupsinya atau kisruh sepakbolanya. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus bisa merubah “image” atau “kesan” Indonesia itu.

Sebenarnya karya anak Indonesia ini sudah sangat banyak yang merambah dan diakui oleh dunia internasional. Kita ambil contoh saja karya fenomenal koprol.com yang akhirnya diakuisisi oleh yahoo, kemudian banyak aplikasi di OVI seperti Belajar Huruf, Angka dan Wahana (BAHANA) dan English for Children (Enrich) yang banyak didownload tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Anti Virus seperti SMADAV dan ARTAV juga banyak di download tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia yang semuanya itu merupakan karya anak bangsa yang jadi kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia.

Peran dunia pendidikan, pemerintah, media, dan dunia usaha sangat penting untuk meningkatkan minat kawula muda berinovasi untuk mengembangkan kreativitasnya. Dunia pendidikan menyiapkan kurikulum dan sistem pendidikan yang mendukung untuk mengembangkan teknologi masa depan untuk kepentingan masyarakat banyak. Pemerintah memberi fasilitas dan memfasilitasi peserta didik untuk menjadi inovator dan kreator. Media memberitakan kemajuan teknologi dan inovasi yang dibuat oleh anak bangsa. Dan dunia usaha mendanai kegiatan inovator-inovator muda dan mendukungnya hingga level internasional untuk kepentingan perusahaannya dan kepentingan bangsa.

Apa yang dilakukan oleh Universitas Indonesia khususnya Fakultas Ilmu Komputer melalui COMPFEST 2011 merupakan kontribusi yang nyata untuk mengembangkan inovator-inovator muda untuk mengembangkan bakatnya. COMPFEST sendiri merupakan wadah berkreasi dan berinteraksi mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. COMPFEST 2011 rencananya akan mengadakan kompetisi, workshop, seminar, entertainment, dan exhibition. Adapun kompetisi atau lomba yang akan dilaksanakan pada tahun ini diantaranya adalah :
1. Programming Competition
2. Blogging Competition

3. Game Design Competition
4. Robotic Competition

Dari lomba ini kita bisa mengetahui bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh panitia yang pertama adalah Programming Competition, tujuannya membuat program atau aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya. Kemudian kalau Blogging Competition sudah pasti mencari blogger-blogger kreatif dan inovatif yang dengan kekuatan tulisannya bisa merubah dan mengubah dunia. Game Design Competition tujuannya adalah mengembangkan para kreator game untuk membuat game berplatform android yang banyak digandrungi dan digunakan oleh masyarakat tidak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa dan orang tua. Dan yang terakhir Robotic Competition tujuannya meningkatkan kreativitas kawula muda untuk membuat robot-robot yang bisa bermanfaat dan dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri dan orang banyak.


Jadi tema COMPFEST yang diusung tahun ini yakni “Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional” memang sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Dengan tema ini kita dapat menyimpulkan bahwa kita harus berinovasi mengembangkan dan membuat teknologi atau aplikasi bisa bermanfaat, tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga orang banyak. Jika sudah bisa dimanfaatkan maka nilai ekonomis dan sosialnya sangat besar untuk kepentingan bisnis dan kemandirian kita sebagai bangsa. Maju terus inovator Indonesia tunjukkan pada dunia bahwa kita bisa.

Go Inovator Indonesia Tunjukkan Kita Bisa
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon