Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

Monday, April 8, 2019

Kegiatan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tingkat SMP atau MTs baru saja berlangsung hari ini Senin 8 April 2019 hingga 13 April 2019. Jadwal USBN hari pertama dan jam pertama adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dan jam kedua adalah mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. 


Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran tersebut, tentu sangat membutuhkan soal dan kunci jawaban mata pelajaran yang diampu tersebut untuk evaluasi dan analisis butir soal. Sedangkan bagi pelajar biasanya untuk mengukur atau menghitung nilai yang didapatkan. 

Nah bagi bapak dan ibu guru, pelajar SMP kelas 9 yang membutuhkan soal USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 silakan ada di bawah ini : 

1. Cermati kalimat berikut!
Beberapa ciri ikan asin yang mengandung formalin adalah ikan berwarna cerah, daging liat, tidak beraroma khas ikan, dan awet satu bulan pada suhu kamar. Makna kata bergaris bawah adalah ....
A. larutan pengawet 
B. serbuk pembasmi hama
C. zat penambah rasa 
D. bahan pengolah makanan 

2. Cermati teks berikut! 
Gerhana bulan adalah fenomena alam ketika bulan terhalang bayangan bumi. Banyak ahli meneliti dan mempelajari proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi ini mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki bidang orbit yang miring sebesar 5 derajat terhadap bidang ekliptika. Perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan ‘node’. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan beroposisi dengan matahari terhadap node, tepatnya di posisi 16,5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat). Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara. Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga. Hal ini disebabkan masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dapat dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna merah. Pernyataan yang merupakan isi teks tersebut adalah ... 
A. Oposisi antara bulan dan matahari selalu menyebabkan gerhana bulan. 
B. Gerhana bulan akan terjadi bila bulan dan matahari beroposisi terhadap node. 
C. Bulan tidak terlihat untuk waktu yang lama ketika gerhana terjadi. 
D. Gerhana bulan dapat menyebabkan bulan berwarna merah jingga. 

3. Cermati paragraf berikut! 
Simpulan isi penggalan teks tanggapan tersebut adalah .... 
A. Objek wanita menjadi ciri khas lukisan Syayidin. 
B. Syayidin sangat memperhatikan detail warna. 
C. Warna-warna cerah mendominasi lukisan Syayidin. 
D. Hitam merupakan warna favorit Syayidin 

4. Cermati paragraf berikut! 
Biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan zat papain dalam biji pepaya sangat baik untuk membantu enzim membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, biji pepaya dapat berfungsi membersihkan hati. Enzim proteolytic yang terdapat pada biji pepaya dapat membantu meringankan pencernaan di hati, bahkan dapat meringankan sirosi, yaitu penyakit kronis pada hati. Ide pokok paragraf tersebut adalah .... 
A. manfaat biji pepaya 
B. cara memperlancar pencernaan 
C. kandungan biji pepaya 
D. fungsi enzim proteolytic 

5. Cermati teks berikut! 
“Hai sandal jepit, sial sekali nasibmu, diciptakan sekali saja dalam bentuk buruk dan tidak menarik”, ucap sepatu dengan nada congkak. Dengan lembut, sandal jepit menjawab, “Wahai sepatu, mungkin semua orang akan memiliki kebanggaan jika memakai sepatu yang indah dan mewah sepertimu. Mereka akan menyimpannya di tempat yang terjaga, membersihkannya meskipun masih bersih, bahkan sekali-sekali memamerkanmu kepada kepada semua orang. Sandal jepit pun melanjutkan perkataannya, “Tetapi, sepatu yang terhormat, kamu hanya menemaninya di dalam kesemuan, pergi ke kantor maupun ke undangan pesta untuk sekedar sebuah kebanggaan. Kamu hanya dipakai sesekali saja. Berbeda denganku, aku siap menemani ke mana saja pemakaiku pergi. Aku menjadi yang selalu dirindukannya. Setelah dia seharian dalam cengkeraman keindahanmu, maka manusia akan segera merindukanku. Karena apa? Karena aku memunculkan kenyamanan dan kelonggaran. Dalam kamus kehidupanku, jika kita ingin membuat orang bahagia maka kita harus menciptakan kenyamanan untuknya.” (Sumber: http://imampriestian.blogspot.com) 

Tujuan penulis teks inspiratif tersebut adalah menyampaikan pesan kepada pembaca bahwa ... 
A. Jika ingin membahagiakan seseorang, berilah apa yang menjadi kebutuhannya. 
B. Jadilah pribadi yang peka terhadap persoalan hidup yang dihadapi orang lain. 
C. Bila ingin menjadi orang yang membanggakan, galilah segala kelebihan yang dimiliki. 
D. Kita harus menyadari bahwa setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan. 

6. Cermati kedua teks berikut! 
Teks 1
Sewaktu umurku lima tahunan, hari Jumat adalah hari yang paling kuingat di antara enam hari lainnya. Di hari inilah selalu kuawali hari dengan senyuman. Pagi-pagi buta ibu biasa mengajakku ke Pasar Bangkir. Maklumlah ibuku membuka warung nasi, buat bantu-bantu perekonomian keluarga. Terus terang, sebenarnya aku sangat senang bila ibu mengajakku ke pasar. Kenapa? Karena sepulang dari pasar, ibuku pasti membelikan sesuatu untukku. Ada saja yang ibu beli, mulai dari mainan, kue, bahkan kaos bergambar karakter kartun kesukaanku.

Teks 2 
Kerudung kusam itu menutupi sebagian wajah sendunya. Ia seret kaki lunglainya seraya menghapus sisa air mata kehilangan. Langkah kakinya menyusuri jalan setapak pemakaman. Mendung dan gelugur dedaunan diterpa hembusan angin menambah kegalauan hati gadis itu. “Sekarang aku sendirian, Mi De,” bibir tipisnya terus bergumam meratapi kesedihan. Pandangannya menembus langit. Mega-mega berarak bagai barisan duka cita pengantar upacara pemakaman. Perbedaan pengembangan kedua teks cerpen tersebut diawali dengan ... . Teks 1 Teks 2 
A. memperkenalkan tokoh menampilkan konflik 
B. penurunan masalah penyelesaian 
C. sebuah penyelesaian pemunculan masalah 
D. sebuah konflik perkenalan 

7. Cermati kutipan teks berikut! 
Teks 1
Karimunjawa di Jepara berada di sebelah utara Pulau Jawa. Lokasi wisata bahari yang satu ini sejak dulu sudah menjadi salah satu alternatif liburan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Fasilitas di sana sangat lengkap. Bahkan, banyak juga backpacker yang berani untuk berwisata ke sana dengan budget rendah.

Teks 2 
Kota Batu identik sebagai Kota Apel. Karena besarnya jumlah pengunjung untuk berwisata di Kota Batu, potensi perkebunan apel juga dikembangkan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar. Saat ini perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu objek wisata favorit, terutama bagi wisatawan lokal. Persamaan isi kedua kutipan teks tersebut adalah .... 
A. menggambarkan objek wisata domestik 
B. membahas penelitian pengembang wisata 
C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa 
D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri 

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8, 9, dan 10! 
Api pun mulai melahap kayu dan daun kering yang berada tepat di atas tubuh Kang Kadang Kera. Kang Kadang Kera pun mulai kepanasan. Namun, dia memilih diam karena malu seandainya keluar dari kobaran api itu. Jilatan api pun semakin besar. Tumpukan kayu dan daun kering pun hampir habis. Lagi-lagi Kang Kadang Kura pun melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan temannya terhadap dirinya. “Kang Kadang Kera!” panggil Kang Kadang Kura penuh semangat. Panggilan itu dilakukan Kang Kadang Kura berkali-kali. Namun, tak ada jawaban satu kali pun. Bahkan, setelah kayu dan daun kering itu berubah menjadi onggokan abu pun, jawaban itu tak kunjung terdengar. Tentu saja hal ini membuat Kang Kadang Kura khawatir, jangan-jangan temannya itu sudah mati terbakar. Dengan hati-hati bercampur perasaan cemas, dibongkarlah onggokan abu itu. Beberapa saat mata Kang Kadang Kura terbelalak lebar-lebar! Di balik onggokan abu itu terlihat tubuh Kang Kadang Kera sudah tak berbentuk lagi, telah berubah menjadi tulang-belulang dan abu. (Ki Kadang Kura dan Ki Kadang Kera) 
8. Pernyataan yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah ... 
A. Kang Kadang Kera menjawab panggilan Kang Kadang Kura karena merasa kepanasan. 
B. Kang Kadang Kera tidak menjawab panggilan Kang Kadang Kura karena merasa malu. 
C. Kang Kadang Kura tidak mengkhawatirkan keadaan Kang Kadang Kera yang terbakar api. 
D. Kang Kadang Kura melihat tubuh Kang Kadang Kera yang masih utuh di balik onggokan abu. 

9. Makna kata melahap pada kutipan cerpen tersebut adalah .... 
A. memakan
B. melenyapkan
C. membakar  
D. menghilangkan 

10. Akibat konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ... 
A. Kang Kadang Kura mengkhawatirkan keadaan Kang Kadang Kera. 
B. Kang Kadang Kura mempermalukan Kang Kadang Kera 
C. Kang Kadang Kera berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. 
D. Kang Kadang Kera mati karena terbakar api. 

11. Cermati kalimat berikut! 
Ayah baru saja pulang: anak-anak masih belum juga tidur. Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut salah karena ... 
A. Tanda titik dua ( : ) tidak digunakan untuk petikan langsung. 
B. Tanda titik dua ( : ) tidak digunakan sebagai pengganti kata penghubung. 
C. Tanda titik ( . ) tidak digunakan untuk mengapit keterangan. 
D. Tanda titik ( . ) tidak digunakan untuk perincian. 

12. Cermati kedua teks berikut! 
Tapi keriangan kami tak berlangsung lama. Tiba-tiba sekumpulan laki-laki kekar berwajah seram menghampiri kami. Tanpa basa-basi mereka merebut biola milikku. Ayah berusaha merebutnya kembali, namun mereka terlalu kuat dan banyak. Ayah menerima beberapa pukulan diwajah dan perutnya. Dan, biola itu … telah terbelah. “Ayah!” .... Oh! Sepertinya kita masih punya satu kontestan lagi. Dan inilah dia …” pembawa acara kembali ke belakang dan membiarkan aku memasuki panggung. Aku berjalan ragu dengan menatap biola yang penuh dengan tambalan. Aku mulai memainkan biolaku. Aku seperti bermain biola di tengah padang ilalang dengan angin yang menyapa wajahku lembut dan menyejukkan. Aku terus memainkan biolaku sambil meluapkan emosiku. Sesekali wajah ayah melintas. Aku menghentikan permainan biolaku. Aku membuka mata. Aku terkejut melihat para penonton berdiri dan memberiku tepuk tangan yang meriah. Bahagia. Aku bahagia sekali. Bukti bahwa tokoh aku seorang yang gigih adalah .... 
A. selalu mendapat dukungan dari ayahnya untuk mengikuti kontes bermain biola 
B. menampilkan seluruh kemampuannya pada saat mengikuti kontes bermain biola 
C. mendampingi ayahnya yang sedang mengamen tanpa rasa malu 
D. merasa bahagia ketika penampilannya mampu menarik perhatian penonton 

13. Perhatikan kutipan teks berikut! 
Toto : Syukurlah, hampir seluruh teman-teman kita ikut, ya Din? Udin : Tentu saja karena kamu sebagai pengeraknya. Ketua OSIS, gitu, loh! Toto : Tetapi, atas usul dan saran kita, bukan? Seharusnya, kita yang disebut penggeraknya. Udin : Ya, sudahlah sama saja. Siapa pun yang jadi penggeraknya, yang penting kita tetap bersama-sama menanami lingkungan sekolah kita agar hijau. Toto : Ada yang lebih penting, sekolah kita akan sejuk dan nyaman. Udin : .... Toto : Ayo! 
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog Udin pada kutipan teks drama tersebut adalah ....
A. Kalau begitu, mari kita tinggalkan sekolah yang gersang ini!
B. Kalau begitu, mari kita selesaikan menanam bibit pohon itu!
C. Kalau begitu, mari kita bersama-sama pulang ke rumah!
D. Kalau begitu, mari kita nikmati kesejukan dan kenyaman sekolah kita! 

14. Cermati teks berikut! 
Renny : Fuhhh, tugas apaan, sih, ini? Gila! Banyak banget! Mana susah lagi! Eh Ardita, kamu sudah belum tugas bahasa Indonesianya? (Sambil menjatuhkan buku yang di bawanya). Ardita : Hah, tugas apa, Ren? (Bingung) Renny : Aduh, Ardita! Lola banget, sih! Ini nih, tugas dari Ibu Katimah, bahasa Indonesia kemarin! Emang kamu nggak tahu? Hari ini mesti kelar! Ardita yang nampaknya masih bingung dengan tugas tersebut, menyempatkan diri untuk bertanya kepada Nencia. Ardita : Tugas bahasa Indonesia kamu sudah selesai belum? Nencia : Sudah kok, Ardita. Ardita : Ehm, boleh nanya nggak? Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian narasi kutipan drama tersebut adalah .... 
A. Jam pertama sudah dimulai. Namun, Ibu Katimah belum juga masuk kelas. Suasana kelas IX A SMP Wiralodra yang biasanya berisik kini berubah menjadi hening. Ternyata, mereka sedang sibuk mengerjakan tugas bahasa Indonesia karena Ibu Katimah tidak bisa hadir. 
B. Hari ini Ibu Katimah tidak masuk kelas IX A SMP Wiralodra karena sakit. Untuk itu, dia memberikan tugas. Beberapa siswa tampak sedang mengerjakan tugas dengan santai. Namun, ada pula yang gelisah karena kesulitan mengerjakan tugas itu. 
C. Beberapa siswa kelas IX A SMP Wiralodra berlarian memasuki kelas. Tak beberapa lama Ibu Katimah mengikuti mereka dari belakang. Tanpa komando mereka segera mengeluarkan buku tugas bahasa Indonesia masing-masing. Ada yang tampak gugup, ada pula yang biasa-biasa saja. 
D. Pagi-pagi, sebelum jam Ibu Katimah dimulai, suasana kelas IX A SMP Wiralodra cukup ramai. Bermacam-macam tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang gelisah karena tugas bahasa Indonesianya belum selesai dikerjakan. 

15. Bacalah penggalan teks berikut! 
Tirtamaya, pantai bertabur cahaya Rinduku tergadai di sana Elokmu semirip perawan Pesisir Berbibir manis menyihir Berikan lihatan segumpal harapan Tawarkan rasa teduh dan semilir Pilihan kata yang tepat agar bait kedua memiliki rima akhir yang sama adalah .... 
A. kata pesisir diganti dengan kata Dermayu 
B. kata semilir diganti dengan kata pesona 
C. kata harapan diganti dengan kata safir 
D. kata menyihir diganti dengan kata tersenyum 

16. Cermati kutipan fabel berikut! Harimau, kerbau, dan gajah mulai dari pagi sampai sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap hewan lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis makanan dikumpulkan, mulai dari buah-buahan sampai hewan-hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya makanan dan membagi tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu, harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Karena harimau merasa masih kurang, ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah karena merasa kekurangan makanan. Keunggulan kutipan teks fabel tersebut adalah ... 
A. Konflik antara ketiga hewan sangat didramatisasi. 
B. Pesan cerita menarik dan disampaikan secara tersirat dan jelas. 
C. Pengenalan tokoh diungkapkan dengan sangat detail. 
D. Penyelesaian cerita yang bahagia digambarkan dengan lugas. 

17. Cermati beberapa teks berikut! 
(1) Bank BRI Melayani dengan Sepenuh Hati 
(2) Pintar itu mahal. Ayo, kita belajar! 
(3) Aku dan kau suka Dancow. 
(4) Naik KRL lebih asik. 
Jauh deket bayar dikit. Iklan yang berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh khalayak agar meraih kesuksesan ditandai dengan nomor .... 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4) 

18. Cermati teks berikut! 
Pantai Nembrala adalah sebuah pantai dengan […] indah dan belum tercemar. Pasir, ombak, dan birunya air laut terhampar di lokasi ini. Hal ini membuat para […] dalam dan luar negeri berkunjung ke sini. Pantai ini terdapat di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah .... 
A. visualisasi, peneliti 
B. panorama, wisatawan
C. pemandangan, pendatang 
D. ekosistem, pelancong 

19. Cermati kedua kutipan teks berikut! 
Teks 1
Senin (4/2/2019) siang, pipa gas Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, meledak. Pipa gas yang meledak terjadi di Asset 3 OGT Pertamina Balongan. Ledakan terjadi di mesin pompa utama di area pipa gas Pertamina Balongan. Sejumlah mobil pemadam kebakaran langsung diterjunkan ke lokasi. Puluhan petugas gabungan dan karyawan Pertamina Balongan pun masih mengamankan lokasi kejadian.(http://jabar.tribunnews.com dengan pengubahan)

Teks 2 
Kebakaran melanda kawasan PT Pertamina EP (Eksplorasi Produksi) Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (4/2/2019). Kebakaran terjadi di salah satu area peralatan boiler. Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Menurut Truno, personal Polres Indramayu sudah mengecek lokasi kejadian. Api saat ini sudah tak berkobar. (https://news.detik.com dengan pengubahan) 
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah .... Teks 1 Teks 2 
A diawali dengan kapan diawali dengan apa 
B diawali dengan kapan diawali dengan siapa 
C diawali dengan di mana diawali dengan bagaimana 
D diawali dengan di mana diawali dengan mengapa 

20. Cermati teks berikut! 
Petunjuk membuat batik tulis: 
(1) Mencelupkan kain yang sudah diberi lilin ke dalam pewarna. 
(2) Menutupi bagian kain putih yang ditebalkan dengan lilin yang tidak akan diwarnai. 
(3) Melukis kembali dengan canting pada motif yang warnanya beda. 
(4) Setelah membuat pola batik, menebalkan motif menggunakan lilin yang dicairkan. 
(5) Menghilangkan lilin dengan mencelupkan kain yang sudah diberi warna berbeda. 
(6) Membuat pola batik pada kain putih sesuai motif yang diinginkan. Tahap terakhir adalah mencuci kain batik dengan air bersih dan menjemurnya. 
Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat tersebut tersusun padu adalah .... 
A. (2) – (3) – (1) – (5) – (6) – (4) – (7)
B. (2) – (6) – (4) – (3) – (7) – (1) – (5) 
C. (6) – (7) – (1) – (5) – (2) – (3) – (4)  
D. (6) – (4) – (2) – (1) – (3) – (5) – (7) 

21. Cermati teks berikut! 
Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Jika gigi Anda mengalami karang gigi, sebaiknya tidak usah cemas. Karena ada cara mudah dan murah untuk mengatasinya. Berikut caranya: 
1. Sediakan satu atau dua kulit jeruk yang sudah dibersihkan. 
2. Sebelum tidur, gosokkan langsung pada gigi sampai rata. 
3. Diamkan satu malam tanpa dibersihkan. 
4. Setelah bangun tidur, bersihkan dengan cara menyikat gigi atau berkumur. 
5. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal. 
Teks eksposisi yang tepat sesuai dengan teks tersebut adalah ... 
A. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Pada umumnya, karang gigi membuat orang merasa tidak percaya diri. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya, di antaranya menggunakan kulit jeruk. Dengan kulit jeruk, karang gigi dapat hilang dalam semalam. 
B. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan dapat membuat orang merasa cemas serta tidak percaya diri. Namun, kini kita tidak perlu cemas. Penelitian terbaru membuktikan bahwa kulit jeruk dapat menghilangkan karang gigi jika digosokkan pada gigi sebelum tidur secara berkala. Tingkat keberhasilannya mencapai 90 persen. 
C. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan tidak berbahaya. Meski begitu, karang gigi harus dibersihkan demi kenyamanan diri. Solusi yang mudah dan murah adalah dengan kulit jeruk. Caranya dengan menggosokkan kulit jeruk yang sudah dibersihkan ke area karang gigi dan diamkan dalam satu malam. Jika dilakukan setiap malam, karang gigi akan lenyap. 
D. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi dan cukup mencemaskan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pembersihan gigi dari karang gigi. Sikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan karang gigi. Kita harus rutin menggunakan kulit jeruk karena bahan alaminya terbukti ampuh mengangkat plak pada gigi. Tertarik mencobanya? 

22. Cermati kalimat berikut!
Mimi Rasinah kecintaan pada tari topeng kuno menjadi inspirasi banyak orang.
Perbaikan susunan kalimat tersebut adalah ....
A. Kecintaan Mimi Rasinah menjadi inspirasi tari topeng kuno pada banyak orang.
B. Kecintaan Mimi Rasinah pada tari topeng kuno menjadi inspirasi banyak orang.
C. Inspirasi banyak orang menjadi Kecintaan Mimi Rasinah pada tari topeng kuno.
D. Inspirasi Mimi Rasinah menjadi kecintaan banyak orang pada tari topeng kuno.

23. Cermati paragraf berikut!
(1) Perusakan lingkungan tengah mengancam ekosistem Hutan Mangrove Karangsong. 
(2) Ancaman lebih banyak datang dari kegiatan manusia berupa limbah domestik, yaitu sampah yang dibuang oleh masyarakat dan pengunjung. 
(3) Kurangnya campur tangan pemerintah daerah dalam pengelolaan kawasan rehabilitasi mangrove, merupakan masalah lainnya yang ada di kawasan ini. 
(4) Selain itu, adanya kegiatan pengalihfungsian hutan mangrove dan abrasi pantai memperbesar ancaman perusakan. (Sumber: https://ejournal.undip dengan pengubahan)
Kata bergaris bawah yang bersinonim pada kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1) B.  (2) C.  (3) D.  (4)

24. Cermati teks berikut!
Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap bernama nyamuk. Hal ini mungkin hal yang sepele bagi sebagian orang dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah Anda jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Judul yang tepat untuk melengkapi kutipan teks laporan hasil percobaan di atas adalah ....
A. Cara Membuat Perangkap Alternatif C.  Cara Membuat Nyamuk Terperangkap
B. Cara Membuat Perangkap Sederhana D.  Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

25. Cermati kutipan cerpen berikut!
Ibu terus membangunkan Kiki dan mengajaknya ke kamar mandi. Setelah mandi dan sarapan, Kiki berangkat ke sekolah diantar ayah, sementara ibu tetap di rumah. Memang dalam keluarga ini, ayah adalah kepala keluarga sekaligus […] keluarga. Ayah bertugas mencari nafkah untuk memenuhi keperluan keluarga, sementara ibu mendampinginya dan mendidik anak-anak dengan baik.
Majas yang tepat untuk melengkapi kutipan cerita tersebut adalah .... 
A. tulang punggung
B. banting tulang
C. kaki tangan 
D. tangan kanan 

26. Cermat teks berikut! Ada jutaan anak di Indonesia yang terpaksa berhenti sekolah. Bukan kemauan mereka untuk berhenti sekolah dan bukan pula kemauan orang tuanya. [ ... ] Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian tesis teks eksposisi tersebut adalah ... 
A. Ini disebabkan mereka malas sekolah. 
B. Hal ini menjadi beban bagi kita semua. 
C. Mau tidak mau kita harus membantunya. 
D. Keadaanlah yang menyebabkan hal itu terjadi. 

27. Cermati kerangka teks berikut! 
Struktur Teks Kerangka Isi 
Tesis Kondisi pergaulan bebas remaja masa kini 
Rangkaian Argumen ................................................................................................ 
Penegasan Ulang Imbauan untuk menghindari pergaulan bebas remaja 
Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka isi teks persuasif berjudul “Hindari Pergaulan Bebas Remaja!” tersebut adalah .... 
A. Pengaruh negatif pergaulan bebas bagi remaja 
B. Dampak positif pergaulan bebas bagi remaja 
C. Pro dan kontra pergaulan bebas remaja di masyarakat 
D. Landasan teori terjadinya pergaulan bebas remaja 

28. Cermati ilustrasi berikut! 
Dalam sebuah lomba kebersihan kelas, seorang ketua kelas diberikan tugas oleh wali kelasnya untuk membuat sebuah kalimat slogan yang menarik dengan kata kunci “bersih”. Kalimat slogan yang paling tepat adalah ... 
A. Jagalah selalu kebersihan kelas kita! 
B. Kalau kelas bersih, senanglah belajar.
C. Bersihkan kelas kita setiap hari!  
D. Bersih kelasku, jernih pikiranku. 

29. Cermati teks berikut! 
Rerata Nilai UN SMP Tirtamaya Empat Tahun Terakhir 

Paragraf yang tepat sesuai dengan data tabel tersebut adalah .... 
A. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai UN SMP Tirtamaya dari tahun pelajaran 2014/2015 sampai dengan tahun pelajaran 2017/2019 cukup ada peningkatan. Nilai UN SMP Tirtamaya yang tertinggi pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2016/2017. 
B. Nilai UN SMP Tirtamaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tertinggi di tahun pelajaran 2017/2018 dan nilai mata pelajaran IPA yang terendah. Adapun jumlah nilai tertinggi ada di tahun pelajaran 2015/ 2016. 
C. Data yang diperoleh menunjukan hasil UN SMP Tirtamaya untuk nilai UN tahun pelajaran 2017/2018 sangat memuaskan. Setiap tahun, nilai yang diperoleh untuk semua mata pelajaran selalu naik dari tahun-tahun sebelumnya. 
D. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah nilai UN SMP Tirtamaya pada tahun pelajaran 2017/2018 meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun pelajaran 2017/2018, jumlah perolehan nilai UN SMP Tirtamaya adalah yang terbaik selama empat tahun terakhir. 

30. Cermati kerangka surat pribadi berikut! 
Surat untuk Kakak Pelangi 
(1) Salam rindu, Kakak bagaimana kabarmu di sana? 
(2) Untuk Pelangi, Kakakku Tercinta, di Bandung 
(3) Indramayu, 10 Maret 2019 
(4) Isi tentang kerinduan adik pada kakak yang sedang kuliah di Bandung 
(5) Wassalamualaikum wr. wb. 
(6) Akhir kata, moga Kakak selalu dalam lindungan-Nya. 
(7) dari Adikmu Tersayang, Dede Ayung Urutan kerangka untuk penulisan surat pribadi yang tepat adalah adalah .... 
A. (1), (7), (6), (4), (5), (2), (3)
B. (3), (2), (1), (4), (6), (5), (7) 
C. (2), (3), (1), (7), (5), (6), (4)  
D. (7), (2), (1), (3), (4), (6), (5) 

Cermati teks diskusi berikut untuk menjawab soal nomor 31 dan 32! 
Dampak Bermain Game Online pada Anak Istilah game online sudah tidak asing lagi bagi anak-anak dan remaja masa kini. Dengan daya jelajah internet yang sangat luas dan tanpa batas, game online sudah bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun. Dampaknya pun kini mulai dirasakan banyak pihak. Ada pihak yang beranggapan bahwa game online banyak menimbulkan dampak negatif. Akan tetapi, banyak juga pihak yang berpendapat bahwa game online memiliki banyak manfaat. Dengan demikian, game online kini menimbulkan pro-kontra di masyarakat. 31. Variasi judul yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah .... 
A. Bermain Game Online untuk Anak 
B. Game Online Anak di Mata Masyarakat 
C. Pro dan Kontra Pengaruh Game Online pada Anak 
D. Dampak Anak yang Bermain Game Online di Masyarakat 

32. Berdasarkan teks diskusi tersebut, pernyataan argumen kontra/ menentang yang paling tepat adalah ... 
A. Game online merupakan suatu aktivitas untuk refreshing. Anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran, dengan bermain game online. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online, yang digemarinya. 
B. Bermain game online dianggap dapat meningkatkan kreativitas sang anak. Mereka akan berimajinasi tentang hal-hal baru yang mereka temui ketika bermain game. Anak bisa mendapatkan ide menarik dari game untuk menyelesaikan tugas dari gurunya di sekolah. Sehingga, mereka bisa menciptakan sesuatu yang menakjubkan dari ide kreatifnya setelah bermain game online. 
C. Saat bermain game online anak akan berlatih untuk bersabar dan tidak pantang menyerah. Karena, ada beberapa jenis game yang bisa memancing emosi sang anak. Dan pada saat itulah anak diuji untuk dapat mengendalikan emosinya, agar bisa memenangkan gamenya. 
D. Bermain game online dapat menyebabakan kecanduan. Jika mereka sudah terlanjur ketagihan, maka akan terus berusaha agar bisa mendapatkan skor terbanyak dan mencapai level tertinggi. Sehingga, mereka tidak akan meninggalkan game tersebut. Jika ditinggalkan mereka akan terus memikirkan game itu, entah sampai kapan. 

33. Cermati ilustrasi berikut! 
Seorang siswa diminta membuat karangan dengan judul Upaya Mengatasi Kecanduan Terhadap Game Online pada Remaja. Seorang siswa diminta membuat karangan dengan judul Upaya Mengatasi Kecanduan Terhadap Game Online pada Remaja. Susunan kerangka karangan yang paling tepat sesuai dengan judul tersebut adalah .... 
A. 1) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja 2) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja 3) Tips mengantisipasi kecanduan game online bagi remaja 4) Pentingnya mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja 
B. 1) Pentingnya mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja 2) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja 3) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja 4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja 
C. 1) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja 2) Pentingnya mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja 3) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja 4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja 
D. 1) Latar belakang timbulnya kecanduan game online pada remaja 2) Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja 3) Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja, 4) Tips mengantisipasi kecanduan game online pada remaja. 

34. Cermati teks berikut! 
Sampah yakni bahan terbuang atau sengaja dibuang yang berasal dari hasil aktivitas manusia maupun proses dari alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Definisi lain sampah yakni sisa material yang tidak diinginkan dan ciri dari berakhirnya suatu proses. Sampah dapat berasal dari alam, manusia, nuklir, industri, dan pertambangan. Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dan sampah yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, dan dedaunan kering. Sementara itu, sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan dan tidak akan membusuk, seperti plastik dan kayu.
Alasan kesalahan bagian teks laporan hasil observasi tersebut adalah ... 
A. Penggunaan kata penghubung pada definisi sampah tidak sesuai fungsinya. 
B. Pendeskripsian sampah tidak memberikan gambaran tentang manfaat sampah. 
C. Penjabaran jenis sampah tidak menggambarkan detail masing-masing objek. 
D. Penguraian asal sampah tidak tergambar dengan jelas dan rinci. 

35. Cermati teks berikut! 
Budi anak dari keluarga yang kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa saja. Sikap Budi tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya. Budi memang anak yang [ ...] 
Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut adalah .... 
A. besar hati
B. rendah hati
C. besar kepala
D. hati emas 

36. Cermati kutipan teks pantun yang rumpang berikut! 
(1) Pergi ke pasar membeli talas 
(2) ... 
(3) Kalau Anda ingin bertambah cerdas 
(4) ... Larik yang tepat untuk melengkapi bagian teks pantun tersebut adalah ... 
A. (2) Sebelum makan rebuslah dahulu (4) Siang malam bacalah buku 
B. (2) Belikan aku sekilo duku (4) Bantulah aku bawakan buku
C. (2) Jangan lupa beli papaya (4) Jangan lupa bahagia 
D. (2) Kayu bakar dibuat arang  (4) Banyaklah minta nasihat orang 

37. Cermati teks berikut! 
Kelurahan Bibi Ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tempat tinggal Bibi Ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kita bisa memandang hamparan sawah yang padinya telah menguning untuk siap panen. [ ... ] Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama Bibi Ani. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... 
A. Sungai di sekitar pegunungan itu sering menyebabkan banjir. 
B. Sungai yang ada di sekitar pegunungan itu sangat dalam. 
C. Sungai di dekat gunung itu sangat kotor. 
D. Sungai di kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung. 

38. Cermati teks berikut! Jenis-Jenis Minuman Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut. Berdasarkan strukturnya, kutipan teks laporan tersebut terdapat pada bagian .... 
A. definisi umum
B. definisi bagian
C. deskripsi bagian
D. deskripsi manfaat 

39. Cermati teks berikut! 
(1) Dengarkan angin mengusir batang-batang padi 
(2) Sebelum matahari terbenam 
(3) Dengarkan senandung di balik jendela 
(4) Sebelum keadaan sepi 
(5) Rumah kecil, bukalah pintu pagarmu Larik yang bermajas sama dalam puisi tersebut ditandai dengan nomor .... 
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5) 

40. Cermati teks berikut! 
Minum air garam yang sudah ditakar bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi air garam, proses methabolisasi terbantu sehingga air bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Air garam bisa menstimulasi sisteam sekresi usus sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Air garam yang diperlukan tubuh manusia setiap hari paling tidak sebanyak 8 gram. Minum air garam yang cukup dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari penyakit cronis. Perbaikan yang tepat terhadap kata bercetak miring pada teks tersebut adalah .... 
A. metabolisme, sistim, khronis 
B. methabolisme, sistem, chronis 
C. metabolisme, sistem, kronis 
D. methabolisme, sistim, kronis 

II. URAIAN 
41. Cermati teks berikut! 
Bi Dariyah adalah wanita tua yang sudah menjadi asisten rumah tangga sejak ia belum lahir. Bi Dariyah pulalah yang selalu menemaninya saat berada di rumah. Maklumlah, Mama Vina seorang wanita karier yang sangat sibuk hingga tidak mempunyai banyak waktu untuk bercengkrama dengan kedua putrinya. Bagi Vina, Bi Dariyah sudah dianggap neneknya sendiri. Melalui Bi Dariyahlah, Vina mengenal cerita-cerita rakyat Indramayu seperti Saida Saeni, Ki Kadang Kura, hingga Makan Selawe. (Headset, Exo, Converseku, Semuanya Itu Milikmu Juga, Khansa S.A.) 
Ubahlah kutipan cerpen tersebut menjadi sudut pandang orang pertama! 

42. Cermati teks berikut! 
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melantik Wakil Bupati Indramayu, Supendi, menjadi Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021 di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (7/2/2019). Supendi menggantikan Anna Sophanah yang memilih mengundurkan diri dari jabatannya pada akhir 2018. (http://m.tribunnews.com dengan pengubahan) 
Tentukan unsur adik simba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) sesuai dengan kutipan teks berita tersebut! 

43. Cermati teks puisi berikut! 
[ ... ] Kota kecil di pesisir Pantai Pantainya panjang dan landai Orangnya pekerja keras dan baik hati Wanitanya cantik dan menawan hati Rakyatnya kebanyakan nelayan dan petani Melaut dan ke sawah kerjaan sehari-hari Tanahnya subur, makmur lohjinawi Lautnya penuh ikan besar hingga teri Buah mangga jadi ikon tersendiri Harum dan manisnya tak ada yang menyaingi Tidak hanya terkenal di dalam negeri Tapi tersohor hingga ke luar negeri Adat dan istiadatnya masih terjaga Seni dan budayanya masih tertata Kebersihan kotanya selalu dijaga Taman kotanya terawat indah mempesona Hutan Mangrovenya terkenal kemana-mana Kami bangga jadi warga Indramayu Remaja Relijius, maju, mandiri dan sejahtera (sumber: www.kompasiana.com) 
Tulislah sebuah judul yang tepat dan sesuai untuk teks puisi di atas! 

44. Bacalah teks berikut! 
Ayah banyak bercerita perihal sepeda motor padaku. Aku menikmatinya. “Kalau adik sudah besar nanti, mau jadi apa?” tanya ayah padaku. “Aku mau jadi pembalap, Yah, kayak Valentino Rossi,” jawabku spontan. Ayah pun memujiku, lalu mengajukan pertanyaan padaku. “Tapi pembalap mesti mengerti anggota yang terpenting dari sepeda motor. Adik tahu apa itu?” Aku pun berpikir sepanjang hari itu, apa ya yang paling penting? Keesokan harinya ketika sarapan, aku menjawab pertanyaan ayah kemarin. Menurutku, bagian yang terpenting dari sepeda motor adalah roda karena tanpa roda, motor tidak mampu berjalan. Mendengar jawabanku, ayah berkata, “Wah pintarnya, namun sayangnya bukan itu, sayang,” jawab ayah. Aku pun tidak menyerah dan memikirkan kembali jawabannya. 
Tulislah teks drama antara 8-12 kalimat dialog berdasarkan kutipan cerpen tersebut dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antardialog, dan ejaan dan tanda baca! 

45. Cermati teks berikut! 
Handphone dan Anak-Anak Handphone adalah salah satu alat teknologi masa kini yang bisa memudahkan manusia dalam hal komunikasi. Hampir semua manusia di dunia ini menggunakan handphone termasuk anak–anak. Namun pemberian handphone kepada anak–anak menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Pihak yang kontra sangat menyayangkan pemberian handphone kepada anak–anak, khususnya anak yang belum cukup umur. Mereka berpendapat bahwa handphone tersebut akan merusak masa kanak–kanak mereka yang seharusnya diisi dengan permainan dan interaksi dengan sesama. Dengan hadirnya handphone, mereka akan semakin menjauh dari dunia mereka. Anak–anak akan menjadi pasif dan gampang terkena penyakit. Namun, bagi yang pro, pemberian handphone kepada anak–anak dianggap juga bisa memberikan beberapa manfaat. [ ... ] 
Berdasarkan dua pendapat yang telah dijabarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemberian handphone kepada anak–anak masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan orang tua. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus memilih yang terbaik bagi anak–anak kita. 
Tulislah sebuah paragraf yang sesuai untuk melengkapi bagian teks diskusi tersebut!


Soal USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 unduh di sini 
Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 unduh di sini 


Cara mengunduhnya : 
  • Tekan Unduh di sini 
  • Akan muncul link.didno76.com 
  • Lalu tekan Get Link
  • Kemudian muncul Go to Link
  • Lalu muncul Google Drive 
  • Cari ikon download 
  • File akan diunduh otomatis

1 comments on Soal dan Kunci Jawaban USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam