ROG Phone II, Smartphone Gaming Sebenarnya

Saturday, December 14, 2019
ROG Phone II

ASUS baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya yang menyasar para gamer yakni ROG Phone II di Indonesia. Smartphone gaming ini merupakan salah satu smartphone paling canggih, dengan performa yang mengesankan dan paling ditunggu di tanah air.

Buktinya adalah pada saat peluncuran smartphone gaming ini diadakan acara Launch Sale ROG Phone II di Ballroom Pullman Hotel Central Park Jakarta. Ratusan orang rela antri bahkan bermalam di tempat tersebut untuk mendapatkan ROG Phone II. Tidak hanya remaja dan orang dewasa tetapi ada wanita dan juga anak-anak yang suka dengan game. 

Antri ROG Phone II

Saya sempat berbincang secara langsung kepada mereka yang rela tidur menunggu acara Launch Sale, salah satunya adalah Hendro yang berasal dari Batam. Dia sudah ada di lokasi sejak pukul 17.00 hari Rabu 4 Desember 2019, sehari sebelum acara launching ROG Phone II.

Steven dan Hendro (Kanan)

Hendro rela membeli tiket pesawat Batam – Jakarta – Batam hanya karena ingin mendapatkan smartphone gaming paling canggih saat ini. Dia beralasan ingin membeli smartphone gaming itu karena melihat spesifikasi, performa dan baterainya.

Selain itu, sebagai penggemar game MOBA dia juga ingin mendapatkan smartphone ROG Phone II yang pertama. Begitu juga dengan Steven dari Tangerang yang rela antri selain karena ingin mendapatkan smartphonenya, dia juga ingin mendapatkan benefit lain berupa merchandise yang harganya jutaan rupiah seperti jam tangan G-Shock, dan jaket ROG-nya.

Ibu Yustin dan anaknya Julius yang tidur terlelap menunggu ROG Phone II

Selain itu ada juga Ibu Yustin dan Suami dan anaknya bernama Julius dari Jakarta yang ikutan antri smartphone gaming ROG Phone II. Ketiganya datang lebih awal yakni pukul 13, dan tidur di Ballroom hotel. Dia mengatakan kepada saya bahwa ini acara Launch Sale yang paling manusiawi banget karena disiapkan snack, makan pagi, makan siang oleh panitia.

Setelah berbincang dengan para pengantri ROG Phone II, kami diperkenankan memasuki ruangan pameran. Tidak hanya smartphone ROG Phone II saja yang bisa dilihat oleh pengunjung dan undangan. Tetapi juga ada aksesoris ROG Phone II dan juga ada acara kompetisi gaming PUBG. 

Bermain game PUBG dengan ROG Phone II 
Tetapi yang paling menarik perhatian saya adalah booth yang memamerkan daleman ROG Phone II dan aksesorisnya. Pengunjung bisa mempelajari bagian-bagian dari smartphone ini. ASUS telah mempersiapkan smartphone gaming dengan matang termasuk berbagai aksesorisnya yang bisa dibilang paling lengkap.

ROG Aero Case

Beberapa aksesoris dari smartphone ROG Phone II seperti ROG Aero Case, ROG AeroActive Cooler, ROG TwinView Dock II, ROG Kunai Gamepad, dan ROG Desktop Docking sudah disiapkan untuk memanjakan para gamer. 

Daleman dan aksesoris ROG Phone II

Acara launching kali ini sangat istimewa karena dihadiri oleh ASUS Chairman Jonney Shih yang datang secara langsung dari Taiwan. Shih mengucapkan terima kasih kepada Indonesia karena produk-produknya menjadi Pioner khususnya brand ROG yang sudah hadir sejak 2006 yang lalu. Bahkan laptop gamingnya ROG menguasai 60% market share di Indonesia. Dan di tahun 2019 ROG memperkenalkan ROG Phone II.

Jonney Shih ASUS Chairman
Sementara itu ada 5 pilar inti untuk sebuah smartphone gaming menurut Jimmy Lin ASUS South-East Asia Regional Director yakni Performance (Performa), Display (Layar), Baterry (Baterai), Landscape, dan Immersion. Berikut ini kelebihan smartphone gaming ROG Phone II



Performa ROG Phone II

ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus Mobile Platform 7nm, dengan prosesor 64-bit octa-core. Smartphone ini menggunakan CPU clockspeed hingga mencapai 2,96GHz dengan RAM ada LPDDR4X 8GB dan 12GB, dan penyimpanan internal menggunakan UFS 3.0 ada yang 128GB dan 512GB. 

Gamecool II

Sedangkan untuk grafisnya smartphone gaming menggunakan Qualcomm Adreno 640. Menariknya smartphone gaming ROG Phone II ini menggunakan sistem pendingin GameCool II yang menggunakan sistem 3D vapor-chamber yang mampu memberikan pendinginan optimal dan menjaga performa tetap stabil saat digunakan untuk bermain game.



Performa chipset Snapdragon 855 Plus yang disematkan pada ROG Phone II tidak usah diragukan lagi, bahkan berdasarkan skor Antutu mencapai 496.226 dan menjadi yang tertinggi saat ini dibandingkan dengan kompetitor, demikian ungkap Willy Chen Country Product Manager ASUS ROG.


Layar AMOLED 120Hz dan Response Time 1ms

Untuk layar smartphone gaming tentu harus menggunakan layar dengan kualitas tinggi dan response yang cepat sehingga tidak ada jeda saat bermain game. Layar ROG Phone II memiliki ukuran 6,59 inci dengan aspek rasio 19,5:9 yang membuat pengguna lebih leluasa saat bermain game.

Layar ROG Phone II menggunakan AMOLED 120Hz dengan response time yang sangat cepat yakni 1ms, dan ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama yang menggunakan layar AMOLED 120Hz dengan response time 1ms.


Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu Response time?. Respon time adalah waktu yang diperlukan layar untuk menampilkan perintah atau masukan (input) gamer menjadi animasi di dalam game.

Layar ROG Phone II

Dengan layar AMOLED 120Hz, pengguna tidak akan kesulitan bermain game eSport apapun. Tetapi jika pengguna hanya digunakan untuk bermain game yang biasa, refersh ratenya bisa diatur menjadi 90 atau 60Hz saja.


Layar ROG Phone II sudah menggunakan perlindungan terbaik agar tidak mudah lecet dan pecah yakni menggunakan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6 yang sangat kuat. Berkat perlindungan ini, smartphone ROG Phone II menjadi salah satu smartphone flagship paling tangguh. Menariknya lagi ROG Phone II sudah memiliki kemampuan fingerprint di layar.

Para gamer sedang bermain game PUBG

Baterai 6000mAH dengan HyperCharge 

Semua pengguna smartphone menginginkan baterainya tahan lama, apalagi dengan gamer. ROG Phone II berbeda dengan smartphone lainnya karena menggunakan baterai berkapasitas besar yakni 6.000mAh, sehingga gamer dapat bermain lebih lama tanpa harus mengisi ulang daya smartphone-nya. 

ROG Hypercharge

ROG Phone II sudah mendukung teknologi Qualcomm QuickCharge 4 dan hadir dengan menggunakan adapter charger khusus berteknologi ROG HyperCharge. Adapter berdaya 30W tersebut mampu mengisi daya ROG Phone II sebesar 66% hanya dalam waktu 58 menit. ROG Phone II juga mendukung teknologi USB Type-C Power Delivery sehingga gamer dapat menggunakan adapter USB Type-C apapun untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini.



Baterai ROG Phone II dapat digunakan selama 52 jam untuk berbicara di jaringan 3G, 5,2 hari digunakan untuk pemutar musik, 44 jam waktu bicara di jaring 4G, dapat memutar video selama 26,2 jam, browsing selama 12,8 jam di jaringan Wi-Fi dan 7,1 jam untuk bermain PUBG.  

Kabel USB yang digunakan pada smartphone ROG Phone II adalah USB Type C. Dengan USB Type C mengirim file dari smartphone ke laptop lebih cepat, selain itu mengisi ulang baterai akan lebih mudah karena bisa menggunakan kabel USB Type C apa saja. 


Super Kamera  

Siapa bilang gamer tidak membutuhkan kamera keren dan mumpuni?. ROG Phone II menggunakan kamera belakang ganda yakni 48MP Sony IMX586 Quad Bayer Technology dengan aperture F1.79, dan kamera 13MP yang mampu digunakan untuk ultra-wide hingga 125 derajat, dilengkapi LED flash dan EIS (Electronic Image Stabilization). 

Sementara itu kamera depannya memiliki kemampuan 24MP/4C dengan aperture F.20 yang dapat digunakan untuk foto selfie atau wefie. Selain itu bisa digunakan untuk live streaming saat bermain game untuk dibagikan ke media sosial atau Youtube.

ROG Phone memiliki 4 antena Wi-Fi

Memiliki 4 Antena Wi-Fi 

ROG Phone II berbeda dengan smartphone lainnya, pasalnya smartphone ini sudah dilengkapi dengan 4 antena Wi-Fi. Alasan menggunakan empat antena Wi-Fi, karena biasanya pada saat bermain game ada antena yang ada di sebelah atas atau bawah tertutup oleh tangan sehingga mempengaruhi sinyal terutama pada saat bermain game online.


Menggunakan 4 Mic 

Ternyata tidak hanya antena Wi-Fi yang disematkan pada ROG Phone II, microphone yang disematkan pada smartphone gaming ini pun ada 4. Dua bagian disematkan pada bagian bawah, satu bagian atas dan samping sebelah kanan. Hal ini sangat bermanfaat untuk gamer yang sering livestreaming menggunakan perangkat ini. Sehingga tidak ada suara yang tertutup oleh tangan penggunanya.


AirTrigger II 

Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu AirTrigger?. ROG Phone II menggunakan AirTrigger II yakni fitur gaming yang kini tampil dengan sensor khusus sehingga memiliki latency lebih rendah dari pendahulunya, yakni hanya 20ms.

AirTrigger II menawarkan kontrol lebih dalam game dan menghadirkan pengalaman layaknya menggunakan tombol trigger di controller konsol. Dengan AirTrigger II ini pengguna tidak terlalu menekan terlalu keras cukup dengan sentuhan, atau geseran saja sudah bisa melakukan perintah yang diinginkan. AirTrigger II juga didukung oleh teknologi Dual Surrounding Vibration yang menawarkan pengalaman penggunaan terbaik.


User Interface Android 9 dan ROG UI 

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 9 Pie dan ROG UI, pengguna bisa memilih saat menghidupkan pertama kali smartphone ROG Phone II, seperti yang diungkap Brian Tang ROG Phone Product Director.



Smartphone gaming ini memiliki berbagai pengaturan termasuk untuk AirTrigger, X-Mode, Aura RGB, Realtime dan Fan Speed yang bisa diatur sesuai keinginan penggunanya, serta untuk kenyamanan saat bermain game.


Aksesoris Lengkap 

ROG Phone II merupakan salah satu smartphone gaming yang memiliki aksesoris yang lengkap dari mulai casing, Aero Active Cooler II, ROG TwinView Dock II, ROG Kunai Gamepad, dan ROG Desktop Docking.


ROG AeroActive Cooler II berbeda dengan AeroActive Cooler yang tidak memiliki Aura RGB. ROG AeroActive Cooler II merupakan perangkat pendingin aktif yang dapat dipasang di ROG Phone II. Kipas khusus ini lebih senyap, yang berfungsi untuk mendinginkan komponen serta permukaan ROG Phone II serta menjaga performa agar tetap stabil. Tidak hanya itu, ROG AeroActive Cooler juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk mengisi daya ROG Phone II serta 3.5mm audio jack, yang membuat sesi gaming semakin nyaman.


ROG TwinView Dock II
Aksesoris lainnya adalah TwinView Dock II yakni perangkat yang membuat gamer dapat merasakan pengalaman bermain dengan dua layar menggunakan ROG Phone II. Tidak hanya itu, TwinView Dock II juga masih mengusung layar yang sama dengan ROG Phone II dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Aksesoris ini dilengkapi dengan kipas juga ditempatkan di TwinView Dock II yang memungkinkan gamer bermain dalam jangka waktu lebih lama tanpa mengorbankan performa.


ROG Kunai Gamepad
Layaknya Consol Game, ROG Phone juga memiliki ROG Kunai Gamepad yakni sebuah controller game yang dapat dipasangkan dan dicopot bersama ROG Phone II. Aksesoris khusus ini terdiri dari sebuah casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas. ROG Kunai Gamepad juga dilengkapi dengan tombol fisik serta kontrol analog untuk pengalaman bermain game kelas konsol.

ROG Desktop Docking
Aksesoris menarik lainnya adalah ROG Desktop Docking, yakni perangkat yang memungkinkan gamer untuk merasakan pengalaman gaming layaknya PC desktop menggunakan ROG Phone II. Aksesoris ini memiliki port USB Type-A dan port display seperti HDMI dan DisplayPort sehingga pengguna bisa menghubungkan ke monitor, keyboard, serta mouse. 

ASUS juga sudah menyediakan sistem remapping khusus di dalam ROG Phone II sehingga game dapat dikontrol menggunakan keyboard dan mouse. Untuk lebih jelasnya silakan lihat video ini :




Memiliki Port Jack Audio 3,5mm
ROG Phone II masih memiliki port jack audio 3,5mm yang disematkan pada bagian bawah berdekatan dengan port USB Type-C. Hal ini penting bagi gamer yang ingin mendengarkan suara gamenya menggunakan headset saat berada di kamar, ruang publik atau di kendaraan.

Port Jack Audio 3,5mm 

Guest Star Pevita Pearce 
ASUS kini menggandeng artis multi talenta yakni Pavita Pearce yang didaulat menjadi Brand Ambassador ROG Phone II. Pevita selain sebagai artis ternama di tanah air juga seorang gamer. Bahkan dia pernah mewakili Indonesia di ajang PUBG Mobile Club Open di Berlin Jerman pada bulan Juli lalu. Dia juga masuk nominasi 100 Top Player. 


Pevita mengaku senang bermain game sejak anak-anak. Dia sering bermain game online di warnet. Tetapi karena dia seorang perempuan agak canggung juga berlama-lama di warnet.  Kini dia merasakan pengalaman yang menyenangkan saat bermain game menggunakan ROG Phone II., demikian ungkap Pevita saat bincang bersama Davina Larisa dan Jessica William.



Cinderamata Untuk Tiga Warriors 
Pada kesempatan ini Chairman ASUS Jonney Shih memberikan cinderamata kepada 3 warriors ROG Phone II yakni Alto Bellie, Murianto Saputra dan Julius yang sudah mengantri ROG Phone II sejak hari Rabu 4 Desember 2019.


Harga ROG Phone II 
Harga smartphone gaming ROG Phone II dengan RAM 8GB dan memori internal 128 dibanderol dengan harga Rp.8.499.000,- sedangkan harga ROG Phone II dengan RAM 12GB dan memori internal 512GB dibanderol dengan harga Rp. 12.499.000. dan sudah tersedia di berbagai toko online dan offline di Indonesia.


Harga Aksesoris ROG Phone II
Sementara itu harga aksesoris ROG Phone II sudah langsung diumumkan pada kesempatan tersebut. ROG Charger 30 W dibanderol Rp.399.000,-, AeroActive Cooler II dibanderol Rp.799.000,-, harga Profesional Dock ROG Phone II Rp.899.000,- dan Lighting Armor Case Rp.599.000,-.


Selain itu ada juga aksesoris lainnya seperti TwinView Dock II yang dibanderol dengan harga Rp.2.999.000,-, ROG Kunai Gamepad Rp.899.000,-, Mobile Desktop Dock dibanderol dengan harga Rp.2.299.000,-, dan ROG Phone Bag dibanderol dengan harga Rp.599.000,-.


Tetapi jika Anda ingin membeli paket aksesoris yang disebut dengan Console Gamer Package maka hanya dibanderol dengan harga Rp.2.696.000,- sudah termasuk ROG Kunai Gamepad, AeroActive Cooler II, 30W ROG Charger, dan ROG Phone Bag.



Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi foto bareng Chairman ASUS Jonney Shih dengan Brand Ambassador ROG Phone II Pevita Pearce, tim eSports Rex Requm Qeon (RRQ) dan Aerowolf, serta YouTuber ternama Atta Halilintar.


Doorprize

Sebelum acara berakhir, ASUS selalu memberikan doorprize kepada undangan yang hadir, dan beberapa rekan media berhasil mendapatkan hadiah smartphone ASUS Zenfone Live, Zenfone 3 dan ROG Phone II.

Didno dan ROG Phone II
Itulah keseruan acara Launching smartphone gaming ROG Phone II. Berkat kelebihan itu semua maka tidak heran jika ROG Phone II dijuluki sebagai Hapenya Sultan di Indonesia.

Berikut Spesifikasi dan Harga ASUS ROG Phone II :




0 komentar:

Post a Comment test