Proposal pembangunan toilet atau jamban sekolah

Tuesday, August 13, 2019
Proposal Pembangunan Toilet atau Jamban

Proposal pembangunan toilet atau jamban sekolah – Sekolah yang sehat biasanya membutuhkan toilet atau jamban yang seimbang dengan jumlah peserta didik, guru, staf tata usaha dan kepala sekolah. Oleh karena itu jika masih dianggap belum seimbang jumlahnya maka harus membangun kembali toilet atau jamban di sekolah.

Tetapi untuk membangun toilet atau jamban sekolah diperlukan biaya untuk membangunnya. Oleh karena itu biasanya pihak sekolah bekerja sama dengan komite sekolah memulai penggalangan dana dengan membuat proposal ke berbagai instansi atau kepada orang tua siswa. Pada kesempatan ini kami akan berbagi contoh proposal pembangunan toilet atau jamban sekolah

PERMOHONAN BANTUAN 
PEMBANGUNAN TOILET (JAMBAN) SISWA/I BESERTA SANITASI 
DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) FISIK BIDANG PENDIDIKAN SMA 
TAHUN ANGGARAN 2019

A. LATAR BELAKANG 
Pemahaman umum lingkungan sekolah adalah salah satu kesatuan lingkungan fisik, mental dan sosial dari sekolah yang memenuhi syarat-syarat kesehatan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dengan baik dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal. Faktor lingkungan sekolah dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, juga kesehatan warga sekolah. Kondisi dari komponen lingkungan sekolah tertentu dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. 
Dalam rangka menunjang keberhasilan pembelajaran, maka sistem infrastruktur sanitasi merupakan suatu keharusan yang dibuat secara terpadu dalam penataan infrastruktur sekolah. Beberapa infrastruktur yang dibutuhkan dalam mengelolah sistem sanitasi sekolah adalah : 1. Ketersediaan air bersih; 2. Ketersediaan tempat cuci tangan; 3. Toilet (kamar mandi, WC dan urinoir); 4. Sarana pembuangan air limbah; 5. Pengelolaan sampah.

Berdasarkan pemaparan diatas, dalam rangka memenuhi 8 standar sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasioal Pendidikan (SNP), SMA NEGERI 1 Kabupaten merupakan satuan pendidikan menengah di Provinsi Jawa Barat yang sangat membutuhkan sarana toilet siswa/I beserta sanitasi untuk menunjang kegiatan pembelajaran. B. USULAN PROGRAM Berdasarkan latar belakang pemikiran dan permasalahan sebagaimana dipaparkan diatas, maka SMA NEGERI 1 Kabupaten Provinsi Jawa Barat bermaksud untuk mengajukan bantuan kegiatan Pembangunan Toilet (jamban) Siswa/i beserta Sanitasi.

C. TUJUAN DAN MAKSUD 
a. Tujuan : Peningkatan prasarana infrastruktur sekolah. 
b. Maksud : 
1. Tersedianya Sarana Sanitasi Sekolah yang layak; 
2. Terpenuhinya sarana MCK dan Air Bersih; 
3. Terpenuhinya sistem pengelolaan sekolah bersih. 

D. SASARAN DAN LOKASI 
1. Sasaran program adalah SMA Negeri 1 Kabupaten Provinsi Jawa Barat. 
2. SMA Negeri 1 berdomisili di Jalan Raya Utara No. 50 Kecamatan Kabupaten Provinsi Jawa Barat.

E. WAKTU PELAKSANAAN 
Kegiatan pembangunan toilet (jamban) siswa/i beserta sanitasi diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. 

F. PELAKSANA 
Kegiatan pembangunan toilet (jamban) beserta sanitasi dilaksanakan secara swakelola oleh Panitia Pembangunan Satuan Pendidikan (P2S) atau tim pelaksana pembangunan yang dibentuk oleh Kepala Sekolah beserta Dewan Guru dan Komite Sekolah bersama masyarakat sekitar atau orang tua/wali murid.

G. PENDANAAN 
1. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan toilet (jamban) siswa/i beserta sanitasi adalah sekitar Rp. 392.714.000,- (tiga ratus sembilan puluh dua juta tujuh ratus empat belas ribu rupiah) 
2. Anggaran pembangunan toilet (jamban) beserta sanitasi bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan SMA Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2019.

H. PENUTUP 
Demikian proposal ini kami susun sebagai bahan kajian dan pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkompeten dengan persetujuan usulan kami. Besar harapan pengajuan ini mendapat persetujuan mengingat kebutuhan terhadap sarana sanitasi merupakan kebutuhan yang bersifat mendesak bagi sekolah kami.

                                                                                    …………., Juni 2019 
Komite Sekolah                                                          Kepala SMAN 1


................                                                                    ................................ 

Untuk lebih lengkapnya silakan unduh proposal pembangunan jamban atau toilet sekolah 



0 comments:

Post a Comment test