Dec 11, 2019

Inilah Format RPP Tahun 2020 Terbaru

Inilah Format RPP Tahun 2020 Terbaru

Perbedaan RPP Lama dan RPP Baru

Format RPP Tahun 2020 Terbaru – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP, selama ini selalu dibuat oleh bapak dan ibu guru di awal semester.

Selama ini guru selalu disibukkan dengan yang namanya RPP, bahkan mereka membuat RPP dalam satu semester hampir satu rim kertas. Padahal RPP yang dibuat tersebut tidak digunakan saat di kelas saat pembelajaran, tapi hanya sebagai administrasi saja saat ada pengawas sekolah.

Melihat hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru yakni Nadiem Anwar Makariem akhirnya memberikan masukan agar tugas guru lebih efesien dan efektif dalam mendidik murid atau peserta didik.

Mungkin banyak rekan-rekan guru yang belum mengetahui bagaimana perbedaan RPP yang lama dengan yang RPP baru. RPP Lama :

RPP Lama 
Format : Guru diarahkan untuk mengikuti format RPP secara kaku

Komponen : RPP memiliki terlalu banyak komponen – guru diminta untuk menulis dengan sangat rinci (satu dokumen RPP bisa mencapai lebih dari 20 halaman).

Durasi Penulisan : Penulisan RPP menghabiskan banyak waktu guru, yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

RPP Baru
Format : Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP

Komponen : 3 Komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri) :
  • Tujuan Pembelajaran 
  • Kegiatan Pembelajaran 
  • Asesmen  (1 halaman cukup)  
Durasi Penulisan : Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Nah dari arahan kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut akhirnya kita bisa menyimpulkan bahwa membuat RPP terbaru cukup seperti ini :


Dok. Elizabeth Tjahjadarmawan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah              :
Mata Pelajaran  :
Kelas/Semester :
Mata Pelajaran  :
Materi                :
Alokasi              :

A. Tujuan Pembelajaran :


B. Kegiatan Pembelajaran :


C. Asesmen/Penilaian :



Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semuanya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkapnya, termasuk mengenai USBN, Ujian Nasional, PPDB yang terbaru silakan






Inilah Format RPP Tahun 2020 Terbaru
4/ 5
Oleh

1 comment

  1. Sudah bagus rpp ini dan di lengkapi format penilaian agar guru tidak salah dalam menilai

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon