Tips Belanja Online Hemat dan Aman Selama Bulan Ramadan

Jumat, 04 Mei 2018
Produk Elektronik

Bulan Ramadan atau bulan Puasa tinggal menghitung hari. Persiapan bulan Ramadan ekstra istimewa dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Karena tidak hanya kebutuhan jasmani saja tetapi juga kebutuhan rohani pun harus dipersiapkan. 

Selama bulan Ramadan, banyak kebutuhan ekstra yang harus dipenuhi dari mulai membeli kebutuhan sehari-hari untuk berbuka dan sahur, membeli peralatan elektronik dan alat komunikasi, hingga membeli kebutuhan sandang menjelang lebaran.

Saat bulan ramadan tiba, biasanya banyak orang yang berbelanja ke pasar, mini market atau supermarket tetapi karena kemudahannya banyak orang yang memilih berbelanja secara online. Tetapi masih banyak orang yang belum merasa aman saat berbelanja online karena berbagai hal dari barang tidak sampai, hingga gambar tidak sesuai dengan aslinya dan lain sebagainya. 

Nah agar tidak mengalami masalah dalam belanja online dan mendapatkan harga yang hemat maka ebelum belanja secara online sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu tips atau kiat belanja hemat dan aman selama bulan Ramadan. 

Berikut tips belanja online hemat dan aman selama bulan Ramadan di Tokopedia

  1. Cari toko online yang terpercaya. Sebelum belanja online ada baiknya Anda melihat “review” atau “reward” yang diberikan pelanggan atau teman tentang toko online yang akan Anda beli barangnya. Anda bisa menanyakan kepada teman anda melalui jejaring sosial apakah toko online tersebut bagus atau tidak. Selain itu barang yang dikirim tepat waktu atau tidak, dan barangnya sesuai pesanan atau tidak. Toko online terpercaya yang direkomendasikan menurut penulis adalah Tokopedia. 
  2. Bandingkan harganya. Sebelum membeli barang secara online sebaiknya cari toko online dengan barang yang berkualitas dan bandingkan terlebih dahulu dengan Tokopedia. Kini Tokopedia memungkinkan kita bisa membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas. 
  3. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal. Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga tinggi. Tokopedia, merupakan salah satu e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih terjangkau. 
  4. Cari toko online terdekat. Saat berbelanja online, komponen biaya yang tidak boleh dilupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. 5. Baca kebijakan toko online tersebut. Baca dengan teliliti kebijakan toko online yang akan anda beli. Jangan sampai ada kebijakan yang merugikan salah satu pihak, termasuk perihal pengembalian barang yang rusak pada saat diterima oleh pembeli. 
  5. Manfaatkan promo dan diskon. Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra. 
  6. Cari tanda bahwa situs itu aman. Lihat dan cari bahwa situs toko online yang kita kunjungi aman dengan mencari tanda berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi Anda, dan periksa tanda itu ada. Pada saat Anda meminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih aman. 
  7. Pilih cara pembayaran yang tepat. Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online. 
  8. Pilih metode pengiriman paling efisien. Tokopedia memiliki beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita. 10. Periksa paket barang kiriman. Setelah barang datang, ada baiknya anda periksa dulu apakah sesuai dengan yang tertera pada waktu pemesanan atau tidak, sebaiknya anda foto dulu kondisi lengkap barang tersebut. Jika tidak sesuai sebaiknya anda segera melapor ke toko online untuk meminta pengganti barang tersebut. 
  9. Simpan bukti transaksi. Setelah melakukan transaksi baik pada saat pemesanan, pembayaran dan barang datang, sebaiknya anda simpan bukti-bukti tersebut jika di kemudian hari ada permasalahan. 
  10. Gunakan PC atau Laptop yang aman. Sebelum belanja online sebaiknya gunakan PC atau laptop yang aman atau sudah terinstal antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC atau laptop terlindung dari ancaman virus terbaru.
  11. Sign Out dan Matikan PC atau Laptop. Setelah menggunakan laptop atau PC untuk transaksi online, jangan sampai lupa untuk sign out atau keluar dari situs toko online atau situs perbankan yang anda gunakan. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian matikan PC atau laptop anda arena biasanya ada malware yang sengaja ditanam untuk mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. 
Nah tunggu apalagi, Ramadan kali akan jadi spesial pasalnya Tokopedia akan memberikan banyak kejutan kepada pelanggannya pada tanggal 25 Mei 2018 mendatang yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial.

0 komentar:

Posting Komentar test