Ini Ulasan Lengkap ASUS Zenfone 5 Setelah Digunakan 2 Bulan

Selasa, 17 Juli 2018
ASUS Zenfone 5 

Setelah dua bulan menggunakan ASUS Zenfone 5 ZE620KL akhirnya saya akan mengulas semua hal tentang smartphone ini. Walaupun di pasaran masih bisa dibilang smartphone langka tetapi saya beruntung bisa mendapatkan kesempatan pertama menggunakan smartphone ini. 

Sekarang akan diulas satu persatu fitur-fitur menarik dari ASUS Zenfone 5 yang memiliki AI atau Artificial Intelligence pada kamera, baterai, layar, charging, dan photo learningnya. Penasaran fitur apa saja yang menarik pada ASUS Zenfone 5, berikut ulasannya : 

Layar ASUS Zenfone 5

Layar 
ASUS Zenfone 5 memiliki layar berukuran 6,2 inci, lebih luas dari versi Zenfone 4 atau versi sebelumnya, sehingga dengan layar yang lebih lebar ini, pengguna lebih leluasa saat menggunakan untuk berselancar, bermain game, nonton video atau saat digunakan untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Layarnya Full HD+ dengan resolusi 2246x1080 piksel dengan kecerahan 550nits, tidak membuat mata lelah saat berlama-lama memandang smartphone ini. Kelebihan layar ASUS Zenfone 5 sudah mengikuti tren layar dengan notch atau poni tetapi bagi yang tidak suka dengan poni Anda bisa menghilangkannya setelah mendapatkan update firmware terbaru. 

Tampilan layarnya sangat cerah dan lebih kaya warna, serta sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass sehingga beberapa kali lupa menyimpang kunci sepeda motor di saku celana dengan ponsel tersebut ternyata tidak ada goresan sedikitpun. 

Kamera 
Kamera Belakang ASUS Zenfone 5

Smartphone ASUS Zenfone 5 paling asyik mengoprek kameranya. Sebelum mengoprek kamera ASUS Zenfone 5 memiliki kamera utama ganda yakni menggunakan sensor Sony IMX363 12MP dual pixel dengan dengan aperture F/1.8 serta dilengkapi dengan kamera sekunder dengan sensor 8MP, dan aperture F/2.0. Kelebihannya sensor kamera sekundernya memiliki kemampuan 120° wide-angle kamera yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan menggunakan mode potret.

Hasil jepretan kamera belakang ASUS Zenfone 5

Sementara itu smartphone ini memiliki kamera depan ganda dengan sensor 8MP serta aperture F/2.0 dengan kemampuan mengambil gambar 140° wide-angle. Hasil dari jepretan dari kamera depan bisa memuat banyak orang, sangat cocok untuk foto wefie. Selain itu tentu sangat cocok untuk foto wefie apalagi ASUS Zenfone 5 sudah dilengkapi dengan fitur Beautification.

Foto bokeh ASUS Zenfone 5

Kamera belakang smartphone ini memiliki beberapa pengaturan dengan resolusi dari 12MP (4:3), 9MP (16:9), 9MP (1:1), 8MP (18:9), 8MP (16:9), 6MP (16:9), 6MP (1:1) dan 5MP (18:9). Dilengkapi pula dengan pengaturan Label Waktu, ASUS Watermark, Rana sentuh, dan Mode Fokus. 

Sedangkan saat digunakan untuk pengambilan Video, ASUS Zenfone 5 bisa diatur kualitasnya dari 4K (3840x2160 piksel), 18:9 (2160x1080 piksel), FHD (1920x1080) (60 fps), FHD (1920x1080 piksel) (60fps), HD (1280x720 piksel), HD (1280x720 piksel), dan TV (640x480 piksel). 

Selain itu ada pengaturan lainnya seperti Grid bisa menyala atau mati, suara kamera aktif atau tidak, layanan lokasi aktif atau tidak, Anti kedip 50Hz atau 60Hz, Atur tombol volume sebagai perbesar atau rana, dan kamera cepat atau tidak. Jika memiliki penyimpanan dengan microSD maka bisa diatur penyimpanannya. 

Menariknya lagi AI Camera dapat mendeteksi secara otomatis seperti makanan, Langit, lapangan hijau, tanaman, matahari terbenam, salju, bunga, panggung, anjing, kucing, orang, teks tripod, QR Code, dan Pemandangan malam. Sekarang sudah dilengkapi dengan Google Lens yang lebih menarik lagi. 
Google Lens di ASUS Zenfone 5

Sedangkan fitur kamera depannya memiliki kemampuan mode otomatis untuk kondisi malam, potret, mode kecantikan, GIP animasi, dan selfie panorama. Jadi Anda tidak usah belajar fotografi lagi karena hasilnya dijamin pasti akan memuaskan. 

Saya melakukan beberapa ujicoba seperti foto bulb yakni dengan menggunakan pengaturan speed 5-10s dengan ISO 100. Hanya saja memotretnya harus menggunakan tripod dan tentunya ASUS Zenfone 5. Ini cara dan hasil gambarnya.


Selain teknik foto bulb, saya juga mencoba menggunakan ASUS Zenfone 5 untuk menggunakan foto panning dengan menggunakan pengaturan shutter speed 1/50 dan AF, WB, dan EV secara otomatis. Tinggal gerakkan kamera mengikuti arah obyek yang diinginkan, kali ini mengambil gambar sepeda motor yang sedang bergerak.

Foto Panning menggunakan ASUS Zenfone 5

Dengan menggunakan ASUS Zenfone 5, akhirnya bisa menemukan beberapa teknik fotografi yang sebelumnya belum pernah saya gunakan, Anda pun bisa mencoba menggunakan teknik-teknik ini untuk mendapatkan pengalaman yang menarik. 

Sensor
Smartphone ASUS Zenfone 5 memiliki sensor fingerprint atau sidik jari yang letaknya pada bagian belakang. Selain sensor sidik jari, smartphone ini sudah menggunakan sensor face unlock untuk keamanan dengan menggunakan wajah penggunanya. 


Prosesor 
ASUS Zenfone 5 menggunakan prosesor Snapdragon 636, berbeda ASUS Zenfone 5Z menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragaon 845 yang merupakan smartphone pertama kelas menengah yang menggunakan prosesor ini di Indonesia. Sedangkan GPU yang digunakan untuk versi ZE620KL menggunakan Adreno 308 Sedangkan untuk versi ASUS Zenfone ZS620KL menggunakan GPU Adreno 509.

Dengan Prosesor Snapdragon 636 dan GPU Adreno 308, smartphone ini tetap lancar jaya saat digunakan untuk bermain game dengan grafik yang berat sekalipun seperti PUBG, Mobile Legends dan game berat lainnya.

Memori 
Smartphone ini menggunakan RAM LPDDR4 4GB untuk versi ZE620KL, dan LPDDR4 6GB dan 8GB untuk versi ZS620KL. Sedangkan penyimpanan internalnya terdiri dari 64GB untuk versi ZE620KL dan 128GB/256GB untuk versi ZS620KL. Sedangkan memori eksternal yang bisa ditambahkan hingga 2TB. 

2 Slot 
Smartphone ini memiliki dual slot, dimana 1 slot untuk SIM Card dengan jenis Nano SIM Card dan sudah mendukung jaringan 2G/3G dan 4G, sedangkan slot keduanya bisa digunakan untuk Nano SIM card atau bisa digunakan untuk MicroSD hingga 2TB. Memang dirasa kurang bagi Anda yang memiliki kartu SIM 2 dan memori microSD. Tetapi dengan memori internal 64GB dirasa sudah cukup. 
Paket lengkap ASUS Zenfone 5

Baterai 
Smartphone ini memiliki kemampuan baterai dengan kapasitas 3300mAh, yang dapat digunakan selama seharian. Apalagi smartphone ini memiliki prosesor yang hemat daya, serta dilengkapi dengan pengisian ulang cepat. Untuk mengisi baterai dari 15% hingga 100% hanya membutuhkan waktu kurang dari 1,5 jam. Jika tidak digunakan untuk akses internet bisa bertahan selama 5 hari. 

Harganya 
Smartphone ASUS Zenfone 5 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB dibanderol dengan harga Rp. 3.999.000,- di Lazada dan JD.id, sedangkan harga resmi Rp.4.299.000,-. Dengan harga sebesar itu rasanya sangat worth it banget dech..

2 komentar for Ini Ulasan Lengkap ASUS Zenfone 5 Setelah Digunakan 2 Bulan :

  1. Smartphone impian nih, semua fitur keren ada di Zenfone 5 apalagi kameranya.. wow banget

    BalasHapus
  2. iya mas kameranya kereeeen...

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam