Pemanfaatkan TIK Untuk Pembelajaran Di Kelas dan Rumah

Monday, October 20, 2014
Salah satu soal online
Sebagai seorang guru mau tidak mau, kita harus mau belajar dan belajar lagi. Apalagi di zaman globalisasi seperti ini. Guru tidak bisa komputer dan internet sudah ketinggalan zaman. Mengingat saat ini siswanya sudah akrab dengan kemampuan menggunakan komputer, ponsel, tablet dan mengakses internet dimana saja kapan saja. 

Untuk itu guru yang modern selain harus menguasai materi yang akan diajarkan di kelas, juga harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk diterapkan saat pembelajaran atau memberikan tugas di rumah.

Saat ini hampir semua siswa memiliki yang namanya ponsel, baik yang hanya berfungsi sebagai telepon dan berkirim pesan SMS, juga yang memiliki kemampuan sebagai ponsel cerdas yang di dalamnya bisa digunakan untuk mengakses internet, kamera, kalkulator, kamus, mendengarkan musik, menonton film dan lain sebagainya. 

Oleh sebab guru harus bisa memanfaatkan TIK tersebut untuk pembelajaran baik di kelas maupun di rumah. Untuk pembelajaran di kelas, guru minimal harus bisa membuat tampilan slide seperti menggunakan power point atau sejenisnya. 

Dengan menggunakan tampilan slide seperti power point, materi yang akan diajarkan kepada siswa sudah tersusun dengan baik. Sehingga jarang sekali seorang guru yang mengajar keluar dari topik yang diharapkan. Selain itu siswa akan merasa senang jika guru menggunakan tampilan slide seperti power point apalagi disertai dengan audio visual, dijamin siswa dan siswi akan menyukai demgam materi yang diajarkan. 

Selain menggunakan materi pembelajaran dengan menggunakan tampilan slide seperti power point, guru juga seharusnya bisa memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran. Salah satu yang sering saya gunakan adalah Facebook. Sebagai contoh guru memberikan pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi pembelajaran. Siswa harus mengerjakan soal tersebut di rumah dengan mengirimkan jawaban pada kotak pesan. 

Melalui media sosial juga diharapkan guru bisa mengetahui sikap dan perilaku siswa didiknya menggunakan media sosial. Apakah mereka menggunakan media sosial itu untuk hal-hal yang positif atau untuk hal-hal yang negatif. Kita bisa menegur dia jika ada kata-kata atau gambar-gambar yang tidak pantas tertulis di akunnya. 

Blog sebagai media pembelajaran
Guru juga bisa memanfaatkan media lain untuk media pembelajaran seperti blog. Dengan blog, guru bisa menuliskan materi dan soal-soal yang akan diajarkan kepada siswanya atau materi pelajaran yang pernah diajarkan kepada siswa. 

Selain materi tersebut bisa jadi referensi belajar peserta didik, juga bisa bermanfaat bagi orang lain karena cepat atau lambat tulisan tersebut akan terindeks oleh Google. Bahkan tidak sedikit guru yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blognya yang berisi materi pembelajaran tersebut. 

Lebih menarik lagi kalau menggunakan aplikasi atau situs yang berisi kuis online, sehingga peserta didik bisa memanfaatkan media tersebut untuk menguji kemampuannya. Selain murid bisa mengerjakan kuis atau soal online, guru juga bisa mengetahui kemampuan peserta didik dimana pun kapan pun. 

Segala cara yang positif harus digunakan oleh guru agar peserta didik agar dapat memahami materi yang diajarkan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran baik di kelas maupun di rumah. Mudah-mudahan dengan cara seperti ini generasi yang akan datang lebih berprestasi dan membanggakan Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment test