Aug 30, 2014

Hati-hati Cairan Ini Bisa Membuat Logam Meleleh

Hati-hati Cairan Ini Bisa Membuat Logam Meleleh

Pencurian sepeda motor dengan Aqua Regia

Saat ini banyak sekali pencurian mobil dan sepeda motor. Modusnya bermacam-macam dari yang menggunakan hipnotis, berpura-pura jadi saudara atau teman, ada yang berpura-pura sebagai debt colektor, serta ada pula yang menggunakan kunci T. Tapi sekarang modusnya berubah semenjak ada cairan yang bisa membuat logam meleleh. 


Cairan kimia ini bernama Aqua Regia, dengan cairan ini banyak sekali maling motor yang memanfaatkannya. Dengan cairan ini sang maling bisa membobol motor yang dikunci atau digembok sekalipun. Cairan ini sangat korosif sehingga bisa melarutkan logam. 


Menurut peneliti utama dari Pusat Penelitian Kimia LIPI Dr Linar Zalinar Udin, "Campuran kimia ini terbuat dari HNO3 dan HCL dan sangat korosif, sehingga bisa membuat bolong besi. Tapi tentunya tergantung ketebalannya kalau sangat tebal tentunya membutuhkan waktu untuk bereaksi, katanya. 

Dr. Linar Zalinar Udin mengatakan, campuran antara HNO3 dan HCL sangat berbahaya. Bila keduanya bersatu maka menimbulkan asap yang sangat beracun bila dihirup oleh orang, kalau kena tangan juga bisa sangat panas. 

Linar menyatakan, bila dibuat di laboratorium peneliti harus menggunakan masker, sarung tangan dan juga dibuat di lemari asam. Lemari ini akan menghirup uap yang dihasilkan saat pencampuran gas ini selama proses pembuatan berlangsung. Jadi sebenarnya tidak mudah membuatnya Aqua Regia.  

Sebelumnya, situs Humas Polres Bantul menyatakan "cairan setan" ini disimpan dalam botol suntikan. Nantinya cairan kimia itu diteteskan pada rumah kunci motor yang diincar. Dalam waktu beberapa detik, besi pengaman yang ada di dalamnya akan lumer. Setelah itu pelaku bisa menggondol motor korban dengan mudahnya. 

Diduga kuat cairan itu berisi bahan kimia yang bersifat sangat asam sehingga dapat membuat korosi besi pengaman di rumah kunci motor. Usai disemprotkan, besi akan lumer dengan mengeluarkan sedikit asap. Oleh sebab itu Polisi mengimbau agar pemilik motor bisa menambah gembok atau alat pengaman lain pada kendaraannya. Modus baru ini bisa dilakukan dengan cepat tanpa menimbulkan kecurigaan. 

Hati-hati Cairan Ini Bisa Membuat Logam Meleleh
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon