Thuraya X5-Touch, Smartphone Satelit Berbasis Android Pertama di Dunia

Selasa, 20 November 2018
Thuraya X5-Touch

Gaung ponsel satelit memang sudah meredup semenjak para operator berlomba-lomba menjangkau hingga ke pelosok negeri. Walaupun tetap masih ada blank spot sehingga masyarakat belum bisa merasakan komunikasi dan akses internet di daerahnya. 

Kini ponsel satelit kembali akan diluncurkan untuk menyasar segmen orang-orang yang sering bepergian ke tengah laut, hutan atau berbagai tempat yang tidak terjangkau sinyal GSM. Salah satu produsen ponsel yang mengeluarkan smartphone satelit adalah Thuraya.

Thuraya mengeluarkan smartphone Android pertamanya yang diberi nama Thuraya X5-Touch. Seperti produk lain dari perusahaan ini, smartphone ini adalah ponsel satelit. Smartphone ini terlihat bukan seperti telepon satelit yang biasanya memiliki antena yang besar dan panjang. 

Smartphone ini memiliki layar IPS IPS 5,2 inci dengan menggunakan chipset Snapdragon 625, RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas dengan menggunakan microSD. Smartphone ini memiliki kamera belakang 8 MP, sedangkan kamera depannya memiliki kemampuan 2 MP. 

Untuk urusan baterai, Thuraya X5-Touch sudah menggunakan baterai berkapasitas besar yakni 3.800 mAh yang dapat digunakan selama seharian. Sayangnya smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat dengan beberapa alasan. 


Smartphone ini memiliki beratnya 262gr dan dilengkapi dengan sertifikat anti air IP67 dan tahan debu serta sertifikasi MIL-STD-810 karena mampu bertahan dalam kondisi ekstrim. X5-Touch memiliki NFC on board dan mendukung navigasi melalui GPS, BeiDou, dan GLONASS. 

Untuk panggilan satelit, antenanya dapat dicabut dan dipasang kembali. Smartphone ini memiliki fungsi dual-SIM yang selalu aktif dengan satu SIM yang bekerja pada jaringan 2G / 3G / 4G konvensional dan yang lainnya menggunakan jaringan operator seluler satelit. 

Thuraya X5-Touch akan tersedia di 160 negara dengan harga £ 999 atau setara dengan Rp18,7 jutaan. Perusahaan mengatakan bahwa smartphone ini akan keluar pada bulan Desember mendatang, walaupun untuk pasar tertentu saja, seperti dikutip dari GSMArena.com (20/11/2018).

0 komentar:

Posting Komentar test