Jun 4, 2015

9 Fitur Menarik yang Ada di Windows 10 Preview

9 Fitur Menarik yang Ada di Windows 10 Preview

Tampilan Windows 10 Preview

Sistem operasi besutan dari Microsoft yang terbaru yakni Windows 10 baru saja hadir. Sistem operasi ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna komputer atau notebook secara gratis. Walaupun masih dalam versi preview tetapi sebagian orang sudah mengklaim bahwa Windows 10 lebih baik dibanding versi Windows 8.1.

Windows 10 memiliki tampilan yang sederhana tetapi indah dipandang mata. Dengan hilangnya tampilan aplikasi full screen dan layar Metro, memfokuskan diri pada tampilan dekstop membuat pengguna Windows desktop cukup bahagia.

Berikut beberapa 9 fitur menarik yang tersedia di Windows 10 Preview :
  1. Start Menu. Windows 10 mengembalikan lagi menu Start dibagian pojok kiri bawah layar seperti pada versi Windows sebelum Windows 8. Start menu digabungkan dengan tampilan Start Metro dengan live tile bergaya Windows 8 bersanding dengan tampilan menu tradisional. 
  2. Jendela Aplikasi Metro. Seperti yang anda ketahui tampilan Metro dari Windows 8 tidak dihilangkan hanya saja sekarang tidak lagi berjalan di mode full screen yang menutup layar desktop. Aplikasi berjalan di jendela yang bisa diatur ukurannya atau resize, dengan tombol pada sudut kanan atas untuk menutup, mengecilkan dan membuat full screen. 
  3. Pusat Notifikasi. Notifikasi atau pemberitahuan adalah salah satu fitur modern pada Sistem Operasi, dengan Popup untuk mengingatkan anda tentang informasi yang berguna. Windows 10 juga menyediakan fitur ini. Dengan Cortana yang sudah semakin terintegrasi ke dalam Windows 10, kita mengharapkan pusat notifikasi bisa menjadi gudang informasi yang bermanfaat. 
  4. Cortana. Cortana atau asisten digital Microsoft untuk Windows Phone 8.1 sekarang juga ada di Windows 10 untuk PC. Cortana mengontrol sistem pencarian, mengakses informasi personal lalu menggunakan itu untuk memberikan informasi yang relevan untuk penggunanya dengan bantuan mesin pencari Bing. Cortana membantu anda mencari informasi secara online dengan perintah bahasa maupun dengan keyboard. Cortana juga bisa mencari ke dalam hardisk, OneDrive dan juga data di dalam satu jaringan. 
  5. Spartan Browser. Kalau sebelumnya sistem operasi Windows selalu bersanding dengan Internet Explorer. Tapi kali ini tidak lagi karena sudah ada browser terbaru dari Sistem Operasi Windows 10 yakni Spartan, yang merupakan aplikasi browser terbaru pengganti Internet Explorer. Spartan menggunakan mesin baru yang tidak terdapat di Internet Explorer dengan tambahan fitur yang lebih ringan dan lebih cepat. 
  6. Aplikasi Email dan Kalender. Windows 10 Preview merombak aplikasi email dan kalender menjadi jauh lebih baik daripada Windows 8 dan Windows lain sebelumnya. Untuk versi Windows 10 ini aplikasi berjalan cepat dan reponsif dan posisinya yang pas dilayar dan juga cocok dalam segala bentuk dan ukuran. Terdapat juga fitur tambahan yakni sudah support POP email dan juga kalender Google. 
  7. Virtual Dekstop. Dengan virtual deskstop anda bisa berpindah antar aplikasi atau antar dekstop. Dengan ALT-TAB untuk berpindah aplikasi atau Windows+Ctrl+Kanan/Kiri untuk berpindah ke virtual desktop. Klik kanan pada aplikasi untuk memindahkan aplikasi antar virtual desktop. 
  8. Fitur Continuum. Windows 10 memang meningkat untuk penggunaan PC namun Microsoft tidak melupakan pengguna touchscreen. Melalui build 9926, Windows 10 menyertakan fitur "Continuum" yang secara dinamis bisa berpindah interface antara tampilan dekstop friendly dan Windows 8 mode yang cocok untuk layar sentuh. Fitur ini sangat bagus karena bisa dengan mudah beradaptasi dengan perangkat yang digunakan, baik digunakan untuk tablet, komputer pc ataupun laptop hybrid. 
  9. Pengaturan yang solid. Salah satu desain aneh dari Windows 8 adalah pemisahan pengaturan menjadi 2, masing-masing untuk dekstop dan metro sekarang sudah tidak ada lagi. Sekarang Windows 10 hanya ada satu menu Setting atau pengaturan yang tersedia dari tombol start menu. 
Nah bagi Anda yang ingin mencicipi Windows 10 Preview silakan download disini secara gratis dengan menggunakan akun Microsoft Anda.

Sumber
9 Fitur Menarik yang Ada di Windows 10 Preview
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon