Feb 24, 2015

Hati-hati Ada Malware Android Saat Ponsel Tidak Aktif

Hati-hati Ada Malware Android Saat Ponsel Tidak Aktif

Malware Android

AVG, Perusahaan anti-virus asal negeri Belanda menemukan sebuah malware Android yang bekerja ketika ponsel telah dimatikan atau sedang off. Malware ini menyusup dalam sejumlah aplikasi Android yang terinstal di smartphone.

Pengguna ponsel biasanya mematikan perangkat mereka ketika malam hari atau sedang mengisi ulang baterai. Tetapi pada saat itulah sebuah malware baru memanfaatkan kebiasaan pengguna ini untuk melakukan aksinya.

Menurut AVG, malware tersebut mulai menjalankan aksinya ketika ponsel dalam posisi off. Malware bisa mengontrol ponsel, termasuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, serta mengakses file dan aplikasi lainnya, tanpa sepengetahuan penggunanya. 

Dalam sebuah artikel di blognya, AVG menjelaskan bahwa malware tersebut masuk ke dalam perangkat Android ketika pengguna mengunduh aplikasi yang terinfeksi dari toko aplikasi. Ketika aplikasi itu telah dipasang, maka malware bisa mengontrol ponsel dan melakukan tugas apapun yang diinginkan si hacker. 

Namun AVG tidak mau mengungkapkan nama aplikasi yang terinfeksi tersebut. Diperkirakan aplikasi itu berasal dari toko aplikasi pihak ketiga dan bukan dari toko milik Google atau Play Store. 

Walaupun demikian, pengguna tetap harus berhati-hati ketika mengunduh aplikasi di Google Play Store atau toko aplikasi pihak ketiga. Sebaiknya periksa review dan mencari informasi mengenai developer aplikasi tersebut. 

Malware ini membajak proses saat ponsel Anda tidak aktif. Jadi ketika pengguna menekan tombol power off, sebenarnya perangkat itu tidak benar-benar mati, demikian diungkap oleh AVG seperti yang dilansir Daily Mail. 

Malware ini berasal dari Tiongkok dan hanya menginfeksi perangkat berbasis sistem operasi (OS) Android sebelum versi KitKat. Sejauh ini, diperkirakan 10 ribu ponsel Android telah menjadi korbannya. 

Hati-hati Ada Malware Android Saat Ponsel Tidak Aktif
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon