Mar 3, 2016

Tips Mengambil Gambar Video Menggunakan Smartphone

Tips Mengambil Gambar Video Menggunakan Smartphone

Cara memegang smartphone saat pengambilan gambar video

Mengambil video dengan camcorder atau handycam kini sudah jarang dilakukan terutama bagi mereka yang sudah memiliki smartphone. Kini banyak orang yang hanya dengan mengusapkan jari pada layar smartphone sudah bisa langsung mengambil video secara cepat dan hasilnya yang sangat mengagumkan dengan kemampuan rekam video 4K. 


Sebagai pemula yang hobi dengan sinematografi, tentu tidak bisa langsung menghasilkan video dengan hasil yang sempurna, tetapi harus melalui serangkaian ujicoba untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu kita juga bisa belajar dari orang lain melalui tips-tipsnya yang bermanfaat. 


Berikut tips mengambil gambar video menggunakan smartphone : 

  1. Mengambil gambar dengan cara horisontal, bukan secara vertikal atau tegak. Jika Anda ingin orang lain bisa menonton video Anda dalam ukuran penuh pada monitor atau layar televisi, maka cara terbaik adalah dengan cara merekam video secara horisontal atau menyamping bukan vertikal atau tegak. 
  2. Tangan harus stabil. Cara memegang smartphone pada saat mengambil video sangat penting. Smartphone Anda yang kecil dan ringan harus stabil saat mengambil video. Caranya adalah dengan menggunakan kedua tangan, dan mengunci siku Anda ke perut Anda untuk menjaga stabilitas dari kamera smartphone. Sehingga video yang diambil tidak bergetar dan hasilnya mengagumkan. Jangan sekali-kali mengambil video dengan tangan satu, karena hasilnya akan goyang. 
  3. Gunakan komposisi klasik. Untuk menghasilkan hasil video yang bagus, maka harus menggunakan aturan komposisi yang dirancang untuk menarik mata pemirsa ke bagian tertentu dari tempat kejadian. Beberapa smartphone memungkinkannya dengan mengatur pada aplikasi kamera. Sekarang Anda tidak akan kesulitan saat mengambil video bahkan Anda bisa mengaturnya secara otomatis. 
  4. Mengatur cahaya. Cahaya bisa menjadi teman bisa juga menjadi musuh saat pengambilan gambar video. Jika Anda ingin merekam video lebih baik, Anda perlu mengetahui cara kerja cahaya yang tersedia saat mengambil gambar. Ketika berada di luar rumah, cobalah untuk mengambil gambar video secara merata tanpa ada bayangan atau cahaya matahari yang tidak merata karena hasilnya kurang baik. Jika beberapa bagian dari tempat pengambilan gambar yang terlalu terang atau terlalu gelap, biasakan mengubah posisi Anda dan menemukan sudut yang lain yang memungkinkan Anda untuk tetap mencapai hasil yang menawan. 
  5. Mencampur. Meskipun video terdiri dari satu klip tetapi bisa menunjukkan apa yang Anda inginkan, video yang diambil bisa terdiri dari banyak klip pendek. Oleh sebab itu Anda bisa mengambil gambar sebanyak mungkin agar video yang diambil lebih banyak variasi dan dapat menangkapnya dari berbagai sudut. 
  6. Mengatur Exposure dan fokus ecara manual. Tidak semua aplikasi smartphone melakukan hal ini, tetapi Anda mencoba menekan dan menahan di atas layar untuk mengaktifkan fungsi AE / AF Lock. Dengan smartphone, yang paling penting adalah AE (Auto Exposure) Lock karena Anda tidak ingin smartphone terus berubah-ubah eksposurnya saat Anda sedang syuting. Jadi coba mengunci eksposur pada daerah yang memberi Anda eksposur yang baik untuk seluruh adegan. 
  7. Merekam audio yang baik. Audio yang buruk dapat merusak bagian besar dari video, dan hanya karena smartphone Anda dapat merekam sulih suara yang layak dalam lingkungan yang tak terkendali. Jika Anda ingin videonya ada suara seseorang yang berbicara, pastikan mereka bisa mendengarkan video tersebut. 
  8. Gunakan Aksesoris smartphone. Ada beberapa aksesoris yang fantastis di luar sana yang dapat mengubah ponsel Anda menjadi mesin pembuat video. Anda bisa menggunakan tripod smartphone atau stabilizer untuk bisa menghasilkan video dengan kualitas yang baik. 
  9. Mengetahui kemampuan smartphone. Jika Anda ingin merekam video lebih baik dengan menggunakan smartphone, sehingga sebelum Anda mulai menembak, itu baik untuk mengetahui apa keterbatasan yang. Periksa jumlah memori yang tersedia dan daya tahan baterai, karena Anda tidak memiliki memori card. Smartphone yang tidak memiliki lensa zoom, dan fitur zoom digital akan mengurangi kualitas gambar, sehingga tujuan untuk menemukan posisi di mana Anda cukup dekat untuk subjek Anda untuk mengisi frame. 
  10. Edit dan Share Video. Jika Anda sudah mengambil gambar video melalui smartphone pengguna bisa mencari perangkat lunak untuk editing video. Selain mengedit video banyak pula yang membagikan videonya dan ditonton oleh orang banyak. 
Tips Mengambil Gambar Video Menggunakan Smartphone
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon