Jan 15, 2016

Cara Bicara Kepada Siswa Tentang Kejahatan Terorisme

Cara Bicara Kepada Siswa Tentang Kejahatan Terorisme

Bom Sarinah

Indonesia lagi-lagi dilanda teror bom (Kamis 14 Januari 2016), kali ini lokasinya di Pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH. Thamrin, StarBucks Cafe dan pelakunya sempat melarikan ke Gedung Djakarta Teather yang berada di Jakarta Pusat. 


Ledakan tersebut menghancurkan beberapa tempat, korbannya ada yang merupakan bom bunuh diri dan juga aparat dan masyarakat sipil. Pelakuknya diduga sengaja ingin memberikan teror kepada target masyarakat Indonesia dengan sasaran yang mereka inginkan yakni aparat keamanan dan warga negara asing. 


Hingga tulisan ini diturunkan sudah ada 7 korban yang meninggal dunia termasuk pelaku bom bunuh dirinya. Sebagai seorang pendidik, tentu dengan melihat tayangan berita kejahatan terorisme di televisi, media online dan media sosial lainnya yang bisa diakses oleh anak-anak tentu harus bijak menyikapi dan menjelaskannya. Karena jika salah mereka akan keliru tentang pemahaman terhadap kejahatan terorisme terutama dampakanya pada psikologis mereka. 

Oleh karena itu harus ada cara untuk memberikan penjelasan tentang kejahatan terorisme kepada siswa agar mereka bisa memahaminya. Berikut cara berbicara kepada siswa tentang Kejahatan Terorisme

  1. Sediakan waktu bicara kepada siswa tentang kejahatan terorisme. Siswa sering menjadikan guru tempat mencari informasi dan pemahaman tentang apa yang sedang terjadi. 
  2. Bahas secara singkat apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terverifikasi. Jangan membuka ruang terhadap rumor, isu dan spekulasi. 
  3. Beri kesempatan siswa untuk mengungkapkan perasaannya tentang tragedi/kejahatan yang terjadi. Nyatakan dengan jelas rasa duka kita terhadap para korban dan keluarganya. 
  4. Arahkan rasa kemarahan pada sasaran yang tepat, yaitu pada pelaku kejahatan, bukan pada identitas golongan yang didasarkan pada prasangka. 
  5. Kembali pada rutinitas normal. Terorisme akan sukses apabila mereka berhasil mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kebangsaan kita. 
  6. Ajak siswa berpikir positif. Ingatkan bahwa negara kita telah melewati banyak tragedi dan masalah dengan tegar, gotong royong, semangat persatuan dan saling menjaga. 
  7. Ajak siswa berdiskusi dan mengapresiasi kerja polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikan lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror. 
Sumber :  Twitter @Kemendikbud_RI
Cara Bicara Kepada Siswa Tentang Kejahatan Terorisme
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon